Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
5206


Yoga merupakan olahraga yang sangat disukai banyak orang sampai hari ini. Bahkan selalu di puji oleh para profesional kesehatan sehingga menjadi perhatian konsumen di departemen store setempat.

Nggak hanya itu, kini yoga juga mendapat penerimaan dari budaya setempat dan beberapa kalangan Kristen.

Kebenarannya, yoga adalah dasar-dasar yang sering di gunakan oleh orang Hindu, dan pertanyaannya : apakah orang Kristen bisa olahraga Yoga?

Jika tidak, lalu apakah alternatif bagi orang Kristen supaya lebih aman dalam menjaga tubuh fisik dalam keadaan prima?

Tak banyak orang kristen yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Dikutip dari CBN.com , seorang penulis terkenal Amerika bernama Laurette Willis pernah terlibat dalam Yoga dan new age selama 22 tahun sebelum dia bertemu dengan Kristus. Setelah dia bertemu dengan kristus, dia lalu menjadi pelatih yang bersertifikat yang telah mengembangkan program latihan peregangan yang menggabungkan Kitab Suci, disebut dengan PraiseMoves. Jenis peregangan ini dia anggap sebagai "alternatif aman untuk  yoga."

Jika kamu penasaran bagaimana postur tubuhnya yang berbeda dari yoga dan gimana dia memasukkan ajaran Alkitab dalam rutinitas latihannya, kamu bisa membaca secara rincin dalam buku terbarunya BASIC Steps to Godly Fitness (Harvest House, 2005) dan di DVD PraiseMoves (Harvest House, 2006).

"Mengapa kamu harus menjauhi Yoga?"

Sampai saat ini banyak orang dibombardir dengan tawaran tentang manfaat yoga yang damai dan menyehatkan, apalagi di Indonesia. Tapi sering sering sekali kita nggak memahami asal muda budaya yoga ini. Laurette menjelaskan dengan sangat jelas kepada CBN.com dalam sebuah telepon baru-baru ini mengenai kebenaran dari budaya yoga

"Postur yoga  adalah postur yang ditawarkan kepada 330 juta dewa Hindu. Postur itu adalah persembahan kepada para dewa. Jika kamu melakukan postur ini dan kamu melakukan tehnik pernapasan dan meditasi ini, maka kamu akan diterima oleh tuhan Hindu. Itu adalah bahaya yang sebenarnya dari yoga,"katanya

Laurette juga juga mengatakan bahwa saat dia mengunjungi India selama 3 bulan dalam perjalanan misi, dia sering sekali melihat orang-orang di jalanan melakukan pose yoga di depan patung-patung para dewa.

Roma 12:1-2 mengatakan bahwa kita harus mempersembahkan tubuh kita kepada Allah sebagai persembahan yang hidup dan janganlah kita serupa dengan dunia ini.

Tetapi dalam pernyataan Laurette, mereka melakukan persembahan melalui postur mereka kepada 330 dewa mereka, dan sangat nggak benar.  jadi kita harus benar-benar menjauhkan diri kita dari persembahan berhala seperti yang dikatakan di Kisah para rasul 15:29.

Dalam yoga, ada yang sebut dengan pernapasan pranayama. Prana adalah kata Hindu untuk kekuatan hidup, dan ini adalah konsep yang sama dengan kata chi dalam seni bela diri.


Pernapasan yoga mencoba memanipulasi energi  kehidupan itu, dan itu berbahaya.


"Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang yang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka." (Efesus 2:2). Artinya setan adalah pangeran kekuatan di udara.

Selain pernapasan dan postur tubuh, area yang menjadi perhatian dalam yoga adalah  konsep mengosongkan pikiran, yang sangat bertentangan dengan ajaran kekristenan.  Alkitab mengajarkan kita untuk berubah dan di transformasikan oleh pembaharuan budi kita bukan melalui pengosongan pikiran. (Roma 12:2).

Seiring dengan mengosongkan pikiran, yoga menuntun orang-orang ke dalam perjalanan astral, yang dimana orang benar-benar meninggalkan tubuh mereka.

Pertanyaannya, sebagai seorang Kristen yang penuh dengan Roh Kudus, bagaimana kita bisa mengizinkan iblis ambil kendali tubuh dan roh kita?

Jadi sudah sangat jelas dengan pemahaman yoga ini, orang Kristen harus berpikir dua kali sebelum menuju gym lokal untuk ikut kelas Yoga. Tapi kalau kamu adalah orang Kristen yang berpikir nggak apa-apa menghadiri kelas yoga karena kamu merasa cukup kuat untuk nggak menjadi mangsa penipuan spiritual yang di ajarkan dan kamu menikmati untuk kesehatan fisikmu, kamu tetap harus mempertimbangkannya dengan baik.

Karena jika kamu memiliki anak-anak yang jauh lebih muda dan tak mengerti apa-apa, besar kemungkinan mereka akan ikut-ikutan juga dan mengganggu perjalanan mereka bersama Tuhan.

Sumber : cbn.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Heri Sinuhaji 19 April 2018 - 22:18:43

Adam dan hawa

0 Answer

Barda Simatupang 10 April 2018 - 22:15:21

Korban bakaran

1 Answer

Maria Francisca 9 April 2018 - 21:46:27

Syallom, saya ingin share dan semoga berkenan di r.. more..

1 Answer


Inge 16 April 2018 - 05:47:54
Mohon didoakan untuk suami yang saat ini sedang di... more..

Dinar 12 April 2018 - 20:25:22
Mohon didoakan agar dimudahkan, di bukakan segala ... more..

Hendri Setiawan 10 April 2018 - 10:00:53
Saya sedang kesulitan masalah keuangan untuk memba... more..

sendy 17 March 2018 - 23:43:45
Nama saya Sendy, saya adalah seorang Kristen Katho... more..

Banner Mitra Week  3


7412

advertise with us