Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
611


Biasanya, pengiringan pujian bagi gereja Katolik sangat identik dengan organ klasik dan paduan suara. Kali ini, Gereja St. Markus, Desa Ngandagan, Kecamatan Pituruh, Kabupate Purworejo mengadakan misa Paskah dengan diiringi rebana dan gamelan selayaknya musik kasidah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kasidah bermakna sebuah bentuk puisi yang berasal dari kesusastraan Arab, bersifat pujaan (satire, keagamaan), biasanya dinyanyikan (dilagukan).

"Secara notasi musikal memang berbeda dengan selawat yang terdengar di musala, tapi kami menyebutnya selawatan Katolik. Kalau selawat Nabi kan memuji kemuliaan Nabi Muhammad SAW. Nah, ini juga memuji kemuliaan Yesus," ucap Romo Widyo dalam wawancaranya bersama Liputan6 Selasa, 3 April kemarin.

Baca juga: Perayaan Paskah Kaya Akan Toleransi dan Kebersamaan, Inilah Cuplikan Pawai Obor Di Sentani

Toleransi bisa dimaknai dengan wujud apa pun. Romo Widyo kemudian merespon keinginan warga untuk mengakomodasi tradisi toleransi yang sudah ada sejak zaman kuno dengan pemakaian rebana sebagai musik pengiring. Menurutnya, hakikat musik adalah universal. Apalagi alat musik, tidak ada agama bagi alat musik.

"Memang biasanya gereja Katolik identik dengan organ klasik dan paduan suara model gregorian. Lah Kalau di Jawa ada samroh, ada selawat yang bisa kita manfaatkan sebagai bentuk penghormatan budaya, kenapa tidak?" Jelas Romo Widyo.

Kasidah memang sangat diidentikkan sebagai nyanyian puji-pujian untuk kaum Muslim. "Karena nada itu universal, irama, tone, timbre dan semua yang berakrab dengan musik itu netral, maka saya mencoba membumikan makna kasidah dari KBBI," katanya.

Romo Widyo mengatakan kalau toleransi dan kerukunan bisa terjadi kalau saling mengenal dan memahami.

Tahun Ini, perayaan Paskah di Gereja St Markus Pituruh bertemakan membentuk komunitas yang solider. Dengan ini, jemaat diajak untuk kembali merenung dan meneliti perilaku seputar saling percaya, saling mendukung dan saling menolong.

 

Sumber : Liputan6

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rfalcreate 21 February 2019 - 23:05:19

anak muda

0 Answer

rfalcreate 21 February 2019 - 23:03:08

irihati

0 Answer

Wendry Alguerro 21 February 2019 - 00:27:41

Bagaimana melunasi hutang

0 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7239

advertise with us