Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
178


Siapa sih nggak pengen bikin jam kerja sendiri, memutuskan apa yang ingin dikerjakan dan menentukan gaji diri sendiri?

Tentu semua orang ingin menjadi atasan diri sendiri bukan?

Mungkin beberapa orang tidak berani mengambil keputusan ini karena takut rugi dan tidak mendapat penghasilan yang menetap. Tetapi jika ingin mendirikan bisnis sendiri dan tidak ingin bekerja dengan orang lain, kita memang harus siap untuk segala konsekuensinya bukan?

So, saatnya berdiri dan berani melangkah, mencoba bisnis kecil dan bertanggung jawab untuk mencari klien serta meyakinkan mereka untuk menjadi costumer kamu.

Nah, di bawah ini ada beberapa kiat yang perlu kamu ketahui dan lakukan jika ingin mulai berbisnis sendiri :

1. Kamu harus punya sesuatu untuk memamerkan keterampilan kamu

Sebelum kamu keluar dari pekerjaan kamu sekarang dan memutuskan untuk bikin bisnis sendiri, penting banget untuk kamu mengumpulkan semua alat atau hal yang bisa kamu gunakan agar perusahaan kamu  berhasil.

Misalnya, jika kamu ingin menjadi design grafis freelance atau mungkin membuka agency design , maka kamu haru memiliki portfolio yang mengesankan agar orang lain tertarik pada kamu. Contohnya : Hasil karya kamu dalam sebuah video, atau blog bahkan menunjukkan beberapa penghargaan yang kamu dapat dari hasil karya kamu.

Minimal, jika kamu memang ingin bekecimpung dalam suatu bidang dan memulai bisnis, maka kamu harus mampu memberikan bukti bahwa kamu pernah berhasil dalam hal itu. Itu akan menjadi daya tarik yang membuat klien percaya dan memberikan kontrak kerjasama dengan kamu.

So, sebelum serius keluar, mulailah untuk membuat portofolio  kamu dari sekarang!

2. Tetapkan tujuan dan kembangkan sebuah rencana untuk bertemu dengan calon klien kamu lebih banyak

Sebelum keluar dari perusahaan sekarang, dan yakin untuk memulai freelance, kamu juga sudah harus memutuskan apa sebenarnya yang ingin kamu capai.

Mungkin tujuan utama mengapa seseorang memutuskan keluar dari pekerjaan sekarang dan memulai pekerjaan lepas secara profesional adalah karena ingin menghasilkan uang lebih banyak untuk menghidupi diri sendiri dan masa depan.

Setelah menetapkan tujuan untuk apa kamu bekerja secara professional menurut keahlian kamu, maka kamu akan bisa menentukan berapa proyek yang harus kamu tangani, siapa saja calon klien yang harus kamu hubungi untuk kerja sama, kapan kamu harus mendirikan perusahaan, apakah kamu perlu mencari karyawan untuk membantumu atau tidak dll.

Karena jika kamu belum menentukan hal ini, maka kamu akan berjalan sesuai dengan hempasan angin tak tahu arah kemana ke depan

Alhasil, kamu hanya akan bekerja seadanya tanpa tujuan yang jelas.

3. Pasarkan diri kamu di beberapa  platform

Jika kamu siap mendirikan perushaan sesuai keahlianmu sendiri, maka kamu harus bersiap memasarkan dirimu sendiri kepada semua orang. Jangan hanya duduk dan menyiapkan web dan menganggap bahwa klien akan menemukan kamu.

Itu tidak akan pernah terjadi.

So, mulailah iklankan diri kamu dan keahlian kamu ke grup facebook, twitter, dan setiap jejaring sosial yang menurut kamu mampu menarik klien yang kamu inginkan.

4. Jika sudah dapat klien dan mengerjakan proyeknya, mintalah dia bikin sebuah testimonial untuk menarik pelanggan lain datang padamu

Kamu nggak harus melulu memasarkan kemampuan dirimu sendiri kepada orang lain, tapi kamu  bisa bikin klien puas dengan hasil pekerjaanmu dan meminta mereka untuk mempromosikan atau merekomendasikan kamu kepada teman-temannya yang membutuhkan keahlianmu.

Ketika klien kamu menuliskan sebuah email dan mengucapkan terimakasih, mintalah apakah mereka bersedia untuk memberikan testimonial singkat mengenai kamu.

Kebanyakan orang akan tertarik dengan testimonial seperti ini

5. Kembangkan brand kamu dan mulailah picthing

Ada banyak orang diluaran sana yang memiliki keahilan seperti kamu. Jika kamu sudah punya merk sendiri ataupun masih pakai nama sendiri, mulailah untuk mengembangkannya , sehingga bisa bersaing dengan mereka.

Merk kamu adalah identitas kamu, dan kamu perlu menunjukkan kepada klien mengapa mereka harus menyewa atau mempercayakan kebutuhan mereka kepada kamu sedangkan ada banyak orang lain diluaran sama yang memiliki keahlian yang sama denganmu.

Terus perbaharui web, blog, profil media sosial, atau portofolio kamu untuk memamerkan diri kamu sebagai profesional yang terbaik daripada yang lain.

Mulailah mengirimkan email picthing ke klien-kilen kamu sertakan tautan situs web kamu atau sampel proyek kamu yang relevan, siapa tahu mereka tertarik untuk menawarkan kepada teman mereka.

Nah, itulah 5 kiat yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi pekerja lepas dan tidak bekerja kepada orang lain lagi.

Jika kamu merasa suka dengan satu hal, maka kamu harus belajar dengan tekun dan menjadi expert serta profesional di bidang itu. Jika Tuhan memberikan kita satu talenta, maka kita perlu mengembangkannya bukan malah menyimpannya bukan? Itu adalah keputusan yang bijak yang harus kita ambil setiap waktu!

 

Sumber : cheatsheet/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Khoirul Ulum 20 May 2018 - 13:29:33

bantu sy untuk keluar dr hutang2 sy

1 Answer

Maureen Subroto 18 May 2018 - 23:04:05

sy ingin punya teman curhat

1 Answer

Wishnu Kencana 18 May 2018 - 17:04:47

terpanggil untuk merendahkan diri

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7429

Imago