Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1462


Jadi anak bungsu atau paling muda di keluarga memang selalu punya keistimewaan tersendiri. Mereka biasanya adalah anak yang paling dimanja dan disayang sama orangtua karena itulah apa yang biasanya mereka minta pasti bakal dikasih.

Sementara saudara-saudaranya yang lebih tua pasti akan selalu ada jadi pelindung mereka. Uang bukanlah masalah buat mereka karena kalau kurang anak bungsu biasanya bakal minta ke saudaranya yang lain. Enak ya! Tapi, anak bungsu juga sering dicibir sama saudara-saudaranya karena terlalu mendapat perhatian lebih dari orangtuanya.


Walaupun banyak keuntungan yang si anak bungsu terima, ada juga dampak negatifnya yang bakal mereka terima seiring mereka beranjak dewasa.

6 perasaan inilah yang biasanya anak bungsu alami:

#1  Selalu dianggap anak kecil

Nggak peduli berapa usiamu atau sedewasa apapun itu, anak bungsu sakan selalu dianggap anak kecil di keluarganya. Keluarga akan selalu memikirkan keselamatan dan keamanannya, khususnya waktu anak bungsu pulang larut malam ke rumah. Keluarga tak akan pernah sadar kalau sebenarnya anak bungsu juga bisa tumbuh jauh lebih dewasa dari saudara-saudaranya yang lain. Atas perlakuan inilah, si anak bungsu akan selalu memerankan perannya sebagai pendengar yang baik dan penurut.

#2  Selalu jadi bahan olokan


Jadi anak manja dan disayang orangtua bikin saudara-saudaranya sirip dan cemburu ke anak bungsu. Karena itulah saudara-saudaranya suka iseng bikin anak bungsu jadi korban olokan. Dia bisa dikasih sebutan jeleklah, diejeklah atau bahkan dimarahi.

#3  Selalu dapat barang-barang hibahan dari saudara

Ini sudah biasa diterima sama anak bungsu. Untuk mengurangi pengeluaran yang cukup besar, orangtua biasanya bakal membujuk si anak bungsu untuk memakai barang-barang bekas punya saudaranya. Entah itu buku, pakaian, mainan dan yang lainnya. Ya, hanya anak bungsu yang mungkin nggak pernah merasakan asyiknya menikmati barang-barang yang baru dibeli dari toko.

#4  Selalu disalahkan

Ini adalah aturan tak tertulis dalam keluarga. Biasanya anak bungsu bakal jadi bulan-bulanan saudaranya kalau sesuatu yang buruk terjadi. Karena anak bungsu biasanya jadi alat yang ampuh untuk dimanfaatkan saudaranya demi menyelamatkan diri. Kuncinya cuma satu, kemungkinan dimarahi sama orangtua akan sangat kecil karena si anak bungsu itu kan paling disayang.

#5  Suka disuruh-suruh

Inilah penderitaan jadi anak bungsu. Mereka harus mematuhi perintah atau suruhan kakak-kakaknya kalau nggak, mereka akan disiksa. Mereka bisa mengancam anak bungsu dan bahkan memukulnya.

#6  Suka dibanding-bandingkan

Siapa bilang anak bungsu hanya menghadapi masalah di rumah? Untuk urusan sekolah mereka juga menghadapi tantangan tersendiri. Misalnya waktu nilai mereka buruk di sekolah, mereka bakal dibanding-bandingin sama prestasi kakak-kakaknya.  

Sama seperti kita nggak bisa memilih siapa orangtua kita, kita juga nggak bisa memilih siapa saudara kandung kita dan lahir jadi anak keberapa kita. Tokoh alkitab seperti Habel, Daud dan Yusuf pun pernah mengalaminya. Sebagai anak termuda, mereka harus mengalami perlakuan yang kurang baik dari saudara-saudaranya yang lebih tua (Kejadian 4; 1 Samuel 16; Kejadian 37). Tapi, meskipun begitu Tuhan bisa memakai anak-anak bungsu jadi berkat bagi orang lain. 

Sumber : Indiatimes.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:23:48

Wa dimana

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

Konselor