Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
604


Kebebasan berpendapat merupakan privilege atau hak istimewa kita yang hidup di jaman now. Pasalnya, kebebasan berpendapat sudah dimuat dan dilindungi dalam UUD '45. Sayangnya, tidak semua orang bijak dalam menggunakan hak ini.

Buktinya, ada banyak orang yang menyatakan dirinya di bully, bahkan hingga berujung untuk memutuskan bunuh diri. Kebebasan pendapatan membawa kita berbuat seenaknya tanpa berpikir mengenai dampak perkataan ini kepada orang yang kita tuju.

Seharusnya, kita bisa berbuat jauh lebih banyak kebaikan dengan menyebarkan kata-kata positif. Kalaupun memilih berpendapat, seharusnya kita mengatakan hal-hal yang bersifat kritis dengan mempertanyakan kebenaran dan mengoreksi apa yang salah.

Pengertian dan perbedaan sinis dan kritis

Ketika kita bersikap kritis namun tidak memiliki tujuan untuk membangun, mempertanyakan kebenaran atau mengoreksi, maka sikap tersebut bukan lagi kritis, melainkan sinis. Dalam KBBI, sinis berarti sifat mengejek atau memandang rendah. Sementara kritis diartikan sebagai sikap yang tidak mudah percaya.

Sama-sama mempertanyakan sesuatu, tidak mudah percaya atas sesuatu hal merupakan pengertian dari sikap kritis maupun sinis. Bedanya, kalau sinis cenderung menjatuhkan seseorang dengan alasan kebencian. Psychology today mengatakan kalau sikap sinis merupakan cara seseorang mempertahankan diri karena tidak ingin disakiti oleh orang lain.

Kadang, ketika seseorang berlaku sinis, ia akan terlihat cerdas, namun ia menggunakannya untuk menyerang orang. Sementara kritis merupakan sikap membangun karena dicetuskan berdasarkan fakta, alasan maupun etika.

Sebagai orang percaya, Tuhan mau kita menggunakan perkataan yang baik dan membangun, dalam Efesus 4:29, “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

Biar tidak salah kaprah, yuk cerminkan kasih dengan bersikap kritis yang membangun dengan lima cara ini.

1. Tidak menghakimi


Kita semua pasti tahu kalau menghakimi bukanlah perbuatan yang baik. Orang kritis akan mengatakan sesuatu karena ia mengetahui kebenarannya, bukan karena pengin dilihat pintar dengan komentarnya. Jadi, pastikan kalau apa yang kita katakan ini memang positif dan benar adanya. Lebih baik diam daripada menyebarkan kebohongan, bukan?

2. Tidak mengetahui sesuatu hal tidak ada salahnya, kok


Orang sinis biasanya pengin selalu kelihatan pintar dalam segala hal. Tuhan telah memberikan kita hikmat kepintaran, tetapi hal ini tidak lantas membuat kita merasa mengetahui segalanya. Contoh yang biasa kita temukan sehari-hari adalah ketika ada berita yang sedang hits, kita langsung ikut komen tanpa mengetahui kebenarannya. Padahal, sudah sepantasnya kita hanya memberikan informasi yang benar dan positif, bukan karena sikap sok tahu dan pengin ikut hits semata.

3. Memiliki pikiran yang luas


Tidak semua yang kita yakini itu benar. Untuk inilah Rasul Paulus mengatakan kita untuk terus memperbaharui akal budi kita. Daripada harus berasumsi yang belum tentu kebenarannya atau dengan mudahnya menarik kesimpulan baik atau buruk, lebih baik kita mencari apa yang baik dan benar, kemudian baru deh kita bisa mengatakan atau menyebarkannya.

Baca: Sesekali, Kita Perlu Puasa Sosial Media, Jadikan 5 Keuntungan Ini Sebagai Pertimbangannya

4. Tidak semua orang itu buruk, kok


Sikap sinis ada karena seseorang merasa tersaingi, kalah pintar, atau sebagai bentuk perlindungan diri agar dirinya nampak benar di mata orang lain. Tuhan mau kita menyebarkan kasih terhadap sesama. Salah satunya adalah dengan berbuat dan bertutur kata dengan baik dan bijak.

Kebebasan berbicara tidak berarti kita bebas mengemukakan pendapat tanpa pertimbangan suatu apa pun. Cara kita mengemukakan pendapat mengenai sesuatu juga menunjukkan siapa kita. So, pastikan kalau apa yang kita sampaikan itu bertujuan positif dan bersifat membangun, ya.

Sumber : gogirl/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Heri Sinuhaji 19 April 2018 - 22:18:43

Adam dan hawa

0 Answer

Barda Simatupang 10 April 2018 - 22:15:21

Korban bakaran

1 Answer

Maria Francisca 9 April 2018 - 21:46:27

Syallom, saya ingin share dan semoga berkenan di r.. more..

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week  3


7412

advertise with us