Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
3085


Kamu punya anak yang suka memukul temannya bahkan orang lain disekitarnya? Entah karena marah, keinginannya nggak dituruti atau sedang bercanda, namun yang pasti tindakan itu terus menerus dilakukannya.

Nggak sedikit orangtua yang mengeluh karena anaknya yang suka memukul tersebut. Hal ini memang sebaiknya jangan terus dibiarkan agar nggak berkelanjutan hingga dia dewasa.

1.  Memang Anak Usia 1 Tahun Nggak Tahu Bahwa Memukul Menyakiti, Tapi Jangan Dibiarkan Terus Menerus. Ajarkan Mereka!


Pada usia satu tahun, anak nggak tahu bahwa memukul berarti menyakiti orang lain. Mungkin kamu akan melihat, ketika anak usia satu tahun memukul orang lain, maka dia akan tertawa.

Bagi sebagian orang tua, mereka menganggap bahwa ini adalah hal yang sangat biasa bahkan sesuatu yang lucu dan menarik, sehingga orang tua merespon dengan tawa .

Memang, tangan dan gigi merupakan alat sosial pertama yang mereka tahu. Jadi wajar kalau mereka sedang belajar bagaimana menggunakannya sebagai respon atas apa yang mereka rasakan. Mereka juga ingin tahu apa yang terjadi jika mereka menggunakan ‘peralatan’ itu.

Jadi sah-sah saja jika balita kamu menggunakan tangan untuk memukul atau  gigi untuk menggigit sebagai respon mereka. Tapi jangan dibiarkan terus menerus, orangtua perlu ambil peran untuk mengajarkan mereka cara terbaik menggunakan ‘peralatan’ itu.

2. Hati-hati Juga Mom, Perilaku Agresif Anak Nggak Bisa Diterima Semua Orang. So, Beritahu Mereka Ya!


Seperti yang sudah diberitahu diatas, jangan biarin bayimu memukul dan mengigit orang terus. Yah walaupun ini bagian normal perkembangan balita usia 18-30 bulan. Sebaiknya ajarkan anak bahwa apa yang mereka lakukan tidak selalu diterima oleh semua orang, jadi beritahukan bagaimana cara mengekspresikan perasaannya dengan benar tanpa  memukul, karena kalau nggak, perilaku ini akan dilakukannya terus menerus hingga mereka besar nanti.

Fatalnya perilaku ini bisa menyakiti orang lain atau anak yang lain bahkan ketika kamu menitipnya ke penitipan anak.  Tentu nggak maukan mom, anak kamu jadi biang kerok keributan di lokasi penitipan?

3.  Pas Si Kecil Memukul Kamu atau Orang Lain, Jangan Langsung Balas Untuk Memukulnya Kembali Ya!


Yap! Jika kamu balas memukul anak, secara nggak langsung itu menegaskan bahwa nggak apa-apa memukul orang lain. Dengan balas memukul dengan tujuan untuk menghukum anak, maka bisa dipastikan bahwa anak akan bertumbuh menjadi anak yang penakut, dan ini nggak akan berhasil.

Nah, pas kamu melihat anak kamu memukul orang lain, sebaiknya kamu jauhkan dia sejenak dari situasi itu. Lalu berilah penjelasan bahwa memukul itu nggak diperbolehkan karena menyakiti orang lain.

4. Dan Jangan Lupa Untuk Meminta Maaf Atas Nama Anak Kamu Kalau Dia Pukul Anak Lain.


Cara ini adalah salah satu hal yang menarik pelajaran tentang empati kepada anak kamu. Jadi pastikan anakmu mendengar permintaan maafmu kepada orang lain yang dia pukul.

Jika disana ada orangtua anak yang dia pukul, sampaikan juga minta maafmu dan jelaskan bahwa kamu sedang berupaya mengatasi perilaku agresif pada si kecil.

Nah, demikian 4 hal yang wajib orangtua ketahui dan ajarkan jika si kecil sangat suka memukul orang.

Amsal 29:17: “Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu dan mendatangkan sukacita kepadamu.”

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:23:48

Wa dimana

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7273

Konselor