Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
570


Kemarin tanpa sengaja seorang teman membagikan sebuah video review yang bicara soal fakta dibalik lagu-lagu populer yang banyak diputar di berbagai tempat publik maupun yang biasa kita dengar lewat beragam aplikasi musik atau dari Youtube.

Salah satu Youtuber Indonesia bernama Nessie Judge, dalam sebuah postingannya baru-baru ini mengungkapkan kalau ternyata ada sejumlah lagu-lagu populer yang sering kita dengar rupanya berisi pesan negatif. Lagu-lagu pop ini direverse lebih dulu dan ditemukan kalau ternyata isinya kebanyakan berbicara soal pesan-pesan negatif dari illuminati, penghujatan kepada Tuhan dan juga hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas.

Beberapa lagu diantaranya adalah Poker Face-nya Lady Gaga, What Do You Mean dari Justin Bieber atau seperti lagu Rihanna berjudul Disturbia. Nessie Judge mengungkapkan saat seseorang mereverse lagu-lagu ini, dia menukan lirik lagu berisi tentang kata-kata yang berkaitan dengan dunia kegelapan (cari tahu reverse lagu-lagu ini di sini).

Padahal kita tahu kalau dari orang dewasa sampai anak-anak rata-rata suka menyanyikan lagu-lagu pop semacam ini. Anak mungkin tak tahu persis makna di dalam lagu yang didengarnya. Tapi bagaimanapun sebuah studi melaporkan bahwa musik berpotensi besar mempengaruhi kehidupan anak. Paling buruknya, anak remaja yang sering kali mendengarkan lagu keras dan kasar ditemukan akan mengalami perubahan perilaku menjadi lebih terisolasi, depresi, kecanduan alkohol atau terjerumus narkoba.

Selain menyiratkan pesan-pesan negatif di dalam lagu, sebagian besar lagu-lagu pop juga menyampaikannya secara terang-terangan tentang pesan negatifnya. Beberapa lagu pop populer yang sering didengar anak bisa berisi tentang pesan-pesan negatif diantaranya:

Lagu –lagu dengan lirik yang sensual

Ada banyak lagu pop yang justru berisi tentang lirik yang seolah-olah memuliakan pergaulan bebas dan mempromosikan stereotip gender. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam journal Pediatrics disampaikan bahwa remaja yang sering mendengar musik yang berisi tentang seksualitas akan cenderung lebih mungkin terlibat perilaku seksual yang merugikan.

Lagu berisi lirik tentang bunuh diri

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Akademi Psikiatri Anak dan Remaja Amerika menemukan bahwa lagu-lagu yang berisi lirik tentang kematian dan bunuh diri ternyata sangat berpengaruh pada anak. Lirik lagu semacam ini hanya akan membuat anak berpikir bahwa bunuh diri adalah solusi terbaik untuk menghadapi masalah. Jenis musik seperti Heavy Metal dan beberapa musik rock lain ditemukan paling banyak menimbulkan risiko bunuh diri bagi pendengarnya.

Lagu-lagu agresi yang berisi kekerasan fisik

Mendengar lirik lagu yang berisi tindakan kekerasan dengan senjata dan perilaku agresif ternyata juga sangat berbahaya bagi anak. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial tahun 2003, ditemukan bahwa lirik lagu yang berisi kekerasan menimbulkan peningkatan terhadap pikiran dan perilaku yang agresif terhadap anak.

Lagu-lagu tentang penggunaan obat-obat terlarang

Lirik lagu yang banyak berisi tentang kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan minuman keras banyak ditemukan dalam jenis lagu reggae dan pop. Saat anak sering mendengar lagu-lagu berisi kata-kata tentang narkoba atau minuman keras, maka kemungkinan mereka untuk mencoba dan terjerumus ke dalam kebiasaanitu akan jauh lebih besar.

Faktanya, hampir semua orang memang suka mendengar musik. Karena musik ibarat sebuah metode untuk memberikan ketenangan. Kebanyakan lagu-lagu dengan irama yang easy listening atau enak didengar pastinya akan sangat mudah mencuri perhatian, bukan hanya orang dewasa tapi anak-anak. Walaupun liriknya berisi kata-kata negatif dan kurang mendidik namun anak akan tetap menyukainya.

Karena itu, sangat dibutuhkan peran orang tua sebagai orang dewasa yang tahu persis soal mana hal yang positif dan mana yang negatif. Supaya anak-anak kita tidak salah memilih lagu atau musik, cobalah untuk membimbing mereka. Salah satunya dengan memberikan lebih dulu pemahaman yang benar tentang beragam jenis musik, serta pilihan lagu yang mana saja yang pantas dan yang tak pantas didengar.

Atau sebagai keluarga Kristen, arahkanlah anak untuk lebih banyak mendengar lagu-lagu rohani yang jauh lebih aman dan membangun pengenalannya akan Tuhan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us