Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Contributor
193


Anak muda mana yang nggak radikal kalau udah bicara soal urusan asmara? Pastilah setiap orang yang lagi jatuh cinta bakalan ngelakuin apa aja demi dapat balasan cinta dari di doi. “Mau jadi mas-mas gojek juga abang rela kog demi adek!” kata abang yang lagi kasmaran.

Tapi kalau kita ditanya kamu mau nggak berjuang dapetin cintamu demi negara? Jawabannya pasti mikir dulu, ye kan? Giliran ngejar cinta aja kita nasionalismenya tinggi, masa buat cinta bangsa gak sih?

Sebagai anak muda, yang ngaku-ngaku berbahasa satu, berbendera satu dan bertanah air satu, kita harusnya juga berkontribusi untuk pembangunan bangsa. Bukan cuman berjuang demi mendapatkan cintanya adek.

Nah, supaya jiwa cinta tanah air atau nasionalisme mu kembali dibangkitkan. Gimana kalau kamu nonton 5 film ini dulu, abis itu tinggal pilih kamu mau ngelakuin apa buat bangsamu.

1. Tanah Air Beta


Tanah Air Beta adalah film yang disutradarai oleh Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. Film ini berkisah tentang kehidupan keluarga yang terpisah setelah Timor Timur memutuskan berpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1993 lalu. Dari film ini, anak-anak muda bisa belajar dari pergulatan pemeran utama bernama Tatiana bersama anak perempuannya Merry yang mengungsi ke Kupang, NTT. Keinginan Tatiana untuk ingin hidup di tanah NKRI harus dibayar dengan pilihan meninggalkan anak laki-lakinya di Timor Timur.

2. 3 Srikandi


Pada umumnya, masyarakat kita memandang sebelah mata kepada prestasi-prestasi anak negeri di bidang olahraga. Padahal ada begitu banyak diantaranya yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Inilah yang dikisahkan di dalam film 3 Srikandi arahan sutradara Iman Brotoseno. Film ini menceritakan perjuangan tiga atlet panahan Indonesia yang berhasil membawa pulang medali perak di Olimpiade Seoul 1988 silam. Inilah medali perak pertama yang diraih Indonesia di bidang panahan. Dari kisah ketiga perempuan ini, kita bisa belajar bahwa mereka rela bekerja keras demi mengangkat martabat dan nama baik Indonesia di mata negara-negara lain.

3. Gie


Bukannya mau ditunggangi oleh pemerintah yang berlaku semena-mena, sosok Gie malah berdiri untuk mengkritisasi para penguasa yang lupa akan rakyatnya. Film ini digarap oleh Riri Riza berdasarkan kisah hidup seorang anak muda keturunan Tionghoa bernama Soe Hok Gie. Dia adalah anak muda yang berpendirian teguh, idealis dan memegang prinsip. Di film ini kamu bisa belajar tentang sikapnya generasi muda yang berjuang membawa bangsanya kepada kesejahteraan yang adil dan beradab.

4. Bendera


Alur ceritanya memang sangat sederhana, tapi Bendera adalah film yang menceritakan tentang tanggung jawab dan kecintaan dua orang anak SD kepada bangsanya. Mereka adalah Budi dan Rosi yang mendapat tugas dari guru kelas untuk menaikkan bendera di upacara bendera di suatu hari Senin. Tapi karena kelalaian, bendera yang dititipkan ke Budi menghilang. Keduanya pun harus melakukan petualangan demi menemukan bendera tersebut.

5. Batas


Film yang ditulis oleh Slamet Rahardjo Soejaro ini mengisahkan tentang perjuangan wanita berpendidikan yang ditugaskan ke Pontianak untuk menyukseskan CSR perusahaan. Di sana, wanita bernama Jaleswari itu justru menemukan situasi dimana masyarakat sengaja dibodohi dan diimingi dengan janji-janji indah soal kehidupan di luar negeri. Merasa bahwa hal itu merusak pola pikir masyarakat, dia pun terus mendorong warga setempat untuk mengecap pendidikan supaya kelak mereka bisa sukses dan hidup dengan kerja keras mereka sendiri.

Ada banyak film-film nasionalis yang bisa kita tonton dan membuka mata kita tentang untuk apa kita hidup di tengah bangsa ini. Tentu saja kita tak mau jadi anak muda yang apatis atau parahnya justru mau dipakai jadi alat untuk mengacaukan bangsa ini bukan? Dengan berbagai media sosial yang ada, anak muda bisa sangat mudah dimanfaatkan sebagai alat untuk mencapai kepentingan kelompok tertentu. Nah, supaya kita bisa berguna bagi bangsa dan negara, yuk mulai memupuk sikap nasionalisme kita dari sekarang.

Kamu yang benar-benar pengen tahu betul tentang apa itu nasionalisme dan bagaimana jadi generasi millennial yang berdampak positif bagi bangsa, juga bisa ikut Imago Conference 2018 yang akan digelar pada 25-26 Mei mendatang. Di sana kamu bisa bertukar pikiran dengan beberapa tokoh yang aktif menggalakkan sikap nasionalisme kepada anak-anak muda.

Buat kamu yang mau daftar bisa coba hubungi lewat SMS/WA di kontak nomor yang tertera di gambar ini. Atau klik di sini.


Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

inra rindi 24 May 2018 - 14:30:22

Kepercayaan

0 Answer

Helenabrookenangel 24 May 2018 - 05:46:17

Masalah di link komentar FB?by:M:IT$05*[email protected],,

1 Answer

Helenabrookenangel 24 May 2018 - 05:44:21

Masalah di Messenger

0 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7429

Imago