Teruntuk Para Wanita Seperti Diriku, 4 Vitamin Ini Sangat Penting Buat Kita, Lho
Sumber: Pinterest.com

Health / 4 March 2018

Kalangan Sendiri

Teruntuk Para Wanita Seperti Diriku, 4 Vitamin Ini Sangat Penting Buat Kita, Lho

Inta Official Writer
1483

Kita semua pasti tahu kalau vitamin sangat penting bagi tubuh. Sebagai faktor utama bagi kesehatan tubuh, jika vitamin yang ada pada tubuh tidak tercukupi, resiko timbulnya suatu penyakit dalam tubuh bisa semakin lebih besar. Selain untuk kesehatan, vitamin juga bermanfaat untuk antioksidan dalam tubuh kita. Dari semua manfaat vitamin yang ada di atas, terdapat empat vitamin yang baik untuk dikonsumsi wanita, lho.

1.  Vitamin B12


Vitamin B12 banyak dikandung dalam produk olahan dari susu, daging, ikan, kerang-kerangan  dan lain sebagainya. Vitamin ini sangat penting dalam perannya untuk menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut. Vitamin B12 akan membantu meredakan stres, khawatir atau cemas.

Hal ini sebabkan karena vitamin B12 berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah yang dapat menjaga kesehatan sel saraf sehingga membantu melancarkan segala bentuk ketegangan saraf yang terjadi.

2.  Vitamin D


Sumber vitamin ini berasal dari tiga sumber utama, yaitu matahari, makanan dan suplemen. Hampir 80% sumber vitamin D didapat dari paparan sinar matahari. Tubuh kita memerlukan vitamin D untuk penyerapan kalsium.

Saat wanita menstruasi, vitamin D akan membantu meredam kram yang timbul. Kekurangan vitamin D pada ibu hamil akan meningkatkan risiko pada kehamilan seperti kelahiran prematur atau diabetes gestasional. Bagi wanita yang sudah mengalami menopause, vitamin D yang cukup akan membuat kita tidak perlu khawatir akan masalah kelebihan berat badan yang biasanya timbul pada masa menopause.

Baca juga: Kenapa Sih Orang Memilih Essential Oil Sebagai Alternatif Pengobatan? Ini Dia Alasannya

3.  Vitamin K


Vitamin K dapat meredakan nyeri menstruasi karena mampu mengatur fungsi hormon kita. Vitamin K juga berfungsi untuk pembekuan darah yang dapat membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Mengonsumsi sayuran hijau, minyak ikan, minyak kedelai dan gandum akan memperkaya tubuh dengan vitamin K yang berfungsi untuk menjaga kestabilan sirkulasi darah dan memperkecil kemungkinan mengalami penyakit pada jantung.

4.  Zat Besi


Zat besi bisa diperoleh dari makanan seperti ikan, daging, kacang-kacangan atau sayuran berdaun hijau. Bagi wanita yang sedang menghadapi PMS, ada baiknya untuk mengonsumsi vitamin ini karena dapat mengurangi gejala seperti pusing, hipertensi dan perubahan suasana hati.

Studi mengemukakan kalau kekurangan zat besi dapat memengaruhi suasana hati seperti mudah marah dan emosional. Manfaat lain dari zat besi adalah dapat mempercantik rambut dan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi dan mengaktifkan ontioksidan agar kulit menjadi lebih sehat dan terawat.

Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan vitamin, kita juga harus memiliki pola hidup sehat. Tidak lupa untuk rajin mengonsumsi air putih dan olahraga agar mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat.

Bagi wanita, menghindari makanan cepat saji atau junk food juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara, serviks, atau yang lainnya. Junk food tidak memiliki jumlah nutrisi yang baik untuk meningkatkan perubahan hormonal pada wanita. Hal ini justru membuat suasana hati pada wanita mudah berubah hingga menyebabkan depresi.

Sumber : cosmopolitan/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami