4 Resep Jitu Bikin Tidur Nyenyak Lebih Awal dan Kesehatan Jadi Aman
Sumber: www.mnn.com

Health / 31 January 2018

Kalangan Sendiri

4 Resep Jitu Bikin Tidur Nyenyak Lebih Awal dan Kesehatan Jadi Aman

Naomii Simbolon Official Writer
2142

Entah faktor lelah karena bekerja dan stress memikirkan segala sesuatu, namun yang pasti saya merasa lelah saat saya bangun tidur dipagi hari. Apakah kalian pernah merasakan hal yang sama?

Yap! Saya rasa ini dikarenakan ada yang nggak beres dengan jam tidur saya. Padahalkan istrahat yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan jiwa dan raga. Karena hal ini, mood saya suka berantakan karena tubuh yang nggak bisa rileks dengan semestinya. Stress pun semakin meningkat akibat tidur nyenyak yang semakin langka untuk saya nikmati.

Hingga akhirnya saya memutar otak dan mencari cara untuk bisa tidur dengan berkualitas:

1. Ganti hiburan elektronik dengan buku


Buat kita di zaman now, saya tahu bahwa itu nggak mudah. Saya sendiri butuh beberapa hari untuk terbiasa dengan itu, apalagi bagi kamu yang anak kosan dan punya teman sekamar yang suka nonton korea.

Berisiknya bikin kita tak tahan ingin ikutan memegang handphone. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu harus tahan uji dan menjauhkan handphone serta menggantikannya dengan buku. Berikan jadwal yang tepat sampai kapan pegang handphone dan kapan harus sudah membaca buku.

Bacalah buku yang nggak memberatkan pikiran kamu. Dengan membaca buku, kamu akan lebih cepat tidur dan bahkan mendapatkan ilmu dari buku tersebut.

2. Hindari kafein minumlah susu


Karena saya memiliki badan yang sedikit kurus, saya memutuskan untuk meminum susu sebelum tidur. Apalagi setelah saya sakit dan ternyata kekurangan kalsium.

Daripada kamu minum kafein, mending minum susu. Kalau nggak suka susu, air hangat selain minuman yang mengandung kafein. Emang sih, kafein ampuh bekerja dengan cepat dalam 15 menit menunjukkan kekuatannya dan menghambat zat-zat kimiawi pencetus kantuk pada otak. Tapi tahu nggak kalau butuh 12 jam untuk mengeliminasi seluruh kafein dari tubuh kamu. Nah, hal itulah yang bikin kamu susah tidur setelah minum kafein. Jadi perhatikan jam yang tepat untuk minum Teh,soda, kopi dan berbagai minuman yang mengandung kafein ya!

3. Atur menu makan kamu dengan teratur

Kebiasaan buruk saya adalah makan tengah malam sebelum tidur. Dan saya sangat menikmati makanan yang pedas dan sedikit asam : misalkan indomie pake nasi, pasta dan ayam KFC.

Dan ternyata hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan bahkan tidur kita.

Makan makanan yang susah dicerna dimalam hari, akan bikin kita susah untuk tidur dengan cepat. Alhasil jam tidur kita menjadi terganggu!

4. Bernafaslah dengan rileks

Mengatur nafas hingga memiliki ritme yang teratur juga membantu kita untuk rileks dan tidur lebih nyenyak. Sebuah tehnik sederhana dapat kamu lakukan sebagai berikut:

  • Hiruplah udara selama 4 detik
  • Tahan nafas kamu selama 7 detik
  • Hembuskan perlahan-lahan dalam jangka 8 detik
  • Ulangi beberapa kali hingga kamu merasa tenang

Pernapasan seperti ini sebenarnya seperti meniru pola pernapasan ketika sedang terlelap. Selain itu, level oksigen dalam tubuh pun meningkat tanpa memaksa organ pernapasan bekerja dengan berat.

Tidur berkualitas sangat mempengaruhi banyak aspek kesehatan. Bersama dengan gaya hidup lainnya, seperti menyantap asupan nutrisi seimbang, berolahraga teratur dan menjaga kebersihan, kamu akan lebih mudah memperbaiki lubang-lubang pada kesehatan kamu. So, nikmati tidur nyenyak mulai mala mini ya!

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami