Ya Ampun, Seperti Ini Sekarang Kondisi Bangunan GKI Yasmin Bogor yang Disegel!

Nasional / 6 March 2018

Kalangan Sendiri

Ya Ampun, Seperti Ini Sekarang Kondisi Bangunan GKI Yasmin Bogor yang Disegel!

Budhi Marpaung Official Writer
6460

Beberapa waktu lalu, sejumlah jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Bogor dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia kembali mengadakan ibadah bersama di depan Istana Negara. Untuk ke-163 kalinya, kedua jemaat gereja yang tidak dapat beribadah di gedung milik mereka sendiri itu pun berkumpul tanpa adanya atap maupun dinding-dinding gedung.

"Ibadah ini akan kami lakukan sampai gereja kami, baik yang di Bogor ataupun yang di Bekasi, dibuka lagi," ujar Bona salah satu Jemaat GKI Yasmin seperti dikutip IDN Times di lamannya, Senin (5/3/2018).

Lalu seperti apakah kondisi dan penampakan gedung GKI Yasmin Bogor sekarang?

Dari penelusuran Akhmad Mustaqim dari IDN Times, bangunan GKI Yasmin terlihat amburadul. Hanya tersisa atap dan dinding. Bangunan itu, ditulisnya, dikelilingi oleh tumbuhan liar di mana-mana yang hampir setinggi atap bangunan.

(Bangunan GKI Yasmin saat ini / sumber: Akhmad Mustaqim / IDN Times)

Selain itu, tulisan tanggal di sebidang keramik yang menyatu dengan pagar yang berbunyi "Bangunan ini disegel oleh Pemerintah Kota Bogor berdasarkan Perda no 7 tahun 2006" sudah tidak terlihat.

"Ini sudah lama disegel, semenjak ramai-ramai dulu," ujar seorang wanita yang mengaku berdagang di depan gerbang masuk gereja karena diminta petugas keamanan.

Pada Desember 2017 lalu, juru bicara GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia, Bona Sigalingging menyatakan kasus yang dialami jemaat GKI Yasmin sebenarnya telah ada titik terang. Hal ini dapat dilihat dari adanya niatan dari Wali Kota Bogor, Bima Arya untuk mendirikan masjid agar bisa menemani gereja.

Baca Juga: Nasib 2 Gereja yang Disegel: GKI Yasmin Temui Titik Terang, HKBP Filadelfia Masih Gelap

“Sampai saat ini ada pertemuan teknis akan seperti apa pembagian lahan di GKI Yasmin," ujar Bona di Jakarta, Senin, 25 Desember 2017.

Pemkot Bogor bahkan memastikan bahwa bangunan GKI Yasmin tidak akan digusur, direlokasi atau dipaksa pindah ke tempat lain. Hanya saja, Bona menganggap Bima Arya sangat lambat merealisasikan janjinya tersebut.

Sumber : IDN Times.com, Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami