Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1014


Untuk mengasuh anak-anak, kita butuh kebijaksanaan dan hikmat dari Tuhan.

Nah, untuk mendidik mereka bertumbuh di dalam iman, maka salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah berdoa bersama.

Berdoa bersama akan membekali anak-anak secara rohani dan memperkuat ikatan keluarga.

Anak-anak sangat suka dengan variasi, jadi kita mampu menerapkan ide kreatif untuk berdoa bersama, maka ini adalah sesuatu yang baru dalam kehidupan doa keluarga kita. Doa merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita, itu sebabnya doa harus hidup dan selalu dilakukan di dalam keluarga.

Di bawah ini, ada 10 cara berdoa yang kreatif yang bisa kita lakukan dalam keluarga kita :

1. Mangkok doa

Untuk membangun kalimat doa yang sederhana, cobalah ambil 2 mangkuk dan beri label yang berbeda. Misalkan, mangkuk "Tuhan", "Diri sendiri", "Tindakan" dan "Kebutuhan."

Untuk masing- kategori atau mangkok berisi kata-kata.

Misalkan:

  • ·Mangkuk doa kategori Tuhan, berisi kata:Yang Maha Kuasa, Yesus, Juruselamat, pencipta.
  • · Mangkuk untuk kategori diri sendiri berisi kata: teman, anak kita yang sedang marah atau sedih, pengikut, anak domba.
  • · Kategori tindakan yang berkaitan dengan doa: berterimakasih, kebutuhan, meminta bantuan, meminta ampun.
  • · Mangkuk kategori kebutuhan berisi kata: bantuan, keberanian, kekuatan, cinta, kebaikan, berkat dan kedamaian.

Nah, biarkan setiap orang dalam keluarga kamu mengambil masing-masing satu slip tulisan kata-kata tersebut, lalu disatukan dan dibentuk menjadi doa yang sederhana kepada Tuhan.

Sambil belajar berdoa dan sambil bermain. Seru ya!

2. Lingkaran wow-pow

Duduklah bersama dengan membentuk lingkaran.  Mintalah setiap orang untuk menyebutkan  satu kata dengan ekspresi "wow...(berkat positif)" dan satulah "Pow...(kebutuhan doa)."

Biarkan orang berikutnya berdoa satu kalimat untuk berkat dan satu kalimat untuk kebutuhan orang yang disampingnya tersebut. Lalu lanjut ke orang berikutnya, sampai semua berbagi apa berkat dan kebutuhannya dan berdoa.

Cara ini akan membuat anak-anak kamu semakin semangat  dan tertarik untuk berdoa sesering mungkin. Baik itu pagi, atau malam.

Ketika kita belajar berdoa dengan orang lain, maka kita akan cenderung perduli tentang suka dan duka bahkan ingin menghibur mereka atas masalah yang mereka hadapi. Mintalah keluarga kamu dan anak-anak kamu untuk saling berdoa satu sama lain melalui doa wow-pow ini.

3. Dinding atau papan doa

Cara ini adalah cara yang sangat praktis dan sangat membangun. Untuk pertama sekali, saya melihat cara ini ketika sedang menonton film War-Room, walaupun sedikit berbeda, namun tehniknya sedikit sama

Ubah dinding kamar kamu menjadi pusat doa, atau bisa membuat satu ruangan khusus untuk doa. Lalu gantunglah papan buletin di dinding atau gunakan paku payung atau lem untuk menempel catatan atau foto ke dinding tersebut, berdirilah di dinding tersebut, dan berdoalah untuk setiap gambar dan catatan disana. Ajak anak-anak kamu untuk menuliskan apa yang perlu didoakan dari mereka, bahkan ajak mereka untuk berdoa dan menumpang tangan sendiri terhadap apa yang di tempel di dinding. Jangan lupa untuk menambahkan stiker atau catat ketika Tuhan menjawab doa kita.

Itulah 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan anak-anak mengenai cara berdoa. Ayo, didiklah anak-anak kita dengan jalan yang diajarkan oleh Tuhan kepada kita.

Efesus 6:4 : “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat-naishat Tuhan.”

 

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us