Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
3277


Bagaimana Tuhan bisa selalu ada dalam kehidupan kita, jika kita tidak melihat Dia bersama dengan kita saat ini?

"Gimana saya bisa yakin sepenuhnya bahwa Tuhan itu ada, sedangkan saya tidak pernah mengetahui keberadaanNya?? ?

Mungkin itu adalah satu dari sekian banyak pertanyaan yang muncul dalam pikiran atau hati kita mengenai Tuhan selama ini. Memandang sekeliling dan mulai bertanya "dimanakah Tuhan itu"?

Mungkin kamu sedang berlibur ke sebuah pantai, menikmati keindahan alam yang luar biasa dan bertanya dalam diri sendiri, “Apakah Tuhan ada disini bersama-sama dengan aku menikmati keindahan ini? "

Atau sebaliknya ketika kamu tengah diperhadapkan dalam sebuah masalah yang menyakitkan, pertanyaan yang sama mulai muncul "Dimana sih Tuhan dalam semua rasa sakit yang aku sedang hadapi ini?"

Di dalam Yosua 1:5, Allah berfirman dan berkata "Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."

Itu artinya, bahwa Allah bersama-sama dengan kita bukan? Namun tetap saja kita tidak begitu yakin dengan keberadaan.

TRINITAS

Untuk mengetahui dan mengenal Allah, pertama-tama kita tidak boleh menyamakan cara pikir kita tentang Dia dengan bagaimana kita memikirkan hal-hal duniawi.

Tuhan itu nggak pernah tunduk pada keterbatasan manusia. Jika teman bertanya dimana kita berada saat ini, maka kita akan menjawab bahwa kita sedang berada di dalam satu tempat, entah itu di kantor dan di rumah.

Nah, hal yang sama tidak pernah berlaku untuk Tuhan. Karena Tuhan bisa berada dimana saja, sekaligus.

Secara logis, mungkin ini sulit untuk dipahami tetapi inilah kebenaran yang memang harus dipercayai oleh orang-orang beriman, bahwa Tuhan hadir bersama semua orang pada waktu yang sama, dan bersamaan dengan itu, Dia juga ada di Surga.

Inilah yang disebut dengan konsep Kristen "Trinitas" dimana Tuhan sebagai "tiga-dalam-satu." Yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ketiganya berbeda peran namun satu : tiga peran membentuk jadi satu Tuhan.

Bisa dimengerti?

Baiklah, mari kita bahas sama-sama bagaimana ini akan menjawab pertanyaan kita tentang dimana Tuhan itu berada.

Allah Bapa : Tuhan ada di Surga

Dalam Alkitab, Allah digambarkan sebagai "Allah yang di surga dan Surga adalah rumah Allah."

Bahkan dalam Yesaya 66:1, Allah mengatakan bahwa " Langit adalah takhtaKu dan bumi adalah tumpuan kakiKu." Dalam versi Inggrisnya dikatakan bahwa rumah adalah Surga, "Heaven is my throne, and the earth is my footstool." (Heaven artinya surga).

Tidak hanya itu, dalam Perjanjian baru juga dituliskan bagaimana Yesus memerintahkan kita untuk berdoa kepada Bapa yang di Surga (Matius 6:9).

Orang Kristen percaya bahwa sebagai Bapa kita yang di Surga, Allah sangat mengasihi kita sama seperti orangtua mengasihi anak-anaknya. Tapi gimana Tuhan bisa mengasihi kita seperti ayah yang dirumah sedangkan Dia berada di surga dan kita ada di bumi? Mari kita belajar tentang keberadaan Tuhan selanjutnya,

Allah Anak  : Tuhan ada di bumi

Salah satu fakta dan dipercaya oleh orang Kristen tentang Allah Bapa hadir di bumi adalah melalui kehadiran Yesus.

Injil mengklaim bahwa Allah Anak datang ke bumi dalam bentuk pribadi Yesus Kristus. Inilah sebabnya mengapa Yesus sering sekali disebut dengan Immanuel yang berarti "Tuhan beserta kita."

Injil menggambarkan Yesus sebagai pribadi manusia yang lahir pada waktu tertentu dan tinggal di bagian bumi tertentu dalam jangka waktu tertentu juga. Tetapi Yesus juga nggak hanya manusia biasa, Dia dikandung dari Roh Kudus, sehingga kita percaya bahwa Yesus sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia . Itu artinya Yesus adalah Tuhan dalam daging.

Sepanjang Perjanjian Baru, Yesus digambarkan sebagai Anak Allah yang diutus oleh Allah Bapa ke bumi. Dan Alkitab memberitahu bahwa Yesus hidup di antara kita untuk mati atas dosa-dosa kita,  bangkit pada hari ke tiga dan naik ke surga  lalu duduk di sebelah kanan Allah Bapa(Markus 16:19).

Nah, lalu gimana jika Yesus yang dulu pernah di bumi kini sudah di surga ? Bukankah itu  artinya Tuhan tidak ada bersama-sama dengan kita saat ini?

Allah Roh Kudus : Dia ada dimana-mana (Mazmur 139:7-10)

Sebelum Yesus naik ke surga, Dia berjanji bahwa Dia nggak akan meninggalkan orang yang percaya padaNya berjalan sendirian.

Yesus meyakinkan murid-murid-Nya bahwa Dia akan memberikan seorang penghibur yang berdiam di dalam diri mereka sebagai penolong yang akan membantu mereka

ARTIKEL TERKAIT Belajar Tentang Harapan Dari Kisah Ester. Inilah Kebenaran Yang Harus Kita Ketahui

Roh Kudus adalah pribadi terakhir dari Trinitas. Setelah kematian Yesus, Allah Bapa mengutus Roh sebagai sumber kekuatan, pengarahan, dan penghiburan di dunia yang fana ini.

Roh Kudus adalah seseorang yang sampai hari ini kita percaya sebagai Allah yang menuntun kita ke dalam kebenaran, yang memberikan kita hikmat dan kebijaksanaan yang berasal dari Allah Bapa, nasihat dan penghiburan dan rasa takut akan Tuhan.

Dengan membaca kebenaran di atas, lalu sebenarnya dimanakah Tuhan itu?Apakah Dia di surga, atau Dia ada dimana-mana?

Maka jawabannya adalah keduanya.

Tuhan nggak hanya di surga. Tuhan juga ada disini, aktif berpartisipasi dalam kehidupan kita. Pertanyaannya : Apakah kita menyadari dan mengenal kehadiranNya tersebut atau tidak?

Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus, bersama-sama selalu menunjukkan kepada kita bahwa di saat-saat yang paling buruk sekalipun, Dia tetap tidak meninggalkan kita.

Sumber : firstthing/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Khoirul Ulum 20 May 2018 - 13:29:33

bantu sy untuk keluar dr hutang2 sy

1 Answer

Maureen Subroto 18 May 2018 - 23:04:05

sy ingin punya teman curhat

1 Answer

Wishnu Kencana 18 May 2018 - 17:04:47

terpanggil untuk merendahkan diri

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7429

IMAGO