Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
670


Memang, yang namanya depresi atau stres bisa dialami oleh siapapun. Nggak cuma kita yang bekerja di kantor tetapi ibu rumah tangga dan siapapun bisa mengalami sebuah depresi.

Depresi bisa mengakibatkan kematian. Ian colman dari University of Ottawa, dilansir dari  thehealthsite.com, menjelaskan bahwa jangka hidup anak muda yang depresi di usia 25 tahun bisa berkurang dari 60 tahun. Jangka hidup tersebut berkurang mulai dari 10-12 tahun pada awalnya, lalu 4-7 tahun kemudian berkurang menjadi 18 tahun.  

Jadi sudah jelas bahwa depresi sangat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh seseorang.

Untuk mengurangi bahkan mencegah depresi datang dalam hidupmu, mari perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Jangan berharap terlalu banyak dari diri kita terlalu cepat, karena hal ini hanya akan memicu sebuah perasaan yang gagal dalam hati kita.

Hindarilah menetapkan sebuah tujuan yang sulit buat kamu atau mencoba mengambil sebuah tanggung jawab baru yang sangat ambisius, sebelum kamu memulai sebuah proses yang terstruktur dengan kuat.

2. Bagi-bagi tugas kamu yang banyak dan sulit menjadi langkah-langkah kecil, misalnya dengan menetapkan mana yang menjadi prioritas, dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan, jangan memaksakan diri.

3. Kenali pola suasana hati kamu. Seperti yang dialami kebanyakan orang yang depresi, bahwa tekanan terbesar biasanya terjadi pada pagi hari. Mungkin itu di kantor, atau di rumah, itu sebabnya cobalah untuk mengatur jadwal kamu sehingga dipagi hari tidak terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan yang bisa bikin kita merasa lebih baik.

Cobalah untuk berolahraga, pergi ke bioskop, atau bermain bola, atau mungkin berpartisipasi dalam kegiatan atau komunitas gereja dan sosial. Paling nggak, kegiatan semacam itu bisa mengalihkan perhatian kamu dari apa yang kamu rasakan dan bikin hari-hari kamu cepat berlalu.

5. Tidurlah dengan teratur.

Kita mungkin ingin menghabiskan waktu sepanjang hari di tempat tidur, tetapi jangan lakukan itu.

Kualitas tidur merupakan fitur inti dari depresi, mengubah siklus tidur bisa memperpanjang pemulihan depresi.

Suruh saudara atau bikin alarm untuk memaksa kamu bangun di pagi hari, lalu olahragalah, dan aturlah jadwal yang memaksakan kamu keluar dari rumah sebelum jam 11 pagi. Buat juga jadwal yang tepat agar kamu bisa tidur dengan jam yang tepat di malam hari.

6. Jangan kesal jika suasana hatimu kamu belum juga membaik

Mengurangi rasa depresi memang butuh waktu. Jangan langsung kesal jika perasaan depresi kamu tidak kurun membaik, karena hal itu bisa bikin kamu kembali kepada kebiasaan buruk kamu. Tetap semangat untuk pulih dari depresi. Move on!

7. Cobalah untuk tidak bikin sebuah keputusan besar dalam hidup kamu dalam masa pemulihan depresi ini, misalnya pindah pekerjaan, menikah atau bercerai, tanpa berkonsultasi dengan orang lain yang mengenal kita dengan baik dan yang punya pandangan yang lebih objektif mengenai situasi kamu

8. Jangan berharap depresimu bisa hilang dengan kekuatanmu sendiri.

Yap! Hal ini sangat jarang terjadi, itu sebabnya kamu harus bergabung dengan gereja dan komunitas. Ada banyak orang yang bisa kamu temui disana yang mendukungmu saat depresi sehingga kamu mampu menjalani proses pemulihan

9. Ingatkan dirimu, bahwa pemikiran negatif kamu hanyalah bagian dari depresi dan akan lenyap saat kamu merespon dengan pikiran yang positif.

Selain ke sembilan hal di atas, tetaplah percaya dan menyerahkan semua kekuatiran yang membuatmu depresi kepada Tuhan. Karena hanya Dialah yang mampu menolong dan menghibur pikiran dan hatimu.

1 Petrus 5:7: “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

 

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Banner Mitra Week 4


7195

advertise with us