Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Contributor
1940


Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah... (1 Samuel 17: 45-46)

Dari kisah Daud yang kita baca di 1 Samuel, dikisahkan kalau Daud harus bertarung melawan empat raksasa sebelum berhadapan dengan Goliat. Mereka memang bukan raksasa secara fisik, karena mereka nggak punya tubuh besar seperti Goliat, tapi mereka adalah raksasa yang ada dipikirannya.

Empat raksasa yang dihadapi Daud ini diantaranya:

  • Penundaan, dimana Daud harus menunggu waktuNya Tuhan digenapi bertahun-tahun kemudian setelah nabi Samuel datang dan mengurapi Daud sebagai raja. Bukan berarti Daud langsung jadi raja saat ini juga, tapi dia harus melanjutkan tugasnya sebagai gembala selama beberapa waktu lamanya.
  • Ketidakberanian, dimasa itu Goliat muncul dan jadi raksasa yang paling ditakuti di Israel. Tak ada seorangpun yang berani melawannya. Bahkan sebelum Daud menaklukkannya seorang pun tak pernah berpikir untuk menyuruh anak kecil mungil itu untuk berhadapan dengan Goliat.
  • Tidak Didukung, raksasa yang satu juga dihadapi Daud saat salah satu kakaknya berpikir permintaan Daud untuk menghadapi Goliat adalah hal yang nggak masuk akal. Dia pun sama sekali nggak mengijinkan Daud sedikitpun memikirkan hal itu.
  • Keraguan, bahkan raja Saul nggak habis pikir kalau Daud bisa mengalahkan raksasa Goliat hanya dengan batu. Akan ada banyak orang yang mungkin akan meragukan kemampuanmu, tapi lihat bagaimana Daud membuktikannya.

Daud berpikir sudah waktunya menggenapi tujuan Tuhan dalam hidupnya. Karena itu, tanpa ragu dia berdiri teguh dan mengusir semua raksasa-raksasa itu dengan penuh iman.

Ada empat cara yang dilakukannya untuk menaklukkan raksasa-raksasa itu:

1. Mengingat pertolongan Tuhan di masa lalu  

Dalam 1 Samuel 17: 37, Daud berkata, “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu."

Waktu kamu mengingat masa-masa saat Tuhan menolongmu, hal ini akan membuatmu kembali percaya diri akan masa depanmu. Inilah yang dilakukan Daud sebelum mengambil langkah berani berhadapan dengan Goliat.

2. Memakai alat yang Tuhan berikan.

Daud memakai alat yang Tuhan sediakan bagi dia (1 Samuel 17: 38-40). Di ayat ini kita bisa lihat gimana Daud memakai baju perang yang diberikan Saul kepadanya, yaitu ketopang tembaga, baju zirah dan pedangnya.

Sama seperti Daud, jangan pernah menunggu sesuatu yang kamu nggak punya, seperti uang, pendidikan, atau koneksi. Jadi pakailah alat yang Tuhan sudah sediakan untuk menaklukkan raksasa itu dengan penuh kepercayaan diri.

3. Abaikan bisikan-bisikan negatif

Daud mendorong dirinya sendiri di dalam Tuhan (1 Samuel 30: 6). Hal ini bicara soal bagaimana seseorang membangun mental positif di dalam dirinya dan menyingkirkan semua pikiran-pikiran perusak yang muncul.

4. Tetap berpengharapan di dalam Tuhan

Daud maju ke medan perang dan meneriakkan bahwa dia berperang dengan nama TUHAN semesta alam dan akan menyerahkan raksasa itu ke dalam tangannya. Jadi Daud menekankan bahwa peperangan yang dia hadapi adalah peperangannya Tuhan. Kekuatan yang dia gunakan bukan kekuatannya sendiri melainkan berasal dari Tuhan.

Sekalipun Daud begitu kecil dengan wajah yang masih kemerah-merahan, tapi Tuhan sudah memilihnya untuk menaklukkan raksasa itu. Tuhan sendiri menggenapi panggilannya atas Daud setelah dia berhasil menaklukkan raksasanya sendiri. 

Sumber : Rick Warren/Jawaban./com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer

Adhe Adhe 12 August 2018 - 14:31:24

Tdak mungkin bagi manusia.. Apalagi sya sdh melaku.. more..

1 Answer

Adhe Adhe 12 August 2018 - 13:58:09

Apakah hidupku bsa dpulihkan setelah aku melakukan.. more..

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7188

Gempa Lombok