Naomii Simbolon

Official Writer
1540


Mengajar anak merupakan tanggung jawab yang wajib dilakukan oleh orangtua dengan baik dan tulus. Dan sangat sulit untuk mengurus anak apalagi mengajarnya dan setiap orangtua tentunya memiliki gaya mengajar dan mengurus anak yang berbeda. Misalnya gaya ‘parenting’ kamu dengan saudara-saudara perempuan kamu. Meskipun memiliki orangtua yang sama, tapi pastilah gaya mengajar kamu dan saudara-saudara kamu sedikit berbeda.

Nggak hanya itu, cara ngajar orangtua kamu dulu dan cara ngajar anak versi kamu juga pasti berbeda.

Yap! Bahkan sering sekali nggak sejalan. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut terjadi.

Mungkin perubahan zaman yang semakin modern sehingga orangtua ambil andil maka terjadilah perubahan yang signifikan dalam mengajar anak.

Lalu gimana kalau misalkan orangtuamu hadir di tengah anak-anakmu dan mengajar mereka dengan menggunakan gaya pengajaran saat kamu kecil?

Tentu nggak seorangpun yang bisa menolak kehadiran nenek dan kakek ditengah anak-anak kamu bukan? Bagaimana pun mereka adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kamu, meskipun gaya ‘parenting’ mereka berbeda dengan kamu.

Sikapi saja dengan cara ini :

1.    Dengarkan dan berusaha untuk tetap menghargai mereka


Banyak pengalaman yang terjadi antara anak dan orangtua saat membahas mengenai parenting. Nggak sedikit anak yang komplain karena menganggap gaya parenting orangtuanya sudah ketinggalan zaman, dan menganggap cara parenting mereka nggak cocok lagi diterapkan dengan zaman sekarang. Meskipun demikian, nggak ada salahnya untuk tetap mendengarkan apa kata mereka, meski bertentangan tetaplah hargai mereka dan biarkan mereka menjelaskan maksud mereka.  Jangan sampai berdebat dengan mereka ya!.

2.  Jangan mudah tersinggung


Jika orangtua bersikap keras dan memaksakan kehendak mereka untuk mendidik anakmu dengan cara mereka, jangan mudah untuk tersinggung atau langsung memendam amarah kepada mereka.

Ada banyak tipe orangtua atau mertua yang terlalu ikut campur dengan pola asuh anaknya sendiri. Ada pertentangan yang harus dihadapi tentunya, ada perbedaan cara yang terpaksa diikuti yang tak jarang menjadi perdebatan antara orangtua zaman dulu dengan sekarang. Banyak orangtua yang merasa bahwa pengalaman dan gaya parenting mereka lah yang paling tepat. Untuk sementara waktu sebaiknya diam dan mengalah saja ya! Kalau masih bisa di maklumi sebaiknya diamkan saja. Toh, anak-anakmu nggak selalu bermain dengan orangtuamu juga kan?

3.  Diskusikan bersama dengan orangtua kamu


Nah, jika kamu merasa bahwa ajaran orangtua sudah tidak bisa dimaklumi lagi, sebaiknya kamu harus bicara kepada mereka dengan baik-baik. Segala sesuatu yang nggak sepaham, perlu didiskusikan bersama agar ada kesepakatan yang bisa diterima kedua belah pihak. Ajak orangtua berdiskusi bersama mengenai gaya parenting yang sudah kamu tetapkan untuk mengasuh anak-anak kamu. Bicarakan mengenai batasan atau sejauh mana orang tua kamu bisa ikut berperan dalam mendidik atau mengasuh anak-anak kamu. Beri pengertian bahwa nggak semua aturan atau cara didik mereka yang dulu diterapkan kepada anak zaman sekarang atau diterapkan dalam pola asuh yang sekarang kamu jalani.

Nah, itulah hal yang wajib kamu lakukan jika kamu memiliki orangtua yang susah untuk mengkondisikan pola asuh mereka.

“Hormatilah ayah dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhanm Allahmu, kepadamu.” (Keluaran 20:12).

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

advertise with us