Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1317


Bagi anak-anak pada umumnya, hari Minggu sudah seharusnya dihabiskan dengan jalan-jalan, istirahat atau piknik ke suatu tempat yang menyenangkan. Tapi orangtua Kristen justru melakukan hal sebaliknya yaitu menghabiskan Minggu dengan beribadah dan mengantarkan anak-anaknya ke sekolah minggu.

Sekolah minggu seolah sesuatu yang wajib diikuti anak-anak Kristen bahkan saat mereka masih balita. Kenapa sekolah minggu seolah seperti kewajiban bagi anak-anak kita? Kenapa mereka nggak bermain saja atau pergi piknik, berekreasi dan bahagia tanpa harus diwajibkan mendengar khotbah dan memuji Tuhan di ibadah Minggu?

Buat kamu yang suka berpikir soal hal ini, orangtua perlu tahu kalau sekolah minggu rupanya berperan penting bagi anak-anak loh, diantaranya mereka bisa:

1. Mengenal Pribadi Tuhan Lebih Dekat


Alasan paling penting bagi anak-anak ikut sekolah Minggu adalah supaya mereka bisa belajar tentang pribadi Tuhan. Karena sekolah Minggu nggak beda sama ibadah orang dewasa kog. Cuma yang membedakan adalah cara pengajarannya yang harus disesuaikan dengan usia mereka. Misalnya, guru sekolah Minggu harus bisa menceritakan kisah di Alkitab dengan versi anak-anaknya, entah itu dengan versi dongeng atau permainan, kuis dan hal-hal yang lebih fun.

Baca Juga : Waktu di Gereja, Kenapa Sih Anak Harus Ibadah Terpisah dengan Orang Dewasa?

2. Mengembangkan Kebiasaan


Kita percaya kalau setiap kita ditempatkan Tuhan bukan secara kebetulan sebagai seorang Kristen. Begitu juga dengan anak-anak kita. Nah, sekolah Minggu adalah tempat dimana anak-anak bisa diperkenalkan dengan kebiasaan beribadah dengan Tuhan. Tentunya bukan cuma duduk dan mendengar saja, tapi di sekolah Minggu anak dimungkinkan untuk terlibat aktif melakukan apa yang harusnya dia lakukan untuk Tuhan. Misalnya, menganggap ibadah minggu itu penting sehingga setiap Minggu dia nggak perlu dipaksa untuk sekolah Minggu. Atau dalam hal lainnya, anak bisa dilatih untuk berdoa dengan cara yang benar dan mencintai Tuhan karena cerita-cerita Alkitab yang mereka dengar.

3. Anak Bisa Bersosialisasi Dengan Anak Lainnya


Selain di sekolah, gereja adalah tempat lain bagi anak bisa menemukan teman-teman baru. Apalagi masing-masing anak ikut sekolah Minggu untuk tujuan yang sama yaitu untuk mengenal Tuhan lebih dekat. Dengan tujuan itulah, anak-anak bisa sama-sama saling bertumbuh dan membuat mereka semakin akrab satu sama lain.

4. Anak Bisa Mendapat Mentor yang Menyayangi Mereka


Setiap gereja tentu saja punya kriteria tertentu untuk memilih seorang mentor atau guru sekolah Minggu. Kriteria yang paling utama pastinya adalah passionate sama anak-anak dan rindu untuk mengajar anak bisa mengenal Tuhan dan tumbuh jadi anak yang takut akan Tuhan. Nah, dengan mentor atau guru sekolah Minggu seperti ini anak akan banyak belajar nilai-nilai yang benar untuk hidupnya. Bukan cuma membuat mereka mengenal Tuhan, tapi juga membuat karakternya diubahkan dari anak yang mungkin awalnya nakal atau keras kepala akhirnya jadi anak yang baik dan lemah lembut.

Sekolah Minggu di gereja adalah tempat kedua bagi orangtua yang bisa dipercaya untuk membimbing anak-anaknya tumbuh jadi pribadi yang Tuhan kehendaki. Meskipun waktunya mungkin nggak lebih dari dua jam setiap Minggu, tapi waktu yang singkat itu pasti akan sangat berdampak besar buat anak.

Jadi, buat kalian para orangtua yang punya bayi, balita atau anak remaja teruslah dorong anak-anakmu untuk ikut sekolah Minggu. Yakinkan mereka kalau momen ibadah ini penting buat hidup mereka.

Sumber : CT/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 2


7230

advertise with us