Untuk Mengatasi Rasa Cemas Yang Bikin Mood Turun, Pastikan Kamu Konsumsi 4 Nutrisi Ini
Sumber: palembang.tribunnews.com

Health / 20 May 2018

Kalangan Sendiri

Untuk Mengatasi Rasa Cemas Yang Bikin Mood Turun, Pastikan Kamu Konsumsi 4 Nutrisi Ini

Inta Official Writer
2747

Kecemasan merupakan salah satu kondisi psikologis yang ciri-cirinya berupa rasa takut, prihatin akan masa depan, khawatir, maupun gugup akan sesuatu. Bagi sebagian orang, rasa cemas memang bisa dihilangkan dengan mudah. Meskipun demikian, kenyataan kalau rasa cemas juga bisa membuat kita kehilangan mood saat sedang menjalani kegiatan produktif.

Menurut kesehatan, gejala cemas bisa juga disebabkan oleh gangguan sistemik seperti hipertiroidisme, masalah endokrin, gula darah rendah, kekurangan kalsium, dan penyakit jantung. Buat menangani kecemasan, kita perlu pikiran yang tenang. Penelitian menjelaskan kalau kecemasan juga bisa diredakan secara alami salah satunya adalah melalui nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh.

Berikut adalah nutrisi-nutrisi yang bisa bikin rasa cemas kita mereda.

1.  Air putih

Kesibukan kita seringkali membuat kita lupa kalau tubuh juga memerlukan cairan yang cukup. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Hal ini dikemukakan oleh sebuah penelitian dari University of Connecticut.

Seluruh organ tubuh kita, termasuk otak membutuhkan air untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Sehingga kalau kita mengalami kekurangan cairan, tubuh kita dapat berpotensi mengalami stres. "Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air bisa meningkatkan produksi hormon cortisol.

Cortisol adalah hormon yang memicu munculnya stres pada seseorang. Ketika kita tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kita membuat tubuh merasa stres dan merespon," jelas Amanda Carlson, direktur nutrisi di Athletes Performance.

2.  Omega 3

Nutrisi yang ditemukan pada ikan-ikanan dan kacang-kacangan ini sangat baik untuk meredakan kecemasan. "Otak kita butuh asam lemak agar dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak makan yang bernutrisi, otak Anda akan bermasalah," kata ahli gizi Melissa Reagan Brunetti dikutip dari CNN Indonesia. Asam lemak yang ada dalam omega-3 dapat memperbaiki suasana hati secara keseluruhan serta meredakan stres.

3.  Probiotik

Nutrisi yang bisa kita dapatkan dari yoghurt, kefir atau makanan yang telah difermentasi lainnya dapat meredakan perasaan cemas. Probiotik merupakan bakteri baik yang ada dalam susu untuk menghasilkan antibiotik yang dapat membantu proses metabolisme serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Bakteri-bakteri baik yang ada pada usus ini diperlukan untuk memproduksi neurotransmiter, termasuk serotonin, dopamin, dan GABA (asam gamma-aminobutyric), yang semuanya berperan dalam suasana hati.

4. Antioksidan

Antioksidan dapat meningkatkan fungsi otak. Salah satu sumber makanan yang kaya akan antioksidan adalah coklat hitam. Penelitian menunjukan kalau cokelat dapat meningkatkan kadar serotonin dan mengurangi tingkat hormin stres.

Sebuah riset dari State University of New York menemukan kalau mereka yang memiliki kadar antioksidan yang cukup rendah cenderung ditemukan gejala kecemasan. Selain coklat, antioksidan juga bisa didapatkan dari wortel, ubi jalar dan bayam.

Hati yang gembira merupakan obat yang manjur, sementara semangat yang patah akan keringkan tulang, setuju? Sebagai bait suci Tuhan, kita diberikan tanggung jawab untuk menjaga tubuh dengan baik, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup untuk tubuh serta berolahraga. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami