Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
217


Ada banyak nilai penting yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita, tapi sih menurut saya, salah satu yang paling menantang untuk diajarkan adalah rasa hormat.

Sebenarnya, itu lebih dari sekedar mengajar anak-anak kita apa itu rasa hormat, tapi itu juga seperti melatih mereka untuk bersikap hormat, dan kadang disanalah masalahnya.

Sejak anak lahir, mereka memiliki fokus untuk makan, istrahat, dan fokus pada kenyamanan mereka sendiri. Lalu ketika mereka bertumbuh dan menjadi lebih sadar akan dunia, mereka mulai memahami dunia orang lain dan belajar banyak hal.

Pelajaran demi pelajaran yang mereka pernah pelajari dalam dunia ini, sudah tak lagi berfokus pada diri mereka, tapi pada orang lain.

Dan sebagai orangtua, kita tentu ingin mereka harus serius melakukan itu. Salah satunya terlepas dari rasa egois dan mulai menghormati orang lain.

Nah, dibawah ini ada 2 cara untuk mengajarkan rasa hormat kepada anak-anak kamu.

 

1. Gunakan bahasa yang hormat kepada mereka.

Pas keponakan saya lahir, dan belajar bicara, adik saya mengajarkan dia untuk menyebut kata "Bunda dan Ayah" sebagai bahasa cinta untuk kedua orangtuanya. Mereka mengajar anak mereka bahwa orangtua mereka nggak sama dengan orangtua lainnya.

Dari usia paling awal, ajarkanlah si kecil gimana untuk menghormati orang lain dengan menggunakan istilah yang tepat untuk mendefinisikan hubungan. Pas saya tumbuh dewasa, saya diajarkan oleh orangtua saya untuk memanggil "kakak" pada orang lain, walaupun kadang mereka belum tentu lebih dewasa daripada saya. Namun saya diajar untuk melakukan itu dengan tujuan untuk melatih saya agar bisa memperlakukan orang lain dengan hormat. So, kamu bisa ngelakuin hal yang sama ke mereka sejak sekarang!

 

2. Ajarkan anak-anak menaggapi segala sesuatu dengan benar.

Selama bertahun-tahun, saya mengira adikku Yuni seorang yang pemalu. Setiap kali seseorang main ke rumah, entah teman papa dan mama, atau teman gereja, dia selalu melarikan diri dan bersembunyi ke kamar atau ke belakang mama atau papa. Dia menolak menjawab pas ditanya , dan lalu mama dan papaku membujuknya untuk menjawab untuk mengucapkan salam atau terimakasih atau menjawab pertanyaan orang lain , tapi tetap nggak pernah berhasil.

Pada akhirnya, mama dan papa meminta maaf ke temennya dengan menggunakan alasan, "dia pemalu."

Di kutip dari Familylife.com, ternyata hal itu terjadi karena orangtua nggak pernah mengajari anak-anak gimana caranya merespon. Apakah kamu juga demikian.

Nah, setelah orangtua saya melatih Yuni untuk merespon dengan baik, misalnya menjawab orang yang berbicara, tersenyum dan memberi jawaban singkat "ya atau tidak" atau terima kasih, akhirnya Yuni bisa melakukannya .

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Ajarkan anakmu gimana caranya merespon dengan benar. Latih mereka dengan membawa mereka ke tempat-tempat ramai seperti gereja dan pesta, lalu nggak ada salahnya kamu beri dia hadiah jika dia berhasil menerapkan perilaku sopan dan hormat ke orang lain tadi.

Kamu akan terkejut melihat perubahan anakmu yang tadinya dikira pemalu menjadi anak yang aktif dan sopan. Mengajarkan mereka soal cara menanggapi orang lain, itu artinya mengajarkan mereka rasa hormat kepada orang lain.

Melatih anak-anak memang cukup melelahkan dan banyak pekerjaan, tetapi mengajarkan mereka untuk bersikap hormat dengan cara diatas akan membangun sebuah fondasi yang kuat untuk kehidupan atau pertumbuhannya yang akan datang.

Sumber : Familylife.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ganja 22 April 2018 - 18:45:08

unbk b ind 2018

0 Answer

Usman 22 April 2018 - 17:05:38

menurut jenisnya emulsi dapat dibedakan menjadi 2... more..

0 Answer

Adeirmanainggolan 21 April 2018 - 20:31:03

Kehamilan

0 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7412

advertise with us