Inilah 3 Langkah Tepat Berdoa Untuk Orang Sakit

Inilah 3 Langkah Tepat Berdoa Untuk Orang Sakit

Lori Official Writer
38827

Sebagai orang Kristen , kita dipanggil untuk menjadi para penyembuh karena kita sudah disembuhkan dari segaal sakit penyakit oleh bilur-bilur Tuhan Yesus. Mujizat yang dilakukannya kepada orang kusta, orang lumpuh, dan yang kerasukan setan juga bisa kita lakukan kepada orang-orang yang mengalami penyakit serupa.

Doa penyembuhan adalah salah satu karunia yang diberikan Roh Kudus kepada orang percaya untuk menyatakan kuasa Allah di dunia. Di Alkitab kita bisa membaca bagaimana Yesus melakukan penyembuhan. Kadang dia melakukannya hanya dengan memakai ludahnya dan melumurinya dengan tanah, lalu menggosoknya ke mata orang buta. Dia juga mampu menyembhkan demam, memerintahkan roh-roh jahat keluar dari tubuh seseorang. Intinya, kita bisa melihat bahwa Yesus selalu melakukan cara yang berbeda saat menyembuhkan seseorang. Dia jarang sekali melakukan cara yang sama di sepanjang mujizat kesembuhannya.

Dalam Yohanes 5: 19, dikatakan kalau Yesus melakukan penyembuhan dengan cara Allah sendiri. Hal inilah yang membuktikan bahwa Yesus hanya melakukan penyembuhan dengan caranya Allah sendiri. Cara yang sama juga berlaku untuk kita lakukan. Karena orang yang akan kita doakan pasti berbeda-beda dan unik, kita pun perlu berdoa terlebih dahulu dan mendengar tuntunan Roh Kudus tentang cara apa yang harus kita lakukan untuk menyembuhkan orang yang kita layani.

Ada tiga langkah yang bisa kita lakukan untuk meniru model penyembuhan yang dilakukan Yesus diantaranya:

Langkah 1: Berdoalah secara spesifik

Kalau orang yang ingin kamu doakan menderita depresi, berdoalah secara spesifik tentang kondisi itu. Contoh doa untuk kasus ini misalnya :

“Tuhan, tolong sembuhkan dia dari depresi, dalam nama Yesus”

“Dalam nama Yesus, aku mengambil otoritas atas depresi dan semua kondisi kehidupannya yang menyebabkan depresi atas dia.”

“Aku perintahkan depresi untuk pergi dari tubuhnya, dalam nama Yesus.”

“Dalam nama Yesus, aku memberkati dia dengan damai, sukacita dan pengharapan.”

Biarkan Roh Kudus membimbingmu untuk berdoa secara spesifik. Kata-kata yang kita ucapkan, perintah yang kita sampaikan, dan tindakan otoriter yang kita ambil akan berkuasa jika hal itu berasal dari arahan Roh Kudus.

Langkah 2: Pekalah akan suara Roh Kudus

Satu-satunya kunci untuk bisa menerobos suatu penyakit adalah dengan benar-benar membiarkan Roh Kudus membimbingmu untuk membongkar akar penyakit yang terselubung di dalam diri seseorang. Walaupun mungkin kamu sudah berdoa untuk doa spesifik seperti di atas, besar kemungkinan Roh Kudus bisa menuntunmu merasakan hal yang lain dari penyakit tersebut. Walaupun kemungkinan doa ini tak secara langsung menyembuhkan kondisinya, tapi setidaknya penglihatan yang ditunjukkan oleh Roh Kudus akan berguna bagi penderita sakit untuk memeriksa kembali hal-hal tersembunyi yang selama ini tanpa disadari ternyata adalah sumber penyakitnya.

Langkah 3: Berdoalah supaya pelayanan penyembuhanmu berdampak besar bagi mereka yang didoakan

Mintalah ke Tuhan kemampuan untuk bisa mendoakan orang-orang sakit dan memberikan dampak besar pada hubungan mereka dengan Tuhan. Alkitab jelas menyampaikan bahwa kita adalah tubuh Kristus, dan kita masing-masing punya fungsi dan karunia yang berbeda-beda. Saat satu orang sakit, kita semua juga sakit (1 Korintus 12: 26). Ayat ini harus jadi inspirasi bagi kita untuk berdoa demi kesembuhan seseorang. Kalau dia yang sakit adalah orang yang tidak percaya, penyembuhan bisa saja jadi cara kita untuk membawanya kembali kepada Tuhan.

Inilah yang dilakukan Yesus dan juga gereja mula-mula.

Percayalah bahwa Tuhan mau kita dipakai untuk pekerjaan-Nya. Sekalipun kita merasa seperti Musa, yang tak cakap bicara, percayalah Tuhan akan memimpin melalui Roh Kudus-Nya.

Sumber : Cbn.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami