Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

believers24

Official Writer
1218


Tanggal hari ini, 4 Maret adalah tanggal yang spesial bagi salah satu aras gereja di Indonesia. Tiga puluh tujuh tahun lalu, sejumlah orang sepakat membentuk sebuah lembaga yang terdiri dari organisasi-organisasi gereja Kristen Protestan khusus aliran Baptis.

Seperti dikutip dari wikipedia org, 4 Maret 1981, organisasi-organisasi gereja seperti Gabungan Gereja Baptis Indonesia (GGBI), Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI), dan Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Irian Jaya (PGBIJ) sepakat untuk membentuk aliansi berskala nasional yang diberi nama Aliansi Baptis Indonesia.

Lalu, pada 18 September 1989 jumlah anggota Aliansi Baptis Indonesia bertambah dengan bergabungnya Gereja Baptis Independen Indonesia (GBII) dan Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI).


(Logo Persekutuan Baptis Indonesia / sumber: wikipedia)

Didorong atas pemikiran membentuk badan kerjasama yang lebih luas maka pada 26-28 Maret 1991 di Bogor, Jawa Barat, diselenggarakan musyawarah para Pimpinan Organisasi gereja-gereja Baptis di Indonesia seperti GGBI, KGBI, PGBIJ, GBII, GPIBI, dan Sinode Gereja Kristen Baptis Jakarta (SKGBJ). Pada tahun ini tercetus kesepakatan yakni mengganti kata Aliansi dengan Persekutuan.

Dalam Musyawarah Nasional 14-15 Oktober 2008 telah diadakan perubahan "Anggaran Dasar Persekutuan Baptis Indonesia" dengan keanggotaan Gabungan Gereja Baptis Indonesia (GGBI), Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI), Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP) yang sebelumnya bernama "Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Irian Jaya" (PGBIJ), Gereja Baptis Independen Indonesia (GBII), Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI) dan Sinode Gereja Kristen Baptis Jakarta (SGKBJ).

Kurang dari satu tahun kemudian, Rapat Tahun PBI menerima Rapat Tahunan PBI 2009 memutuskan menerima Gereja Baptis Anugerah Indonesia (GBIA), Sorong, Papua Barat sebagai anggota.

Baca Juga: Penuh dengan Anak-anak, Superbook Rayakan Natal Bersama Anak-anak

Adapun salah satu tokoh PBI yang dikenal luas di kalangan pemimpin gereja-gereja Kristen di Indonesia adalah Pdt. Guntur Subagyo. Sementara itu, Ketua Pengurus harian PBI yang sedang menjabat adalah Pdt. Johni Mardisantosa, S.Th. 

Dalam sejumlah acara yang melibatkan seluruh umat Kristen skala nasional, PBI selalu diikutsertakan bersama aras-aras gereja lainnya seperti Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Persekutuan Gereja dan Lembaga Injili Indonesia (PGLII), Bala Keselamatan, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK), Persekutuan Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI), dan Gereja Orthodoks Indonesia.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer

Kezia 16 January 2019 - 21:02:14

Cara mengatasi kemerosotan kekristenan

0 Answer

helena lo 16 January 2019 - 15:37:56

tujuan hidup

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7224

advertise with us