Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
414


Kelelahan sering banget bikin aktifitas kita terganggu, bahkan tertunda. Penting banget buat kita untuk me-manage tubuh agar segera bugar setelah menjalani hari yang melelahkan. Caranya nggak hanya harus mengambil waktu untuk mengistirahatkan tubuh, tetapi kita juga harus membenahi kebiasaan buruk yang bikin kita sangat mudah mengalami kelelahan.

Kelelahan bisa timbul dari beragam faktor, misalnya stres, cemas dan mood yang naik turun. Agar kita kembali bugar, yuk biasakan 5 hal ini.

1.  Konsumsi makanan sehat

Biasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat. Serat dapat menyerap karbohidrat dalam aliran darah, sehingga energi yang dihasilkan dalam tubuh pun semakin banyak.

Biasakan untuk mengatur pola makan dengan teratur, seperti sarapan, makanan ringan, makan siang, makan ringan, kemudian makan malam.

Sarapan sangat penting bagi tubuh, karena sarapan dapat menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mulai beraktivitas.

Hindari asupan lemak dengan meningkatkan kosumsi buah dan sayuran.

2.  Istirahat dengan cukup

Umumnya, tubuh membutuhkan waktu selama 8 jam untuk tidur. Minum teh herbal sebelum tidur dapat menurunkan tingkat stres kita. Untuk mendapatkan tidur yang lebih efektif, ada baiknya kita menjauhkan handphone atau laptop dari tempat tidur.

3.  Olahraga

Olahraga dapat melepaskan endorfin yang memberi kita energi secara alami pada tubuh kita. Selain itu, dengan berolahraga kita juga meningkatkan aliran adrenalin di tubuh kita sepanjang hari, sehingga memberikan kita mood yang baik dan memberi banyak energi.

4.  Tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat membuat kita kehilangan fokus dan mudah lelah. Konsumsilah air putih dengan cukup. Air putih juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut kita.

5.  Hindari mengonsumsi 'doping'

Semua hal yang dikonsumsi secara berlebihan bisa membahayakan tubuh kita. Terutama minuman beralkohol, kafein, tembakau dan minuman yang mengandung banyak gula. Zat-zat ini bersifat stimulan yang dapat memberi efek samping pada tubuh kita.

Mungkin awalnya kita berpikir kalau mengonsumsinya dapat mmembuat tubuh menerima banyak energi, tetapi hal itu hanya sementara karena setelahnya, tubuh akan menjadi terasa jauh lebih lelah.

Selain menjaga pola hidup, kita juga harus mulai menjaga kesehatan mental kita. Misalnya dengan pergi sejenak dan menghirup udara segar yang dapat menurunkan tingkat stres dan membuat kita menjadi lebih bersemangat.

Berpikir secara positif juga dapat membuat kita menjadi lebih nyaman dan berenergi. Mulailah dengan melakukan hobi kita seperti menyanyi, membaca, menari dan bermain alat musik. Tidak lupa untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat agar kita bisa mengembalikan semangat yang telah hilang selama bekerja.

Sebelum memulai hari, biasakan untuk meluangkan waktu untuk Tuhan dan mengucapkan syukur atas kebaikanNya. Dengan begitu, kita akan menjadi lebih siap dalam menghadapi hari. 

Sumber : steptohealth/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Banner Mitra Week 4


7195

advertise with us