Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
563


Mendidik anak merupakan tanggung jawab setiap orang tua, itu udah pasti!

Namun setiap orang tua, memiliki pola asuh dan cara mendidik anak yang berbeda. Tapi tentunya memiliki satu tujuan yang serupa, yaitu supaya anak bisa bertumbuh menjadi anak yang berguna dan jauh lebih baik. Mendidik anak juga bukan soal aturan, nggak berarti juga anak diperlakukan atau dibuat dengan sangat bebas.

Cuma, kenyataan yang sering terjadi di zaman now, adalah banyaknya orang tua kurang tepat dalam mendidik anak-anak, apalagi pas si anak sedang melakukan sebuah kesalahan. Pada fase pertumbuhan, ada kalanya anak akan bersikap hiperaktif dan melakukan sesuatu yang bikin kamu sebagai orang tua sangat kesal dan marah. Dan sering banget juga, pas anak bikin sebuah kesalahan, kamu dengan spontan langsung memarahinya bahkan nggak segan-segan langsung memberi hukuman.

Dalam situasi ini, orang tua kehilangan kebijakan dalam bertindak. Dikira tegas tapi caranya sangat salah. Tegas bukan berarti keras, mom!

Kalau anak ngelakuin sebuah kesalahan yang kamu nggak sukai., bukan berarti kamu memarahinya dengan teriak dan memukulnya dengan tujuan dia sadar akan kesalahannya. Cara itu justru akan bikin anak kamu tumbuh menjadi nakal, bahkan fatalnya menimbulkan sebuah kebencian dan sakit di hati mereka.

Nah, di bawah ini, ada beberapa cara yang tepat yang bisa kamu tiru untuk mendidik anak kamu pas dia ngelakuin sebuah kesalahan.

1. Beri anak kamu kesempatan untuk menjelaskan kesalahannya

Ketika anak kamu ngelakuin sebuah kesalahan, jangan buru-buru langsung memberikan dia hukuman tanpa tahu alasan kenapa dia sampai berbuat demikian. Cobalah untuk mendengarkan alasan dia lebih dulu. Yang pasti setiap perbuatan apapun, entah itu baik atau buruk, tentulah memiliki alasan tertentu. Dengan mengetahui kesalahan dan alasan sang anak, maka anak kamu bisa mengajarkan kepadanya gimana bersikap dengan baik di kelanjutan hari.

2. Setelah mendengar alasan sang anak, coba perbaiki kesalahan tersebut bersama

Meluruskan kesalahan anak dan memperbaiki yang salah tanpa harus memarahinya langsung merupakan cara mendidik yang tepat.

Jelaskan kesalahannya dengan kata-kata yang nggak menyinggung perasaannya agar si anak sadar, lalu bersama-sama memperbaiki kesalahan tersebut. Dengan demikian, anak mudah belajar dari kesalahannya.

3. Bersikap tegas ya mom!

Sekali lagi, tegas bukan berarti keras. Berteriak membentak dan memarahinya adalah tindakan yang menuruti emosi, sedangkan tegas dengan memberi peringatan kepada anak adalah cara yang tepat lemah lembut tanpa melukai hatinya. Bersikap tegas lebih efektif bikin anak kamu sadar akan kesalahannya sehingga ke depan  dia tidak mengulangi kesalahan lagi.

4. Beri hukuman yang mendidik

Sering banget hukuman dianggap sebagai cara yang ampuh untuk bikin anak kamu jera ngelakuin kesalahan.

Tetapi hukuman yang bersifat nggak mendidik, seperti memukulnya atau mengurungnya di tempat gelap hanya akan berdampak buruk bagi psikologisnya.

So, hindari hukuman fisik  yang berbau kekerasan. Bijaklah dalam memberi hukuman, jangan sampai karena kesalahan kecil yang anak kamu lakukan, hukuman yang kamu berikan menjadi terlalu berat.

Itulah 4 cara praktis yang tepat dalam mendidik anak yang wajib mama dan papa ketahui. Ajari mereka tanpa menghilangkan kasih Allah dalam cara kamu. Semangat!

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us