Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
491


Bagi sebagian perantau, memutuskan untuk tinggal di dalam rumah kos adalah salah satu cara untuk bertahan hidup. Selain harganya yang cukup murah dibanding mengontrak, kosan juga memadai dan praktis sesuai dengan kebutuhan para pekerja rantau; tempat tidur dan kamar mandi.

Terdapat suka duka menjadi seorang perantau. Nggak cuma jauh dari rumah dan tinggal dalam sebuah kamar ukuran 4x4, namun juga harus pintar-pintar mengatur pengeluaran agar bisa disisihkan untuk menabung. Termasuk dalam hal makanan, yuk kita simak apa aja makanan yang bisa dijadikan penolong pada akhir bulan ini.

1. Mie instan

Ketika di telepon oleh orang tua dan beliau bertanya kita sedang makan apa, dengan sigap kita menjawab, "makan rendang, Ma." Mama yang kebingungan spontan menjawab, "Wah akhir bulan gini enak amat makan rendang." "Iya, ma. Aku disini makan rendang, kari ayam, soto, enak-enak kok... dalam bentuk mie instan tapi."

Bagi anak kos, mie instan merupakan salah satu belanjaan wajib yang harus masuk ke keranjang belanja. Tidak hanya enak, namun harganya juga cukup bersahabat dan mudah untuk dimasak. Eits, tetapi jangan keseringan lho ya. Makanan seimbang yang kaya akan gizi juga penting bagi kita.

2. Abon

Cuma satu botol, bisa dimakan untuk berhari-hari. Terutama kalau disajikan dengan nasi hangat. Selain nikmat, abon juga bikin kantong tidak bolong. Untuk mendapatkan abon pun cukup mudah, bisa ditemukan di berbagai supermarket atau warung klontong di ujung jalan. Tanpa ribet dan lama, cukup taburi saja abon sebagai pelengkap nasi.

3. Sambal kemasan

Sekarang ini, ada banyak penjual yang menawarkan sambal dalam kemasan yang bisa bertahan berhari-hari. Sangat cocok untuk anak kos di akhir bulan dnegan kondisi dompet yang mepet. Ada banyak varian yang ditawarkan dalam sambal kemasan, mulai dari ikan jambal, cumi asin, jengkol, ikan roa, sampai sambal teri. Nggak perlu repot cari lauk, cukup sediakan nasi dan sambal kemasan bisa menjadi penyelamat di akhir bulan.

4. Kecap

Ini agak ekstrim sih, tetapi ngaku, deh. Pasti kita pernah ada dalam kondisi dimana kantong mengalami kekeringan alias bokek. Ketika tidak punya mie instan, sambal atau abon, kecap pun bisa kita jadikan sebagai pelengkap nasi.  Kita juga bisa melengkapinya dengan kerupuk agar semakin nikmat.

Pos pengeluaran anak kos memang beragam, diantaranya biaya kosan, biaya makan, biaya untuk kirim uang ke orang tua, sampai menabung. Semua itu harus kita rencanakan dengan baik. Kalau kita bisa merencanakannya dengan baik dan mengikuti rencana tersebut, akhir bulan pun kita bisa makan makanan seperti pada awal atau pertengahan bulan. 

Sumber : jawaban/moola

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7220

advertise with us