Agar Anak-anak Berjalan Dalam Kehendak Tuhan, Bimbinglah Mereka Dengan Cara Ini

Parenting / 4 May 2018

Kalangan Sendiri

Agar Anak-anak Berjalan Dalam Kehendak Tuhan, Bimbinglah Mereka Dengan Cara Ini

Naomii Simbolon Official Writer
2802

Tujuan Tuhan dalam kehidupan kita, akan berjalan sesuai dengan rencana-Nya. Sebagai orangtua, kita tentunya memerlukan tangan Tuhan untuk mengarahkan mereka menemukan tujuan hidup di dalam Tuhan.

Kita tidak tahu kapan kita harus kembali kepada Tuhan, sehingga sejak sekarang, perlu bagi kita untuk mengajar anak-anak dan membimbing mereka untuk mencari Tuhan dan mengikuti-Nya.

Beginilah beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai orangtua :

1. Bekerja dimanapun berada

"Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi." (Pengkotbah 9:10)

Banyak dari kita membayangkan bahwa masa depan adalah destinasi impian. Tetapi Tuhan berkata melalui ayat di atas “segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan”, dan bukannya “dimanapun kita bekerja”.

Beberapa dari kita mungkin dipanggil oleh Tuhan untuk bangkit dan pindah, sedangkan yang lainnya diarahkan untuk tetap tinggal memenuhi dirinya dengan Kristus.

Dimanapun kita berada, kita harus tetap bekerja keras atas apa yang Dia telah berikan. Kita tidak bisa memandang orang lain, karena mereka pun akan diperintahkan berpindah pada suatu saat.

Kita harus fokus terhadap hal yang penting yang diarahkan oleh Tuhan untuk kita lakukan, terutama soal  membimbing anak-anak. Sampaikan kepada mereka, untuk tetap bekerja dan melakukan pekerjaan dimanapun mereka berada, dan itu memuliakan nama Tuhan.


2. Talenta bukanlah segalanya

"Selanjutnya, hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup seperti yang telah ditentukan Tuhan baginya dan dalam keadaan seperti waktu ia dipanggil Allah. Inilah ketetapan yang kuberikan kepada semua jemaat. "(1 Korintus 7:17)

Untuk memerangi hak yang sedang merajalela di masyarakat, perlu banget bagi orangtua untuk mengingatkan anak-anak bahwa talenta dan karunia datangnya dari Tuhan, dan itu menuntut kita untuk terus bekerja keras mengembangkannya dan ada untuk memuliakan nama-Nya.

Membaca Alkitab bersama setiap hari adalah cara terbaik untuk membimbing mereka untuk bertumbuh. Ada banyak versi Alkitab yang berbeda dan ada banyak renungan harian yang bisa direnungkan bersama-sama.

Tidak hanya kita, anak-anak juga akan merasakan betapa sulitnya kehidupan dan beragam masalah akan mereka hadapi dalam proses hidup mereka secara pribadi. Tetapi dengan membimbing mereka dan mengajarkan mereka tentang kebenaran firman Tuhan, maka itu akan membentengi mereka untuk tetap percaya diri dan kuat dalam prosesnya.

Yeremia 29:13: "Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati."

3. Berdoalah senantiasa

"Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." (1 Tesalonika 5:16-18)

Ajarilah anak-anakmu bagaimana mempersiapkan hati mereka untuk tetap bersukacita senantiasa.

Melalui Kristus, anak-anak akan belajar bagaimana bersukacita senantiasa dalam segala situasi. Sebagai orangtua, kita memiliki kesempatan untuk mengajari mereka gimana caranya memuji Tuhan, dengan berdoa dan bersyukur sekalipun jalan yang kita lewati sangat penuh dengan proses.

Dengan menjadi teladan doa, kita akan mendapat kehormatan dan menjadi role model untuk mereka, bagaimana kita dengan rendah hari memuliakan Tuhan dalam kemenangan dan berpegang teguh kepada-Nya. Tuhan ingin kita menjadi pemenang dan bersujud di kaki-Nya dalam segala kondisi.


Sumber : crosswalk/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami