Keliatan Sepele, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kita Kena Penyakit, Lho

Health / 15 March 2018

Kalangan Sendiri

Keliatan Sepele, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kita Kena Penyakit, Lho

Inta Official Writer
2024

Setiap orang pasti menginginkan fisik yang sehat. Karenanya, jangan heran kalau ada orang yang bilang sakit itu mahal. Karena sekalinya kita sakit, keadaan dompet bisa langsung mengempis. Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk beroleh tubuh yang sehat dan ideal. Misalnya dengan menjaga pola makan, olahraga, atau gaya hidup sehat lainnya.

Kendati demikian, masih lho ada kebiasaan yang ada saja yang terlewat dari perhatian kita yang berpotensi bikin penyakit menghampiri. Yuk simak beberapa kebiasaan yang sebenarnya bisa bikin kita sakit.

1.  Skip sarapan

Sarapan pagi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mungkin ini juga yang menjadikannya alasan mengapa sarapan menjadi waktu makan paling penting dalam sehari. Padahal, sebagai orang yang kini disibukkan dengan berbagai macam kegiatan, nggak jarang kita melewatkan sarapan ini.

Melewatkan sarapan bisa bikin badan lemas, kurangnya konsentrasi, kehilangan energi, bahkan bikin gemuk. Iya, nggak sarapan malah bikin tubuh makin gemuk. Alasannya adalah karena ketika nggak sarapan, kita akan cenderung makan lebih banyak di siang hari.

2.  Menggigit kuku

Kebanyakan orang melakukan kebiasaan ini untuk mengatasi kecemasan mereka, namun hal ini tidak bisa dibenarkan, lho. Orang tua melarang kita melakukan hal ini bukan tanpa sebab. Nggak cuma bikin kuku jadi tidak cantik lagi, kebiasaan ini bisa bikin kita membiarkan bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh, lho.

Baca juga: Sempurna! Gantikan Gulamu Dengan 5 Bahan Makanan Ini Yang Sudah Pasti Lebih Sehat

3.  Jarang mengganti sprei

Beberapa hari yang lalu, saya melihat teman saya mengupload betapa banyaknya tungau yang hinggap di kasurnya. Kasur merupakan salah satu tempat yang banyak didiami oleh debu dan tungau. Selain debu dan tungau, sisa keringat juga menempel pada sprei.

Akibatnya, hal ini bisa memicu alergi, asma, bahkan jerawat. Kalau punya masalah dengan jerawat, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kita malas mengganti sprei. Ada baiknya kita mengganti sprei selama satu atau dua minggu sekali.

4. Tidak membersihkan ponsel

Ponsel merupakan salah satu benda yang nyaris tidak boleh tertinggal. Karena kita sering memegangnya dalam kondisi apa pun, misal saat tangan penuh debu atau masih ada sisa-sisa makanan, ponsel bisa menjadi salah satu tempat dimana kuman bersarang. Karenanya, mulai sekarang, kita harus rajin membersihkannya dengan tisu basah atau cairan khusus.

Kehidupan keseharian kita yang serba cepat juga seringkali memicu kita untuk mengonsumsi makanan yang serba instan. Padahal, kita tahu sendiri kalau buah dan sayuran itu sangat baik untuk tubuh. Jangan lupakan untuk mengonsumsi air putih secara rutin, ya.

Untuk memulai sebuah kebiasaan baru memang tidak mudah, tetapi sehat adalah salah satu bentuk tanggung jawab kita terhadap tubuh yang telah Tuhan berikan. Yuk mulai biasakan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan diatas agar beroleh hidup sehat tidak lagi sulit.  

Sumber : popbela/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami