Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
693


Seiring berkembangnya teknologi dengan pesat, kita menjadi dimudahkan dengan akses komunikasi melalui gawai atau handphone. Salah satu fitur yang bisa kita nikmati di handphone dengan layanan internet adalah media sosial.

Tidak sedikit orang yang langsung mengecek handphone ketika mereka baru membuka mata di pagi hari. Dalam sehari, berapa kali kita akan mengecek handphone untuk sekedar mengecek notifikasi atau pemberitahuan.

Memang sih, kita bisa mendapat banyak informasi dan bebas berekspresi. Namun, ada kalanya kita harus keluar dari kebiasaan ini. Alasannya? Nggak semua yang ada di media sosial itu bersifat positif. Kenyataannya, ada banyak hal negatif yang ditimbulkan darinya. Salah satunya adalah ketergantungan. Sebagai bahan pertimbangan, yuk intip lima keuntungan yang ada di bawah ini.

1. Fokus terhadap diri sendiri

Media sosial membuat kita merasa sedikit insecure. Ada kebiasaan dimana kita harus mengupdate keseharian agar terlihat wow di mata orang lain. Ketika melihat orang lain nampak lebih oke, nggak jarang kita membandingkan pencapaian mereka dengan kita. Meluangkan waktu untuk puasa dari media sosial membuat kita lebih fokus terhadap diri sendiri tanpa harus membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

2. Membuat kita menikmati waktu

Sebelum kenal yang namanya media sosial, kita pergi ke sebuah tempat untuk refreshing. Kini, setelah media sosial meraja lela, pergi liburan semata-mata agar kita bisa update dan dilihat oke oleh orang lain.

Coba deh ngaku, kapan kita bisa menikmati sebuah konser tanpa harus sibuk update story di Instagram? Dengan puasa dari media sosial, kita bisa meluangkan waktu untuk menikmati momen dan orang-orang terdekat yang ada di sekitar kita.

3. Belajar menghargai orang yang ada di sekeliling kita

"Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat," ini adalah salah satu pernyataan yang melayang saat media sosial menjadi kebiasaan orang dewasa ini. Sering kali kita melupakan orang tua atau teman-teman karena terlalu sibuk chatting dengan orang yang ada di luar sana. Meluangkan waktu untuk tidak menggunakan media sosial bisa membuat kita fokus berkomunikasi dengan mereka.

4. Makin produktif

Ketika bekerja, berapa kali kita terganggu hanya karena muncul sebuah pemberitahuan dari handphone? Ketika kita sedang bosan, kebiasaan mengarahkan kita untuk langsung memegang handphone untuk mengisi waktu luang tersebut. Padahal, belum tentu hal ini bermanfaat. Dilansir dari BBC, kebosanan dapat membawa seseorang lebih kreatif. Alasannya kaena alam bawah sadar kita menjadi lebih bebas.

5. Meluangkan waktu untuk Tuhan

Puasa media sosial membuat kita mengingat Tuhan ketika baru membuka mata di pagi hari. Orang Yahudi memilih untuk tinggal diam di rumah untuk beribadah ketika hari sabat tiba. Bukankah hal yang baik jika kita meluangkan sedikit waktu dari rutinitas untuk kembali kepada Tuhan?

Media sosial sebaiknya digunakan dengan bijak, agar kita tidak ketergantungan. Seharusnya kita lah yang mengontrol media sosial, bukan sebaliknya. 

Sumber : gogirl/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

Konselor