Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
336


Untuk menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia dan sejahtera, kamu perlu meningkatkan hubungan kamu dengan pasangan dengan lebih baik. Pernikahan yang sehat sangat penting banget untuk kesejahteraan dan damai sejahtera seseorang, dan itulah mengapa penting banget kamu dan pasangan saling memahami satu sama lain.

Pernikahan sangat tergantung pada kejujuran, cinta dan kasih dan yang paling penting adalah komunikasi. Walaupun kebenarannya bahwa komunikasi sering diabaikan oleh banyak orang, tapi kamu wajib tahu bahwa ini adalah komponen terpenting dalam kehidupan pernikahan.

Baik komunikasi dengan verbal ataupun nonverbal, yang jelas dalam pernikahan sangat diperlukan komunikasi, mulai dari komunikasi pikiran, emosi, atau ide kamu satu sama lain dan saling memahami lebih dalam dan intim.

Komunikasi nggak terbatas hanya pada komunikasi verbal saja, kehidupan pernikahan yang sukses mengharuskan kamu dan pasangan kamu untuk bisa berkomunikasi secara nonverbal juga. Komunikasi nonverbal mencakup ekspresi wajah kamu dan bahasa tubuh kamu. Dengan membangun komunikasi yang jujur, kamu dan pasangan akan semakin mudah untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi satu sama lain.  

Nah, dibawah ini ada beberapa cara yang kamu bisa lakukan sebagai tanda bahwa kamu berkomunikasi secara positif dengan pasangan kamu.

1. Dorong satu sama lain

Kamu harus memahami bahwa untuk hubungan yang sehat,kamu harus mendorong satu sama yang lain daripada saling mengkritik dalam setiap kesempatan yang kamu dapatkan.

Bentuk komunikasi positif ini mengharuskan kamu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut; bersikap lembut satu dengan yang lain, mendengarkan dengan penuh perhatian satu sama yang lain.

 

Dengan mendorong satu sama lain, kamu sedang menumbuhkan hubungan kamu . Kata-kata dan gerak-gerik dorongan akan membantu membangkitkan perasaan bahwa ada seseorang yang percaya pada kamu.

Pahamilah bahwa ada perbedaan besar antara memuji satu sama lain dan mendorong satu sama lain.

Untuk mendapat pujian, kamu harus menunjukkan sesuatu yang layak dipuji, sedangkan kata-kata dorongan diberikan secara bebas sebagai bentuk dukungan.

 

2. Memahami bahasa tubuh masing-masing

Kamu harus memahami isyarat emosional yang ditunjukkan oleh pasangan kamu. Perhatikan bahasa tubuhnya, nadanya ketika bicara, lihat apakah pasangan kamu melakukan kontak mata atau nggak. Kalau kamu memperhatikan bahwa pasangan kamu tampaknya sedikit nggak nyaman atau rentan maka berikan dia perhatian lebih. Jangan terlalu keras, sebaliknya kamu harus fokus membiarkan mereka tahu bahwa kamu ada untuk mereka saat mereka membutuhkanmu.

3. Biarkan pasangan kamu tahu bahwa komunikasi itu penting.

Ingatlah bahwa nggak ada pernikahan yang sempurna. Dan pastinya akan ada jalan untuk memperbaiki sebuah pernikahan. Jadi untuk menjalani pernikahan yang sukses, kamu  perlu mengevaluasi masalah komunikasi dan memperhatikannya.

Kamu harus memberi tahu pasangan kamu bahwa pendapat dan perasaannya sangat penting bagimu. Pastikan juga ketika kamu berbicara dengan pasangan kamu, kamu melakukan kontak mata dengan mereka untuk memberi tahu bahwa kamu menghargai perasaan dan pikiran pasangan kamu.

Perhatikan ketika pasangan kamu berbicara dengan kamu dan dengarkan mereka sedemikian rupa agar mereka tahu bahwa mereka didengar. Kamu bisa menunjukkan perhatian dengan meninggalkan apa pun yang kamu lakukan untuk fokus pada apa yang pasanganmu bicarakan. Atau kamu dapat menunjukkan perhatian kamu dengan mengulangi apa yang dikatakan pasangan kamu dalam kata-katamu sendiri untuk menunjukkan bahwa kamu memahami apa yang dia katakan padamu.

4. Biarkan mereka tahu bahwa kamu menghargai kontribusi yang mereka berikan

Pernikahan adalah hubungan yang sangat tergantung pada cinta dan kasih sayang terhadap satu sama lain. Kamu nggak perlu selalu melakukan gerakan signifikan untuk menunjukkan penghargaan kamu terhadap pasangan kamu, alih-alih melakukan sesuatu yang kecil justru akan membuat hubungan kalian semakin kuat.

Biarkan pasangan kamu tahu bahwa kamu memperhatikan dan menghargai apapun yang mereka lakukan. Kasih tunjuk bahwa kamu sangat mencintai dan memperhatikan pasangan kamu.

Nah itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan sebuah hubungan yang baik dalam pernikahan. Komunikasi sangat perlu dalam pernikahan, sehingga kamu perlu melakukan cara diatas untuk memulainya.

Sumber : berbagai sumber/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ganja 22 April 2018 - 18:45:08

unbk b ind 2018

0 Answer

Usman 22 April 2018 - 17:05:38

menurut jenisnya emulsi dapat dibedakan menjadi 2... more..

0 Answer

Adeirmanainggolan 21 April 2018 - 20:31:03

Kehamilan

0 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7412

advertise with us