Rajinlah Konsumsi Makanan yang Satu Ini Kalau Mau Sehat Maksimal
Sumber: www.verticalgrown.com

Health / 27 April 2018

Kalangan Sendiri

Rajinlah Konsumsi Makanan yang Satu Ini Kalau Mau Sehat Maksimal

Lori Official Writer
4301

Mikrogreen adalah sayuran hijau muda yang banyak digunakan sebagai penambah rasa dan nilai gizi makanan. Warnanya yang hijau segar dan kandungan nutrisinya yang tinggi menempatkan mikrogreen diurutan teratas sebagai makanan sehat.

Selain mudah didapatkan, sayuran berukuran mungil ini juga mudah dikembangbiakkan. Hanya butuh waktu 7-21 hari saja untuk bisa dipanen. Ada beragam varian microgreen yang bisa dikembangbiakkan diantaranya kembang kol, brokoli, kubis, wortel, bit, dan kale.

Sayuran mungil yang satu ini juga menawarkan beragam rasa seperti rasa asam, pedas, spahit dan netral. Karena ukurannya yang kecilm rasa dan nutrisinya pun menyatu dan rasanya tak jauh beda dengan sayuran pada umumnya.

Adapun kandungan nutrisi di dalam mikrogreen terdiri dari:

- Zat besi, magnesium, tembaga dan kalium yang tinggi

- Mengandung zat polifenol dan antioksidan tinggi yang membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas

- Tinggi vitamin C, K dan beta karoten

Salah satu manfaat mengkonsumsi mikrogreen adalah untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Bukan hanya itu, mikrogreen ini juga bermanfaat untuk:

Kesehatan jantung karena antioksidannya mampu menurunkan degenerasi dan penyakit kardiovaskuler selama waktu tertentu.

- Antioksidannya mampu mengurangi kerusakan sel di dalam tubuh, sehingga membantu tubuh mencegah penyakit kanker.

- Zat besi dan potasiumnya mampu menjaga kesehatan otak, seperti mencegah timbulnya masalah Alzheimer.



Bagaimana cara mengkonsumsi mikrogreen ini?

Entah membiakkannya sendiri di rumah atau membelinya, kamu bisa menjadikan sayuran ini sebagai tambahan makanan sehari-hari. Seperti menambahnya ke menu salad, sandwich, atau sebagai hiasan untuk makanan utama. Sayuran ini juga bisa dijadikan sebagai campuran untuk smoothie dan taburan untuk pizza.

Bagi yang ingin membiakkan mikrogreen di rumah, bisa lebih dulu membeli bibitnya. Pastikan bibit yang dibeli dalam kondisi baik. Kemudian sediakan wadah kecil berisi sedikit air atau tanah kemudian biarkan selama seminggu sampai benihnya bertunas dan menghasilkan daun. Setelah mulai berkecambah mikrogreen ini sudah siap dipanen.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami