Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
549


Menerima orang terdekat sedang sakit bukanlah hal mudah. Bisa saja mereka adalah kakak, adik, sahabat, bahkan orang tua. Terutama jika sakit yang mereka derita bukanlah sakit biasa yang bisa sembuh dalam satu atau dua hari. Pun kita sering salah dalam bertindak saat menanggapinya. Mungkin kita terkejut, takut dan merasa kalau hidup ini tidak adil, tetapi kehadiran kita dapat menjadi motivasi bagi mereka. Mendukung mereka tidak sulit, kok. Kita bisa melakukan 4 hal dibawah ini.

1.  Katakanlah sesuatu

Mengetahui orang terdekat sedang mengidap penyakit yang cukup serius cukup membuat diri kita mulai dirasuki oleh pikiran yang negatif. Kemudian, kita menyikapinya dengan menghindar. Padahal, apa pun yang terjadi, satu atau dua patah kata yang bersifat mendorong dapat membuat perasaan orang yang sedang sakit merasa lebih baik. 

Ketika kita merasa bingung untuk apa yang harus dikatakan, cobalah untuk bertanya dan mendengarkan situasi yang dialami olehnya. Kalimat seperti "Aku tidak tahu apa yang harus dilakukan, tetapi aku sangat peduli padamu," atau "Aku pun kecewa dengan keadaan ini, tetapi percaya deh, aku bakalan melakukan yang terbaik sebisaku supaya bisa membantu kamu," dapat memberi dorongan secara moral kepada mereka.

Usahakan untuk tidak menjadi egois ketika mendapati orang terkasih dalam kondisi sakit. Hindari pernyataan-pernyataan yang mendominasi tentang kita dihadapannya. Dengan memberi kesempatan bicara, kita menunjukkan sikap empati dan peduli kepadanya.

2. Jangan biarkan mereka meminta sesuatu dari kita

"Kasih tahu aku kalau butuh apa-apa, ya," adalah sebuah kalimat yang paling sering kita lontarkan kepada mereka yang sedang sakit. Tetapi hal ini dapat membuat orang tersebut merasa tidak nyaman dengan kita. Jika kita ingin membantunya, cobalah untuk lebih peka terhadap situasinya tanpa menunggu dirinya untuk meminta.

3.  Tidak membandingkan kadar sakit yang dialaminya

Meskipun pekerjaan kita adalah seorang dokter atau pernah berada pada situasi yang sama, tetapi satu hal yang harus kita ingat adalah rasa sakit yang orang alami tidak selalu sama. Kebanyakan orang yang menderita penyakit tertentu sudah memiliki orang-orang ahli yang bisa merawat sakitnya.

Membanding-bandingkan rasa sakit yang dialami oleh orang terdekat kita dengan orang lain tidak membuat mereka menjadi lebih baik. Mungkin kita melihatnya seperti orang normal, tetapi siapa yang tahu kalau dibalik sikap normalnya, ia sebenarnya sedang menyembunyikan rasa sakitnya?

4.  Tidak mengasihani kondisinya

Beberapa orang mengubah sikapnya pada seseorang hanya karena dia mengetahui kalau orang tersebut sedang sakit. Padahal, mereka yang sedang mengidap penyakit tertentu juga ingin diperlakukan sebagaimana orang sehat lainnya.

Misalnya menonton tv, diajak jalan-jalan atau mengobrol dengan topik yang berada dari luar kondisinya. Bagi mereka, memiliki teman yang bisa membuatnya melupakan sejenak rasa sakit saat menghabiskan waktu bersama adalah sebuah hadiah yang tidak ternilai.

Ketika orang terdekat sedang bertarung dengan penyakitnya, selalu ingatkan kepada mereka untuk terus bertekun dalam doa. Begitu pula dengan kita. Selipkan selalu namanya dalam setiap doa. Kita percaya kalau tangan Tuhan adalah tabib yang ajaib. Percaya kalau ketika ada iman, maka segala kemustahilan akan dipatahkan dalam namaNya. 

Sumber : huffington/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth