Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
473


Orang sukses adalah mereka yang bisa melihat peluang Selain pintar cari peluang, kita juga perlu membekali diri agar mampu mengeksekusinya dengan baik. Karenanya ada banyak pengusaha yang haus untuk belajar terus menerus guna melebarkan sayap bisnisnya.

Peluang ini bisa dimulai dari sekitar kita, kok. Salah satunya adalah dengan peluang bisnis musiman. Musiman disini merupakan sebuah usaha yang umur usahanya tidak begitu panjang alias hanya mengikuti musim tertentu. Misalnya ketika musim panas kita ingin berjualan es, tetapi saat hujan kita berjualan payung.

Tahu bisnis batu akik yang tempo dulu pernah viral? Bisnis ini juga merupakan salah satu contoh bisnis musiman. Atau tahu dong es kepal milo yang kini sudah mulai kita lihat dipinggir-pinggir jalan? Meskipun umurnya terkesan singkat, keuntungan yang diraup tidak main-main, lho. Untuk bisa sukses 'nyemplung' di bisnis ini, kita harus bisa memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

1.  Peka terhadap sekitar

Kepekaan adalah kunci sebuah bisnis. Biasanya, bisnis tercipta dari sebuah pertanyaan atau masalah yang ada disekitar kita. Misalnya saja Go-jek yang berhasil mengatasi kesulitan kita dalam transportasi.

Meski Go-jek tidak bisa dikategorikan sebagai bisnis musiman, tetapi dari sini kita bisa melihat kalau sebagai calon pengusaha, peka terhadap masalah atau fenomena yang terjadi disekitar kita dapat membawa peluang buat kita.

2.  Membidik target yang cocok

Kalau jualan jas ujan saat musim panas, yakin ada pembelinya? Percuma rasanya kalau kita punya produk yang kece tapi tidak ada konversi penjualan. Penting buat kita untuk menentukan target pasar dan menyesuaikannya dengan strategi yang akan dijalankan. Target pasar yang baik akan membuat kita fokus pada strategi pemasaran yang paling tepat tanpa harus buang-buang uang untuk mempromosikannya.

3.  Walau usianya pendek, kualitas merupakan yang pertama

Meskipun tujuan kita untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, kita harus bisa jujur kepada calon pembeli dengan memberikan yang terbaik buat mereka. Setidaknya, kalaupun nantinya bisnis sudah habis musim, pelayanan kita akan tetap diingat sebagai penjual yang terpercaya. Sehingga dikemudian hari kita akan menjual suatu hal yang berbeda, mereka tidak akan ragu untuk mencobanya.

4.  Inovasi dan inovasi

Inovasi dibutuhkan agar bisnis kita selalu relevan bagi konsumen. Kita wajib tahu kalau konsumen bersedia membayar dengan harga tinggi untuk sebuah inovasi. Meskipun bisnis kita kesannya musiman, kita harus bisa memproyeksikan bisnis yang akan kita jalankan ini jauh ke depan.

Sebagai contoh, saat menjalankan bisnis es kepal milo, kita juga mengumpulkan uang untuk mengerjakan proyek lain yang lebih besar seperti café. Dari Café yang kita buat inilah kita bisa mulai berinovasi dengan proyek yang lebih besar untuk melebarkan bisnis yang kita jalankan.

Menjadi sukses memang perlu komitmen dari kita. Selain melihat peluang, kita juga harus mempersiapkan diri kita. Berkat Tuhan merupakan pertemuan dari waktu Tuhan dan persiapan kita. Karenanya kita harus memperlengkapi diri kita dengan pembelajaran dan pengalaman.

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us