Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
394


Sebagian orang memilih untuk memendam permasalahannya dengan tidak menceritakannya pada orang lain. Curhat atau curahan hati adalah salah satu kegiatan seseorang untuk mengutarakan perasaannya pada orang lain.

Bagi seseorang yang memilih untuk tidak curhat, alasannya bisa bermacam-macam. Ada yang merasa kalau dirinya tidak memiliki teman yang cocok untuk diajak curhat sampai takut terlihat lemah karena tidak bisa menangani masalah sampai membutuhkan orang lain. Sebagai manusia, kita akan selalu bergumul dengan masalah.

Ada saatnya dimana kita akan merasa kalau masalah yang dihadapi ini melampaui kapasitas bagi kita untuk menanganinya sendirian. Curhat bukan selalu pertanda kalau kita lemah, kok. Ada saatnya kita terbuka dengan orang lain dengan bercerita mengenai pergumulan yang sedang dihadapi.

1. Menimbulkan perasaan lega buat kita


Ketika berhasil menceritakan masalah yang sedang dihadapi kepada seseorang, kita akan merasa sedikit lega karena merasa kalau ada orang yang bisa diajak berbagi. Ibarat sebuah gunung api yang siap meledak, kita tidak pernah tahu kapan perasaan atau emosi kita akan meledak karena merasa tidak kuat terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Akibatnya? Depresi hingga gangguan kesehatan secara fisik maupun mental. Curhat itu baik kok, bisa jadi dengan curhat, kita bisa melepas sedikit energi negatif yang membelenggu otak kita.

2. Dapat membantu menemukan titik terang dari masalah yang sedang kita hadapi


Curhat akan membukakan sebuah sudut pandang yang baru, sehingga kita bisa melihat dari kacamata yang berbeda. Tentu saja hal ini tidak akan kita dapatkan kalau kita memilih memendamnya sendirian. Curhat sebenarnya tidak hanya sekedar sharing, namun juga mencari solusi. Inilah sebabnya kita perlu menemukan teman curhat yang tepat. Ketika memutuskan untuk mencurahkan isi hati kita, lakukanlah dengan tujuan untuk menemukan solusi, tidak hanya sekedar sharing.

3. Membuat kita merasa tidak sendirian


Terlalu fokus pada masalah membuat kita selalu merasa sendirian. Kita sampai lupa kalau ada sosok Tuhan Yesus yang siap menjadi seorang sahabat dimana pun, kapan pun. Dalam menghadapi sebuah pergumulan, bawalah masalah tersebut dalam doa dan minta pimpinan Roh Kudus agar kita bisa menghadapi pergumulan tersebut sesuai dengan kehendak Tuhan.

Seberat apa pun masalah atau pergumulan yang sedang dihadapi, Tuhan telah memberikan kita berkat berupa saudara-saudara terkasih di dalamNya. Tuhan menyampaikan jawaban atas setiap masalah yang kita hadapi tidak selalu secara langsung, bisa jadi melalui perantara sahabat maupun keluarga melalui perkataan mereka.

Jika saat ini kamu merasa sedang menanggung beban yang sangat berat, sahabat24 siap untuk mendengar semua curhatan melalui sms 0817 0300 5566, telepon 1-500-224/0811 9914 240 atau chat live disini.

Sumber : gogirl/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hen Che 24 April 2018 - 15:36:37

Cara pengosongan diri seperti di Alkitab

0 Answer

Arale 24 April 2018 - 14:55:03

Saya menyukai seseorang

0 Answer

Lay Chow 23 April 2018 - 20:19:58

Bolehkah qt cerai

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week 4


7412

Imago