4 Hal Yang Akan Bantu Kamu Mengontrol Kebiasaan Penggunaan Kartu Kredit
Sumber: pixabay.com

Finance / 6 March 2018

Kalangan Sendiri

4 Hal Yang Akan Bantu Kamu Mengontrol Kebiasaan Penggunaan Kartu Kredit

Naomii Simbolon Official Writer
1609

Ku akui bahwa aku adalah salah satu orang yang sangat senang belanja pernak-pernik, apalagi jika itu berurusan dengan fashion dan kerapihan kamar mandi.

Aku akan ngabisin banyak uang untuk bersenang-senang di akhir pekan dan belanja hingga mencoba menu-menu dengan nama yang unik namun cukup mahal.

Aku juga memiliki banyak teman dengan hobi yang sama. Namun sayangnya beberapa diantara mereka sulit menyelaraskan keuangan mereka, mengatur pengeluaran dan pemasukan mereka. Hingga beberapa orang dari mereka bikin kartu kredit supaya bisa mengcover gaya hidupmu. Sungguh bukan sikap terpuji!

Alhasil sekarang dia memiliki banyak utang di kartu kredit, dan ini benar-benar sebuah beban  yang harus dia pikirin.

Mungkin beberapa diantara kamu adalah pengguna kartu kredit dan sedang mengalami kisah seperti temanku diatas.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya tagihan kartu kredit nggak bengkak banget :

1. Lihat total yang harus kamu bayar, lalu berkomitmen untuk bayar perbulan.


Pertama-tama, cobalah kumpulkan semua laporan pengeluaran kartu kredit kamu dan total jumlah nilai yang harus kamu bayarkan. Nah setelah itu, bagilah dengan 12 untuk satu tahun. Jangan lupa untuk mengurangi biaya hidup dan hutang lainnya dari total gaji kamu. Setelah itu, cobalah untuk membayarkannya tiap bulan.

Jika itu kelihatannya sangat tinggi dan kamu nggak sanggup, silahkan membaginya selama 24 atau 36 bulan. Bayarlah kartu kreditmu dengan komitmen. Tapi ingat bahwa kamu harus berhenti menggunakan kartu kredit sementara sampai tagihanmu lunas.

2. Berhenti bermain drama atas diri sendiri


Beberapa orang yang terlilit kartu kredit malah mencari utangan lain untuk menutupi. Istilahnya "gali lobang tutup lobang."

Mirisnya lagi, ada yang hanya mengeluh dan mengeluh sehingga hanya berpacu pada gaji yang sedikit atau bahkan memanfaatkan sang pacar.

Sebaiknya, carilah pekerjaan lain. Cobalah untuk mengambil side job sesuai dengan keterampilan kamu, jangan hanya mengandalkan gaji dari kantormu saja jika itu nggak mencukupi biaya hidup apalagi harus membayar kartu kredit.

Kapanpun teman kamu menawarkan side job yang halal dan benar, ambil saja!

Mengambil side job adalah langkah yang tepat menambah pendapatan. Pendapatan bertambah, hutang cepat lunas.

3. Saat ingin belanja, belilah barang-barang dengan seksama dan memperhatikan harga


Begitu kamu berhasil melunasi kartu kredit kamu, cobalah untuk menggunakan kartu kredit kamu untuk membeli barang-barang yang punya nilai instrinstik . Misalkan, gunakan kartu kredit kamu untuk membeli sendok teh berbahan perak  untuk mengaduk kopi. Cari tau dulu harga perak dan belilah dengan harga yang lebih murah dengan kualitas bagus.

Dari pada menghabiskan uang di kartu kredit dengan mencoba makanan-makanan di mall dan membeli baju-baju yang tidak seharusnya dibeli, lebih baik membeli barang-barang yang jangka pemakaiannya lama dan bisa dinikmati oleh semua orang.

4. Gunakan kartu kredit kamu untuk keuntungan


Menggunakan kartu kredit sebenarnya bukan sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kamu menggunakannya dengan bijak. Bisa kok kartu kredit digunakan untuk menambah penghasilan dan membuat kamu untung.

Misalnya dengan memakai kartu kredit sebagai modal untuk membuka usaha.

Lumayan kan bisa putar modal dan nggak berhutang lagi?

Nah, inilah alat praktis yang bisa membantu kamu untuk mengubah kebiasaan uang  kamu apalagi mengenai kartu kredit. Bijak-bijaklah menggunakannya dan jangan sampai berhutang berlarut-larut!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami