Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
286


 

Ada banyak  anak-anak muda atau mahasiswa yang rela berhutang demi kuliah dan mendapatkan gelar, tetapi sayangnya mereka nggak mendapatkannya karena berhenti ditengah jalan. Hati-hati, jangan sampai meninggalkankuliah kamu dan nggak mendapatkan apa-apa dengan tumpukan hutang yang ada.

Jika kamu memang tidak bisa menabung dulu baru kuliah, setidaknya kamu berpikir ulang lagi untuk berhutang.

Tapi jika memang meminjam adalah jalan satu-satunya untuk jawaban masalah keuangan kamu dalam menyelesaikan kuliah kamu, kamu perlu mempelajari tentang masalah hutang ini terlebih dahulu, berhati-hatilah dan jangan tergesa-gesa :

Kenali pinjaman yang kamu lakukan sebagai siswa

Pinjaman KTA misalnya.  Pinjaman ini adalah pinjaman tanpa agunan, jadi kamu tidak perlu menjaminkan barang-barang atau harta kamu untuk mendapatkan uang. Pemerintah atau bank menjamin hal ini. Tapi jangan anggap bahwa kamu nggak membayar apapun ya. Kamu tetap harus bayar, dan jika kamu melarikan diri dari hutang ini, maka kamu akan di cari tanpa menunjukkan belas kasihan.

Saat ini kamu bisa meminjam uang mahasiswa di berbagai bank di Indonesia, contohnya bank BRI. Mereka memberikan kamu kemudahan untuk meminjam disana, you can do it!

Kamu juga harus mengenali bunga pinjaman. Bunga pinjaman adalah komisi atau sewa yang mengatakan bahwa kamu setuju membayar uang yang akan kamu pinjam. Kalau kamu punya pinjaman dengan tingkatan bunga 8 persen, setiap tahun  bank akan menambah 8 persen dari saldo terhutang kamu ke jumlah utang kamu. Kenali dan cari bank yang menawarkan bunga rendah.

Karena kamu harus tahu, kalau kamu nggak bisa membayar setiap bulannya, makan saldo pinjaman kamu semakin membesar.

Kenali apakah pinjaman kamu bersubsidi atau nggak.

Kalau bersubsidi kan lumayan, kamu nggak perlu bayar bunga pinjaman  yang besar banget karena  adanya subsidi dari pemerintah alias bank tersebut.

Konsekuensi apa yang akan kamu hadapi kalau kamu nggak bisa membayar hutang

Kalau kamu nggak bisa membayar selama 9 bulan atau pihak bank masih memberikan kesabaran, kamu nggak akan diragukan lagi dan kamu aman. Tapi kalau kamu nggak segera bayar setelah syarat dan waktu yang disepakati, maka kamu akan mendapat surat dunning yang jadi surat peringatan, mereka akan mencari kamu dan mengecek tentang kamu, setelah itu kalau masih belum membayar, kamu bisa-bisa dilaporkan ke biro kredit, dan ini akan berdampak buruk buat kamu. Kamu akan susah meminjam uang kedepan, membeli rumah secara kredit, bahkan menyewa apartemen di masa depan.

So, kamu harus tahu ini. Sebijak mungkin kamu harus bisa mengatur keuangan dan rutin membayar.

Memberi pinjaman adalah baik, tetapi meminjam uang kepada orang itu sangat buruk. Sebaiknya tunggu waktu Tuhan dan menabunglah dahulu jika ingin kuliah. Atau sedikit saran, jika dalam perjalanan kuliah kamu membutuhkan dana, carilah cara yang lebih kreatif dan terhormat di hadapan Tuhan, misalnya berjualan, kerja sampingan dan lain sebagainya.

Usahakan jangan sampai meminjam uang, karena itu fatal dan tidak baik! Semangat ya, percayalah bahwa dalam usaha yang kita lakukan, Tuhan akan buka jalan. Tetap beriman, Tuhan akan tolong dengan caraNya.                                  

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7188

advertise with us