IMAGO 2018 - Elizabeth Santosa: Tantangan Orangtua di Era Digital adalah Kedisiplinan

IMAGO 2018 - Elizabeth Santosa: Tantangan Orangtua di Era Digital adalah Kedisiplinan

Budhi Marpaung Official Writer
1926

Dibandingkan persoalan pornografi, perundungan (bullying), dan ujaran kebencian (hate speech), masalah utama orangtua dalam mengasuh anak-anak di era digital adalah kedisiplinan. Demikian hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh psikolog Elizabeth Santosa bersama rekan-rekan.

Mbak Lizzy – demikian biasa Elizabeth Santosa biasa dipanggil – mengatakan masalah-masalah yang terjadi dalam diri anak-anak sesungguhnya karena kelemahan yang ada pada diri orangtua.  


“It’s Your fault, my fault. Tahu kenapa mereka lembek? Because you make that,” ucap Lizzy saat mengisi sebagai pembicara workshop Digital Parenting Challenge IMAGO 2018 di Menara Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (25/5/2018).

Baca Juga: IMAGO 2018 - Guntur Romli: Lawan Konten-konten Radikalisme dengan Konten-konten Positif!

Lizzy menyatakan gadget tidak bisa dijadikan kambing hitam atas perilaku kejahatan atau buruk dari anak-anak. Mengapa? Karena sesungguhnya, sambung Lizzy, orangtua lah yang tidak bisa mengimbangi. “I never blame my gadget,” ucap anggota Komnas Perlindungan Anak di Indonesia ini.

Sebagai solusi, Lizzy memberikan 6 aturan emas yang bisa dijadikan panduan mendidik anak-anak zaman digital. 6 aturan emas itu adalah bend your value to fit in the truth, raising children is not always pretty & fun, study your first then your children, rule with love, It’s about them, not You, Parents as a Coach.

Sumber : Jawaban.Com; IMAGO 2018
Halaman :
1

Ikuti Kami