Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
456


Obat antibiotik yang biasa kita dapatkan di apotek bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh kita. Saat kita sakit dan diberikan antibiotik, normalnya bakteri akan mati karena obat tersebut. Namun pada beberapa kasus, sebagian bakteri akan bermutasi dan membentuk kekebalan terhadap antibiotik. Kemudian bakteri ini akan berkembang biak dan membentuk sebuah koloni bakteri yang resisten dan menular ke individu lain.

Antibiotik alami merupakan makanan atau tanaman obat yang mengandung zat atau bahan aktif tertentu yang memiliki efek positif pada tubuh. Biasanya, mereka akan meningkatkan regenerasi sel dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Bedanya dengan obat antibiotik konvensional yang dijual dipasaran adalah antibiotik alami tidak menghasilkan resistensi. Justru sebaliknya, antibiotik ini akan mengatasi penyakit secara alami, menjadikan tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit dan memiliki pertahanan dalam melawan kuman atau patogen.

Antibiotik alami bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit atau mengobati infeksi ringan. Dibawah ini merupakan 4 antibiotik alami yang bisa kita temukan di dapur.

1.  Bawang putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang sangat efektif untuk menyingkirkan kuman patogen tanpa merecoki bakteri baik. Hal ini karena bawang putih mengandung allicin dan senyawa lain yang baik bagi tubuh.

Kita bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengoleskannya pada kulit jika mengalami luka. Memang sih, sebagian orang tidak akan menyukai rasa dari bawang putih yang menyengat. Tetapi rasa tidak enaknya dari bawang putih sepadan dengan kebaikan yang ada pada bahan makanan ini, kok.

2.  Propolis dan madu

Selain madu, lebah juga menghasilkan senyawa lengket yang berwarna coklat-kehijauan yang disebut propolis. Propolis dipercaya sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Propolis merupakan salah satu antibiotik alami terbaik karena kaya akan minyak essential bio-flavonoids, vitamin dan asam amino. Untuk mendapatkan zat ini, lebah akan mengekstrak getah dari tunas pohon atau kulit kayu dan menggunakan untuk menutupi dan melindungi sarang.

Sebagai bahan antibiotik, madu memang tidak sebaik propolis. Tapi kita sudah mengetahu kalau madu kaya akan kebaikan bagi tubuh. Menggantikan gula dengan madu dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bugar.

Baca juga: Duh, Sering Banget Di-Skip, Padahal 7 Kebiasaan Ini Bikin Kita Lebih Sehat, Lho

3.  Lemon

Lemon kaya akan kandungan sitrat dengan sifat antibiotik yang bisa ditemukan pada seluruh pernukaan kulitnya. Untuk mendapatkan antibiotik ini, kita bisa membeli lemon organik, kemudian membersihkan, mengupas dan menyimpan kulitnya di dalam freezer. Kemudian konsumsi kulit lemon ini sedikit-sedikit dengan mencampurkannya dalam jus, salad, atau olahan makanan lain.

4.  Bawang bombay

Bawang bombay merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat mencegah dan mengobati penyakit pernapasan maupun mengatasi parasit yang ada dalam tubuh. Kandungan sulfur yang ada pada bawang bombay juga dapat membantu dalam membasmi racun secara alami dalam tubuh.

Ketika kita sakit, cobalah untuk mencoba pengobatan yang ada di diatas ini. Tetapi jika kita merasa kalau tubuh tidak kunjung lebih baik, kita bisa melanjutkan pengobatan dengan bantuan dokter. 

Sumber : steptohealth/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us