Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
320


Apa sih kecenderungan sifat yang dimiliki oleh manusia? Sering menutupi kesalahan dengan menyalahkan orang lain. Kalau bahasa kerennya, sifat ini disebut sebagai play as a victim atau berperan sebagai korban.

Berapa diantara kita pernah menyalahkan adik atau kakak saat merusakkan sebuah benda berharga dalam rumah? Atau pernahkah kita mulai menyalahkan orang lain atas kesalahan yang terjadi di kantor? Layaknya makan makanan basi, sikap ini hanya akan membuat keadaan kita semakin buruk dari waktu ke waktu.

Secara garis besar, orang yang suka playing victim percaya kalau mereka adalah seorang korban, sehingga menyalahkan orang lain untuk setiap kesalahan yang dibuatnya. Kalau dibiarkan, sikap ini nggak cuma bikin orang lain merasa bersalah pada kita, tetapi juga menandakan sikap yang tidak dewasa dalam diri kita.

Mungkin sebagian dari kita mulai menggeleng dan merasa kalau diri kita bukanlah salah satu orang yang punya sikap seperti ini. Dibawah ini merupakan ciri-ciri sekaligus bagaimana kalau tanpa disadari ternyata kita juga suka mengambil sikap berperan sebagai korban atau playing victim.

1.  Sering menghakimi dan menyalahkan orang lain

Seperti yang sudah dibahas sedikit diatas, mereka yang punya sikap ini cenderung menyalahkan orang lain. Buat orang yang punya sikap ini, hal yang paling penting adalah untuk mengetahui siapa yang salah dan nggak salah saat berhadapan dengan sebuah masalah. Siapa pun yang ditetapkan sebagai pihak yang bersalah harus meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Padahal, kita tidak membutuhkan sebuah penghakiman atau tanggung jawab ketika menghadapi suatu masalah. Pada kondisi seperti itu, tidak ada salahnya kok meminta maaf duluan. Dengan begitu, kita bisa memancing orang lain untuk sama-sama melakukan introspeksi diri.

Baca juga: Sibuk Itu Alasan Klise, Klo Si Doi Penting Pasti Kamu Jadikan Prioritas, Ini 4 Triknya

2.  Sulit untuk bersikap tegas dan selalu merasa lemah

Mereka yang percaya kalau dirinya adalah seorang korban tidak benar-benar percaya kalau mereka dapat mengendalikan hidup mereka. Mereka juga sering menunjukkan kalau dirinya tidak berdaya. Setiap kesalahan yang ia perbuat cenderung akan ditutupi dengan menyalahkan orang lain dan menempatkan dirinya sebagai pihak yang membutuhkan pertolongan.

Menyalahkan orang lain atas masalah yang terjadi merupakan salah satu bentuk penolakan terhadap perasaan kita. Kita meyakini kalau pengakuan bersalah dari orang lain akan membuat perasaan kita menjadi lebih lega. Untuk bisa keluar dari perasaan ini, kita harus mengekspresikan sikap kecewa dari sudut pandang kita dengan pikiran terbuka.

3.  Tidak bisa memegang tanggung jawab

Sikap ini membuat seseorang sulit menerima kalau mereka juga ikut andil dalam kesalahan dan harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Bukannya berperan sebagai penanggung jawab, kita justru menuding kalau seseorang telah melakukan kesalahan dan kita juga telah sama-sama dikecewakan.

Setiap keadaan, situasi atau peristiwa tertentu membentuk kita sebagai pribadi yang semakin dewasa. Tuhan mengatakan untuk setia pada perkara kecil, sehingga perkara yang lebih besar akan disediakan bagi kita. Disini, bertanggung jawab merupakan salah satu bentuk kalau kita telah setia pada hal yang kecil. Kesalahan yang kita lakukan saat ini dapat membantu kita untuk menghindari situasi serupa di masa depan.

Sikap playing victim ini membuat orang lain merasa bersalah dan tidak enak terhadap kita. Inilah mengapa mereka akan menjauhi kita karena menimbulkan sikap tidak nyaman. Menyalahkan orang lain bukanlah sebuah opsi untuk menutupi kesalahan diri sendiri. Ketika kita mendapati diri kita salah, maka ambillah peran tanggung jawab. Karena begitulah sikap dewasa kita bisa terus bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hen Che 24 April 2018 - 15:36:37

Cara pengosongan diri seperti di Alkitab

0 Answer

Arale 24 April 2018 - 14:55:03

Saya menyukai seseorang

0 Answer

Lay Chow 23 April 2018 - 20:19:58

Bolehkah qt cerai

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7412

Imago