Imago 2018 – Exponential Dalam Satu Orang Satu Kota, Kobarkan Semangat Pelayananmu!
Sumber: IMAGO

Nasional / 26 May 2018

Kalangan Sendiri

Imago 2018 – Exponential Dalam Satu Orang Satu Kota, Kobarkan Semangat Pelayananmu!

Inta Official Writer
2080

Jonathan Wiryohadi telah menjalani panggilan menjadi pelayan sepenuh waktu di ladang-Nya. Dengan tema creative mission, Pastor Wiryohadi membawa kia untuk menyadari bahwa gereja seharusnya mulai menjangkau orang-orang di sekitar kita.

 

Pastor Wiryohadi mengatakan bahwa gereja hari-hari ini banyak melupakan tugas banyak misi. Setiap gereja membangun departemen misi untuk melakukan misi itu sendiri. Padahal faktanya, semakin besar gereja tersebut, semakin sedikit kemungkinan orang-orang terpanggil untuk melayani. Itu hanya 10 persen saja jemaat yang bisa bergerak untuk misi. Sedangkan 90 persen lainnya hanya menjadi penonton.

 

Gereja seharusnya bisa memuridkan jemaat agar mereka melakukan misi sesuai panggilan hidupnya. Efesus 4:1, “Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan ini.”

Bagian ayat Alkitab diatas membawa Pastor Wiryohadi menjelaskan mengenai bagaimana kita bisa melatih jemaat untuk menemukan panggilannya dengan 5P di bawah ini.

1. Personal spiritual growth. Misalnya orang pecandu, kemudian mereka terpanggil untuk melayani kita yang juga pecandu. Gereja merupakan tempat training, bukan tempat pelayanan. Tempat pelayanan yang sesungguhnya adalah saat kita pergi keluar gereja. Melayani sesuai panggilan.

2. Pain and love intersect. Panggian jenis ini adalah bagi orang yang punya rasa sakit, tapi juga punya rasa kasih bagi mereka.

3. Passion. Orang-orang yang senang melakukan suatu hal berdasarkan minatnya, sehingga tanpa perlu disuruh-suruh lagi, orang tersebut dapat memenuhi panggilanya.

4. Private – God revelations. Menemukan pangilan menurut pengelihatan langsung dari Tuhan.

5. Productivity. Panggilan ini dapat berhasil karena terdapat urapan Tuhan mengalir atasnya.

Tugas dari kelima jawatan ditugaskan melatih jemaat agar mereka melakukan pelayanan di komunitas dan kota di mana mereka ditempatkan.

Matius 6:10, “Datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di surga.”  Ayat ini berarti ada banyak gereja hari-hari ini menjadikan gereja sebagai tujuan akhir mereka. Padahal gereja adalah representatif kerajaan Allah. Dimana ini berarti kalau kita harus bisa menghancurkan pekerjaan musuh yang menghancurkan kota kita.

“Mendatangkan Kerajaan Allah artinya menghadirkan kuasa Allah untuk menyelesaikan masalah yang ada di kota kita. Semakin kita memberi, semakin sulit kita jadi miskin. Banyaknya masalah di kota bukan berarti kerajaan Allah lebih hebat dibanding Kerajaan Allah, tetapi karena terang di dalam gerejanya tidak dinyalakan,” jelas Pastor Wiryohadi.

Sebagai penutup, Pastor Wiryohadi dengan mengutip Kisah Para Rasul 1:8, ia juga menyampaikan, “Setiap orang yang dipenuhi Roh Kudus memiliki potensi untuk menjadi saksi (terang dan garam) minimal satu kota.”

Sumber : imago
Halaman :
1

Ikuti Kami