Nggak Cuma Enak Untuk Dinikmati Bersama Keluarga!4 Makanan Ini Mampu Meredakan Stres Kamu.

Entertainment / 28 January 2018

Kalangan Sendiri

Nggak Cuma Enak Untuk Dinikmati Bersama Keluarga!4 Makanan Ini Mampu Meredakan Stres Kamu.

Naomii Simbolon Official Writer
2339

Makanan adalah sumber energi utama manusia. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Semua manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, nggak hanya buat rasa lapar kita hilang setelah makan tetapi makanan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nggak hanya itu, beberapa makanan juga bisa mencegah datangnya penyakit kedalam tubuh kita. Manfaatnya yang luar biasa, membuat kita harus cermat mengkomsumi makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan sumber energi buat kita. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa makanan-makanan tertentu ternyata memiliki manfaat lain yaitu membantu meredakan rasa cemas dan stress

Secara logika, mungkin kita akan berpikir apakah benar bahwa makanan bisa mempengaruhi pikiran kita yang sedang dalam kedaaan cemas atau stress. Lalu dimana hubungannya?

Yap! Namun ada sebuah penelitian mengemukakan kandungan yang terdapat dalam beberapa makanan berikut dapat menurunkan kadar hormone stress dan meningkatkan kadar hormon bahagia, artinya akan  mengurangi kadar stress yang kita alami. Lalu, makanan apa sajakah itu?

1. Buah-buahan segar

Khasiat dari buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai vitamin, dapat kita peroleh melalui buah-buahan segar. Namun dari sekian banyak buah yang kita jumpai, buah alpukat, jeruk, berry, apel, pisang dan manggis memiliki kandungan yang mampu membantu kita meredakan stress dan rasa cemas. Hal itu karena vitamin C pada buah dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi hormone kortisol (hormon penyebab stress).

2. Sayur-sayuran segar


Selain buah-buahan sayur-sayuran juga sangat baik buat kesehatan tubuh. Tapi ternyata ada beberapa sayuran yang sangat ampuh untuk membantu meredakan stress, seperti sayuran yang berdaun hijau misalnya bayam,asparagus, dan brokoli hijau. Hal itu karena kandungan folat yang terdapat pada sayuran tersebut menghasilkan zat kimia (dopamin) pada otak yang dapat merangsang kebahagiaan. Selain itu kandungan asam amino pada sayuran juga mampu untuk meningkatkan suasana hati.

3. Coklat


Siapa yang nggak tau kalau coklat emang salah satu makanan pereda stress, khususnya coklat hitam. Yap! Coklat stress sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan seseorang menjadi stress. Ngemil sekitar satu atau dua potong coklat hitam adalah pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran dan mood kita. Coklat mengandung phenetylamine yang mampu mengubah suasana hati menjadi lebih bahagia.

Itu sebabnya coklat sangat digemari oleh banyak orang karena sudah terbukti menekan rasa cemas dan stress.

4. Es krim

Nggak hanya coklat, es krim juga  dapat menghilangkan rasa cemas dan stress dalam sekejap. Sensasi dingin pada es krim dalam ‘mendinginkan’ di kala stres. Mengkomsumsi es krim akan membuat kita merasa labih tenang, nyaman dan seketika melepaskan hormon yang memberi perasaan bahagia. Asam amino tryptophan yang berasal dari bahan dasar es krim (sus dank krim) inilah yang efektif menenangkan otak kita.

Nah gimana? Nggak semua makanan berakibat buruk pada tubuh itu, namun rata-rata baik untuk kesehatan kita. Asal di komsumsi dengan secukupnya alias nggak berlebihan. Bagaimana? Tertarik untuk membeli salah satu makanan diatas setelah baca artikel ini? 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami