Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
682


Apa yang terlintas di dalam benak kamu ketika mendengar nama Supermarket?

Mungkin sebagian kita akan membayangkan tempat belanja, AC yang nyaman, lingkungan yang bersih, dan juga berbagai macam pilihan bahan makanan yang terjamin.

Yap, gambaran tersebut merupakan alasan mengapa di antara kita memilih untuk belanja bahan makanan di supermarket daripada belanja di pasar tradisional.

Padahal tidak selalu semua hal di beli di supermarket. Ada beberapa hal yang bagus kita beli di Pasar Tradisional. Selain harganya lebih murah, beberapa hal justru lebih baik dari segi kualitas dibandingkan membelinya di supermarket. Dan keuntungan lainnya adalah, kamu bisa lebih menghemat uang , dan uangnya bisa kamu pakai untuk belanja hal-hal lain.

1. Dibanding Supermarket, beli rempah-rempah di pasar jauh lebih murah loh.

Indonesia sangat terkenal banget dengan rempah-rempahnya yang berlimpah. Malah salah satu alasan terbesar negara lain menjajah Indonesia pas zaman dulu adalah karena hasil rempah-rempah Indonesia, karena itulah seharusnya kita bisa beli rempah-rempah dengan harga murah.

Hal ini justru berbanding jika kita membeli rempah-rempah di supermarket. Karena pas kita beli rempah-rempah di supermarker, harganya bisa menjadi 2 atau bahkan 3 kali lipat, hal ini karena tambahan pajak dan lain sebagainya sehingga harga yang seharusnya bisa kita dapatkan lebih murah, jadi mahal deh.

Meskipun sudah ada diskon, harganya akan tetap lebih mahal dibanding beli di pasar tradisional.

2. Membeli sayuran di pasar tradisional tidak kalah segar dan jauh lebih murah

Kalau kita ingin masak sayuran, mungkin beberapa dari kita memilih untuk membeli sayuran di supermarket dengan alasan biar lebih fresh, seperti sayuran.

Namun, kalau kita perhatikan lagi, kebanyakan pasar tradisional , bukanya pas pagi-pagi buta banget. Biasanya, pedagang sayur akan membeli sayur dari pasar induk, sebab sayur yang dipetik langsung dibawa oleh petani kepasar induk. Jadi soal kesegaran sayurannya, di pasar tradisional sangat segar, bahkan jauh lebih murah di banding supermarket. Lumayan kan!

3. Membeli daging di Supermarket memang lebih praktis, tapi di pasar tradisional, kita tentu bisa pilih dan tahu, apakah dagingnya masih segar atau nggak

Praktis adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh supermarket, hal ini juga berlaku dengan daging. Biasanya  supermarket sudah memotong dan membagi daging dalam beberapa macam bentuk yang dibutuhkan untuk memasak, misalnya, daging rendang, iga sapi, dan lain sebagainya.

 

Sayangnya ketika kita membeli daging di supermarket kita hanya melihat dari luar karena sudah terbungkus dengan rapi, jadi bagian yang bisa kita lihat itu cuma bagian atasnya saja untuk menentukan apakah daging tersebut masih segar atau tidak.

Beda dengan pasar tradisional yang menawarkan daging yang di gantung untuk memberikan kepuasan kepada pembeli dalam memilih bagian mana yang ingin dibeli dan yang paling penting, harganya 30% - 60% jauh lebih murah jika dibandingkan dengan daging di supermarket.

4. Supermarket sediain buah yang utuh bahkan harganya juga lebih mahal dibanding membelinya di pasar tradisional

Sama halnya dengan sayuran dan daging, buah-buahan di supermarket biasanya dijual dengan kondisi sudah terpotong dan terbungkus rapih, jadi si pembeli tinggal mengambil kotak tersebut tanpa perlu mengupas buah lagi.  Tapi coba deh kita perhatikan potongan buah di dalam kotak tersebut dan bandingkan dengan harga perkilogram. Pasti beratnya tidak sampai 1 kilogram dan harganya selisih sedikit dengan harga buah perkilogram.

Walaupun supermarket menyediakan buah yang utuh, tentu harga yang ditawarkan akan jauh lebih mahal daripada di pasar tradisional. Nggak perduli, meskipun ada diskonan, namun harga tetap saja lebih mahal.

Itulah 4 makanan yang tidak seharusnya kamu beli di Supermarket, biar irit. Apalagi bagi anak-anak kos, sebaiknya hindari kebiasaan ini ya, supaya uang masih tetap ada di akhir bulan.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurayanti Simatupang 12 November 2018 - 19:28:13

Hasil dari tahapan kompilasi dalam menjalankan pro.. more..

0 Answer

Cristiandoko Cgenx 10 November 2018 - 06:19:44

Apakah saya bisa berkonsultasi,saya mohon bantuann.. more..

0 Answer

Marina Putri 9 November 2018 - 16:46:08

Ayat inti dari mandat budaya termbil dalam?

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7221

advertise with us