Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
395


Adakah diantara kalian yang merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh sekarang ini? Merasa terlalu gendut, hitam, atau ada saja sesuatu yang dirasa kurang dari bagian tubuh kita ini. Kekurangan ini biasanya disadarkan oleh orang-orang yang ada disekitar kita. 'Kok kamu gendutan?' 'Sekarang iteman ya?' Perkataan dari orang lain tersebut kemudian membuat kita merasa kurang dari bagian tubuh kita.

Pernahkah kita tidak merasa yakin bisa melakukan sesuatu karena orang lain terus menerus mengatakan kalau kita tidak bisa? Ternyata, lingkungan berdampak sangat luar biasa pada kehidupan kita sehari-hari. Firman Tuhan juga berkata kalau pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Kalau pernah merasakan demikian, tenang aja, kita nggak sendirian kok

Mengasihi diri sendiri terkadang memang lebih sulit dibandingkan dengan mengasihi orang lain. Salah seorang penulis pernah bersaksi kalau dirinya pernah terlena dengan apa yang orang lain katakan terhadapnya. Seringkali ia dikatakan terlalu kurus, hidung pesek, mata sipit, yang kemudian setiap perkataan tersebut ia percayai dan membuat dirinya kehilangan gambar dirinya yang sempurna.

Setelahnya, penulis ini percaya kalau tidak ada orang yang akan menyukainya dengan kekurangan fisik yang seperti itu. Efek dari kebenciannya terhadap diri sendiri adalah ia mencoba untuk mencari pengakuan dari luar. Ia akan melakukan segala cara agar mendapatkan seseorang untuk mengasihinya. Orang itu bisa pasangan, bisa juga sahabatnya. Ketika bersama orang-orang tersebut, ia akan menjadi demanding, rasanya orang-orang tadi merupakan satu-satunya 'sumber cinta' yang bisa ia dapatkan.

Tentu saja kita tidak bisa membenarkan sikap yang demikian, karena sebagai orang percaya, kita tahu kalau kita merupakan ciptaan Tuhan yang sempurna, sesuai dengan gambar dan rupa Allah.

Untuk mulai mengasihi diri sendiri, kita harus bisa menyingkirkan sikap-sikap dibawah ini.

1. Memiliki pikiran negatif tentang diri sendiri

Berhentilah percaya kalau kita jelek. Kita tidak bisa. Kita tidak punya bakat. Kita tidak pintar. Ketahuilah kalau Tuhan tidak hanya akan memberikan hal yang terbaik buat kita, tetapi kita telah menerima segala yang terbaik dariNya. Kalau Tuhan saja sudah mengatakan bahwa kita adalah gambar dan rupaNya, kenapa kita harus melabeli diri kita sendiri dengan pikiran-pikiran negatif yang tidak benar?

2. Membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain

Sebenarnya, apa sih yang kita bandingkan dengan orang lain? Apakah itu pencapaiannya? Tahukah kita kalau setiap pencapaiannya tersebut ada harga yang harus dibayar? Sediakah kita membayar harga layaknya orang yang telah kita banding-bandingkan tersebut? Setiap orang memiliki waktunya masing-masing. Tetapi, kita harus ingat kalau janji Tuhan adalah segala hal yang indah dan baik.

3. Memprioritaskan opini orang lain

Tidak seharusnya opini orang lain mempengaruhi kehidupan kita, terlebih jika opini tersebut berkaitan dengan hal yang negatif. Setiap kita adalah karya Tuhan. Firman Tuhan adalah pelita bagi kaki kita, terang bagi jalan kita. Seharusnya kita tidak membiarkan orang lain mengontrol kehidupan kita.

4. Ketakutan akan kegagalan

keinginan kita untuk melindungi diri sendiri merupakan salah satu benteng yang harus kita hancurkan. Kemenangan dalam Tuhan telah menghapuskan setiap ketakutan kita. Kita harus ingat kalau pengharapan dalam Tuhan tidak ada yang sia-sia. Kalaupun kita mengalami kegagalan, itu bukanlah sebuah kesalahan. Tetapi adalah cara kita belajar untuk bersikap menjadi dewasa.

Pendeta Dianne Manusama mengatakan kalau kita tidak bisa memberi kalau kita tidak memilikinya. Jadi, bagaimana kita bisa mengasihi sesama kalau kita tidak mengasihi diri sendiri?

 

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us