Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
718


Untuk menjalankan fungsi metabolisme, seluruh organ tubuh manusia memerlukan air. Tinggal di negara tropis membuat orang Indonesia menggemari minum air dingin atau air es. Cuaca yang panas bisa menjadi salah satu pemicunya. Padahal, bila dikonsumsi secara berlebihan, air dingin bisa menimbulkan efek kesehatan yang lebih lanjut. berikut adalah lima hal kenapa ada baiknya kita menghindari air dingin.

1.  Mengurangi fungsi pencernaan

Air dingin lambat diserap sehabis makan. Faktanya, air dingin sangat baik untuk memulihkan energi tubuh karena mudah diserap oleh lambung dan usus. Namun jika kita meminumnya sehabis makan, maka air dingin dapat menghambat kecepatan sistem metabolisme karena lambat dalam penyerapan makanan. Jika dibiarkan terus menerus, maka air dingin dapat membuat lemak menumpuk di bagian perut. Ada banyak orang memilih tidak mengonsumsi air dingin karena hal ini.

2.  Mengurangi asupan nutrisi

Air merupakan komponen penting untuk mengalirkan darah, oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Suhu normal pada tubuh manusia ada pada angka 37 derajat celcius. Ketika kita meminum air dingin, otomatis tubuh akan berusaha agar tubuh berada pada suhu normal dengan membakar energi. Karena lambat dalam menyerap makanan, tubuh juga mengalami pengurangan asupan nutrisi.

3.  Memicu radang tenggorokan

Ketika minum air dingin, tubuh secara otomatis akan menyesuaikan suhu makanna yang masuk dalam sistem pencernaan. Jadi, sebenarnya air dingin tidak menyebabkan tenggorokan kita menjadi radang. Tetapi, perlu diperhatikan mengenai kebersihan air yang akan kita konsumsi. Jika air dingin yang kita konsumsi mengandung bakteri atau virus dan tidak jelas mengenai kebersihan, besar kemungkinan kita bisa mengalami radang tenggorokan.

4.  Memperlambat denyut jantung

Kita tahu kalau jantung berperan memompa darah ke seluruh tubuh. Air dingin baik jika kita konsumsi setelah berolah raga atau kegiatan yang membuat denyut jantung tinggi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi air dingin dapat berpengaruh pada saraf vagus yang berfungsi untuk mengontrol seluruh aktifitas bawah sadar tubuh seperti detak jantung.

5.  Dapat memicu sakit kepala

Ada beberapa orang yang mengalami sakit kepala setelah beberapa detik mengonsumsi air dingin. Meskipun reaksinya sangat cepat, namun perasaan yang ditimbulkan memang membuat tubuh tidak nyaman. Menurut hasil studi sementara dari universitas Harvard, sakit kepala ini terjadi karena peningkatan aliran darah yang cepat dari pembuluh darah utama ke otak.

Penting bagi kita untuk memilih minuman atau makanan yang terjaga kebersihannya. Ada baiknya kita menghindari air dingin ketika sedang sakit atau kelelahan. Hal ini dapat memicu tubuh untuk mengalami sakit seperti batuk, flu, demam atau sakit lainnya.

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 2


7230

advertise with us