Masalah Dengan Kesehatan Rambut Kamu? Ini Penyebabnya dan Solusinya!

Health / 29 January 2018

Kalangan Sendiri

Masalah Dengan Kesehatan Rambut Kamu? Ini Penyebabnya dan Solusinya!

Naomii Simbolon Official Writer
3665

Pernah mengalami masalah dalam pertumbuhan rambut? Rasanya hampir semua orang mengalami hal ini.

Saat rambut bermasalah, hal pertama yang dipermasalahkan adalah shampo. Benar bukan? Namun  tahukah bahwa rambut rusak nggak hanya diakibatkan oleh shampo tapi juga kurangnya nutrisi makanan yang sehat.

Nah berikut masalah-masalah yang sering terjadi pada rambut kamu dan solusi untuk mengatasinya :

1.  Rambut Rontok


Selain stress, rambut rontok juga disebabkan karena faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kekurangan zat gizi tertentu dan juga kehamilan.

Untuk mengurangi rambut rontok tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari memakan obat, laser, transplantasi rambut sampai dengan perawatan dengan bahan alami, seperti daun lidah buaya dan putih telur. Nah selain itu, kamu juga bisa mengkomsumsi makanan bergizi yang mengandung nutrisi dibawah ini :

  • Makanan yang mengandung protein

Protein dikenal  sebagai zat pembangun sehingga merupakan salah satu nutrisi paling penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Kamu bisa dengan mudah menemukannya pada daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.

  • Makanan yang mengandung asam lemak omega-3

Nutrisi ini dapat membantu kamu untuk menghentikan rambut rontok serta mendorong pertumbuhan rambut.

Dan nutrisi ini bisa kamu temukan didalam ikan salmon, tuna, dan sarden. Selan itu, kamu juga bisa temukan pada buah alpukat dan sayur bayam.

2.  Kulit  Kepala Dan Rambut Kering


Rambut kering biasanya diakibatkan karena kamu kurang mengkomsumsi asam lemak. Asam lemak adalah lemak polyunsaturated yang penting sekali bagi kelembapan kulit dan sel rambut.

Nah, untuk untuk menjadikan rambut kepala tetap sehat, kamu memerlukan nutrisi yang sehat dan tercukupi juga tentunya. Berikut jenis makanan yang bisa kamu makan untuk memenuhi nutrisi kepala dan rambut kering kamu :

  • Mengomsumsi makanan yang mengandung vitamin D , omega 3 serta kaya protein.

Makanan yang mengandung nutrisi ini sangat bermanfaat untuk kilau serta pertumbuhan rambut yang sehat. Nutrisi ini bisa kamu temukan pada ikan salmon. Selain itu, ada juga pada buah alpukat, sarden, kacang tertentu dan sayur labu.

  • Mengomsumsi makanan mengandung vitamin E

Selain vitamin D, protein dan juga Omega 3, rambut kering juga sangat membutuhkan nutrisi vitamin E yang berfungsi sebagai pelindung sel dari kerusakan DNA. Nutrisi ini bisa kamu temukan pada jenis kacang yaitu kacang Walnut.

  • Mengkomsumsi makanan yang mengandung Zinc

Yap! Zinc  merupakan zat yang berfungsi sebagai pencegah kerusakan rambut serta kulit kepala kering. Dan untuk mendapatkan kandungan zinc ini, kamu bisa mengkomsumsi makanan seperti telur, daging, roti gandum serta kacang-kacangan. Selain itu cobalah untuk memperhatikan kandungan zinc saat memilih shampoo.

Seperti yang kita ketahui bahwa rambut sangat membutuhkan nutrisi yang seimbang supaya kesehatannya tetap terjaga dan aman. Nah, apa kamu punya saran yang berbeda untuk kurangi rambut rontok atau rambut kering? Komentar yuk!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami