Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2635


Baru-baru ini umat Kristen Yerusalem memutuskan untuk menutup Gereja Makam Kudus, yang merupakan situs suci kekristenan di sana sebagai bentuk protes terhadap aturan pajak baru yang diterapkan pemerintah Israel. Mereka menutup pintu gereja setelah melakukan demonstrasi massal pada Minggu, 25 Februari 2018 lalu.

Dalam aturan pajak baru ini, pemerintah menetapkan penarikan pajak dalam jumlah yang sangat mahal dari gereja-gereja. Tak hanya itu, mereka juga menentang undang-undang yang memungkinkan penyitaan lahan gereja.

Sebagaimana diketahui, Gereja Makam Suci ini menjadi penting bagi umat Kristen karena di tempat inilah Yesus dimakamkan dan bangkit kembali. Situs ini dikelola bersama oleh pihak Gereja Ortodoks dan Katolik. Tempat ini bahkan jadi tujuan wisata favorit di Israel, sehingga kabar penutupan gereja ini menghebohkan semua orang, terutama kejadiannya terjadi di momen penyambutan masa Paskah.

Seperti dikutip dari Jerusalem Post, para pemimpin gereja dunia menyampaikan protes atas aturan pajak tersebut. Mereka menilai bahwa tindakan pemerintah Israel melanggar kesepakatan Internasional yang harusnya menjamin hak dan keistimewaan gereja-gereja. “(Tindakan) Ini tampaknya merupakan usaha untuk melemahkan kehadiran orang Kristen di Yerusalem,” demikian dituliskan.

Baca Juga : Alasan Selama Ratusan Tahun Gereja Suci Dijaga Oleh Keluarga Muslim

Di sisi lain, diberitakan bahwa pemerintah kota Yerusalem mengumumkan rencana pemungutan pajak bangunan yang dimiliki gereja-gereja di kota tersebut, dengan jumlah mencapai 650 juta shekel (setara dengan 186 juta dolar AS). Pemberitahuan ini diumumkan justru di momen yang kurang tepat, dimana Yerusalem sedang menghadapi krisis dan lilitan hutang.

“Kota Yerusalem memiliki hubungan yang sangat baik dan penuh hormat dengan setiap gereja-gereja di kota ini, dan pemerintah akan terus melindungi kebebasan beragama mereka. Tapi (pemerintah) tidak bisa menerima kondisi dimana hotel dan bisnis dibebaskan dari pajak bangunan hanya karena itu dimiliki oleh gereja,” demikian disampaikan dalam pengumuman tersebut.

Pemerintah kota Yerusalem pun telah menyita ratusan ribu dolar dari gereja-gereja besar di kota itu, termasuk Gereja Ortodoks Yunani, Katolik Anglikan dan Gereja Ortodoks Armenia. Sementara lainnya sedang dalam proses pemungutan.

Atas kejadian ini, Uskup Southwark Inggris meminta orang-orang Kristen di seluruh dunia menyampaikan solidaritasnya atas kejadian ini. Para pemimpin gereja bahkan menyebut kebijakan baru pemerintah Israel itu sebagai ‘kampanye sistematis melawan gereja-gereja dan komunitas Kristen di Tanah Suci’.

Baca Juga : Setelah Berabad-abad Makam Yesus di Yerussalem Dibongkar

Pastinya para pemimpin gereja di dunia terkejut saat mendengar kabar penutupan ini. Pasalnya Gereja Makam Suci sudah jadi salah satu ikon kota Yerusalem. Situs yang sudah menarik ribuan peziarah dari seluruh dunia dan belum pernah sekalipun ditutup sejak tahun 1900. Itu artinya, kejadian ini adalah peristiwa penutupan gereja untuk pertama kalinya.

Sampai saat ini, masih belum diketahui pasti kapan gereja ini akan dibuka kembali untuk publik. Tapi tentu saja kondisi ini akan mempengaruhi suasana Paskah tahun ini di Yerusalem.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer

Kezia 16 January 2019 - 21:02:14

Cara mengatasi kemerosotan kekristenan

0 Answer

helena lo 16 January 2019 - 15:37:56

tujuan hidup

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7224

advertise with us