Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
341


Dalam 1 Korintus 15:33, "Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik." Alkitab kembali mengingatkan kita untuk berada pada lingkungan dengan orang-orang yang tepat. Ketika kita mendapati ada orang-orang yang membawa kita pada kebiasaan buruk, memang awalnya akan sulit untuk dilakukan.

Teman yang kurang baik tidak hanya merusak kebiasaan yang baik, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan kita secara fisik maupun mental. Dilansir dari Huffingtonpost, 5 tipe teman seperti inilah yang harus kita jauhi dari keseharian kita.

1.  Tukang kritik


Seorang teman seharusnya memberikan kasiha dalam setiap waktu. Mereka juga seharusnya menjadi orang yang mendorong kita jika merasa sedang membutuhkan dukungan. Jadi, kenapa kita harus mempertahankan teman yang kerjaannya cuma kritik dan membuat diri kita semakin lebih buruk?

Kritik disini misalnya ketika mereka memberikan sebuah komentar kalau kita memiliki selera pakaian yang buruk, anak-anak kita tidak bersikap dengan baik, atau rumah yang kapal pecah setiap saat. Ketika kita mendapati sosok teman yang merasa kalau dirinya bertanggung jawab terhadap kehidupan yang seharusnya kita jalani, lebih baik kita mulai melepaskannya.

Diri kita sendiri sudah cukup kritis terhadap kehidupan keseharian kita, kok. Kita sudah tahu mana yang baik dan buruk. Jangan sampai sikap kritik yang mereka lontarkan membuat kita selalu tidak nyaman saat menghabiskan waktu bersamanya.

2.  Suka manfaatin


Teman jenis ini akan memonopoli setiap pembicaraan. Mereka akan datang kepada kita jika merasa memerlukan sesuatu dari kita. Mereka adalah orang yang selalu memikirkan mengenai dirinya sendiri dan tidak begitu peduli terhadap kehidupan kita.

Hubungan yang baik harus memberikan timbal balik yang seimbang dari masing-masing pihak. Jika mereka memaksa kita untuk bertemu tanpa peduli terhadap masalah yang kita hadapi, maka bisa dipastikan kalau mereka bukanlah teman yang baik.

Seorang teman yang baik akan berbagi mengenai kehidupannya sekaligus menanyakan bagaimana kehidupan kita. Waktu adalah harta yang paling berharga, maka gunakanlah dengan berkumpul dengan orang-orang yang tepat.

3.  Tukang protes


Bagi teman dengan tipe seperti ini, rasanya tidak ada hal yang benar di mata mereka. Mereka selalu punya sesuatu untuk dikomentari. Sikapnya selalu tentang, 'Ini  lho aku yang benar.' Tentu saja, berteman dengan orang yang punya kepribadian ini akan menghabiskan banyak energi. Bagi mereka, tidak ada hal yang patut disyukuri dalam kehidupan ini.

Mereka membuat kita merasa tidak ingin berbagi kabar gembira kepadanya, karena hal tersebut hanya akan membuat mereka semakin protes terhadap kehidupannya. Kehidupan yang sedang dijalani ini sangatlah tidak adil buat mereka. Menghabiskan waktu bersama mereka hanya akan membuat kita juga tidak bisa mensyukuri apa yang telah kita miliki.

Baca juga: Nggak Banyak Yang Tahu, Inilah Alasan Kenapa Orang Lebih Memilih Berteman di Dunia Maya

4.  Si pembuat onar

Kita pasti punya teman yang memiliki sikap pemberontak. Mereka selalu memaksa kita untuk melakukan sesuatu yang seharusnya tidak kita lakukan. Teman jenis ini adalah teman yang tidak disenangi oleh orang tua kita.

Seiring bertambahnya usia, kita jadi semakin bijak dan dewasa, tentu saja kita menginginkan kehidupan yang damai dan tenang tanpa ada orang-orang yang selalu mempengaruhi kita dengan perbuatan yang buruk. Teman yang baik tidak akan pernah memaksa kita untuk melakukan sesuatu yang membuat kita tidak nyaman.

5.  Tukang gosip


Hubungan yang baik juga didasari oleh rasa percaya satu sama lain. Seharusnya, kita tidak lagi perlu khawatir kalau rahasia yang kita ceritakan pada teman tersebut tersebar. Hati-hatilah kalau kita punya teman yang 'ember'.

Cirinya teman yang seperti ini adalah ketika mereka selalu menceritakan keburukan orang lain kepada kita. Dengan begitu, maka kemungkinan juga mereka akan menceritakan keburukan kita pada orang lain.

Teman adalah pribadi yang bisa membuat kita menjadi lebih nyaman. Mungkin sudah saatnya kita kembali memilah dan memilih mana orang yang pantas untuk bersama-sama dengan kita. Jujurlah pada diri sendiri mana teman yang baik bagi diri kita sendiri. Teman yang baik selalu membuat diri kita menjadi semakin lebih baik.

Sumber : huffington/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ganja 22 April 2018 - 18:45:08

unbk b ind 2018

0 Answer

Usman 22 April 2018 - 17:05:38

menurut jenisnya emulsi dapat dibedakan menjadi 2... more..

0 Answer

Adeirmanainggolan 21 April 2018 - 20:31:03

Kehamilan

0 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7412

advertise with us