Tergesa-gesa Bayar Uang Kuliah. Pengen Ngutang? Pelajari Hal Ini Dulu Baru Melangkah Ya!

Finance / 20 April 2018

Kalangan Sendiri

Tergesa-gesa Bayar Uang Kuliah. Pengen Ngutang? Pelajari Hal Ini Dulu Baru Melangkah Ya!

Naomii Simbolon Official Writer
2025

 

Ada banyak  anak-anak muda atau mahasiswa yang rela berhutang demi kuliah dan mendapatkan gelar, tetapi sayangnya mereka nggak mendapatkannya karena berhenti ditengah jalan. Hati-hati, jangan sampai meninggalkankuliah kamu dan nggak mendapatkan apa-apa dengan tumpukan hutang yang ada.

Jika kamu memang tidak bisa menabung dulu baru kuliah, setidaknya kamu berpikir ulang lagi untuk berhutang.

Tapi jika memang meminjam adalah jalan satu-satunya untuk jawaban masalah keuangan kamu dalam menyelesaikan kuliah kamu, kamu perlu mempelajari tentang masalah hutang ini terlebih dahulu, berhati-hatilah dan jangan tergesa-gesa :

Kenali pinjaman yang kamu lakukan sebagai siswa

Pinjaman KTA misalnya.  Pinjaman ini adalah pinjaman tanpa agunan, jadi kamu tidak perlu menjaminkan barang-barang atau harta kamu untuk mendapatkan uang. Pemerintah atau bank menjamin hal ini. Tapi jangan anggap bahwa kamu nggak membayar apapun ya. Kamu tetap harus bayar, dan jika kamu melarikan diri dari hutang ini, maka kamu akan di cari tanpa menunjukkan belas kasihan.

Saat ini kamu bisa meminjam uang mahasiswa di berbagai bank di Indonesia, contohnya bank BRI. Mereka memberikan kamu kemudahan untuk meminjam disana, you can do it!

Kamu juga harus mengenali bunga pinjaman. Bunga pinjaman adalah komisi atau sewa yang mengatakan bahwa kamu setuju membayar uang yang akan kamu pinjam. Kalau kamu punya pinjaman dengan tingkatan bunga 8 persen, setiap tahun  bank akan menambah 8 persen dari saldo terhutang kamu ke jumlah utang kamu. Kenali dan cari bank yang menawarkan bunga rendah.

Karena kamu harus tahu, kalau kamu nggak bisa membayar setiap bulannya, makan saldo pinjaman kamu semakin membesar.

Kenali apakah pinjaman kamu bersubsidi atau nggak.

Kalau bersubsidi kan lumayan, kamu nggak perlu bayar bunga pinjaman  yang besar banget karena  adanya subsidi dari pemerintah alias bank tersebut.

Konsekuensi apa yang akan kamu hadapi kalau kamu nggak bisa membayar hutang

Kalau kamu nggak bisa membayar selama 9 bulan atau pihak bank masih memberikan kesabaran, kamu nggak akan diragukan lagi dan kamu aman. Tapi kalau kamu nggak segera bayar setelah syarat dan waktu yang disepakati, maka kamu akan mendapat surat dunning yang jadi surat peringatan, mereka akan mencari kamu dan mengecek tentang kamu, setelah itu kalau masih belum membayar, kamu bisa-bisa dilaporkan ke biro kredit, dan ini akan berdampak buruk buat kamu. Kamu akan susah meminjam uang kedepan, membeli rumah secara kredit, bahkan menyewa apartemen di masa depan.

So, kamu harus tahu ini. Sebijak mungkin kamu harus bisa mengatur keuangan dan rutin membayar.

Memberi pinjaman adalah baik, tetapi meminjam uang kepada orang itu sangat buruk. Sebaiknya tunggu waktu Tuhan dan menabunglah dahulu jika ingin kuliah. Atau sedikit saran, jika dalam perjalanan kuliah kamu membutuhkan dana, carilah cara yang lebih kreatif dan terhormat di hadapan Tuhan, misalnya berjualan, kerja sampingan dan lain sebagainya.

Usahakan jangan sampai meminjam uang, karena itu fatal dan tidak baik! Semangat ya, percayalah bahwa dalam usaha yang kita lakukan, Tuhan akan buka jalan. Tetap beriman, Tuhan akan tolong dengan caraNya.                                  

Sumber : crosswalk/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami