Wow! 3 Manfaat Tidur Ini Bisa Bikin Resolusi Sehat Tahun Ini Tercapai, Lho
Sumber: Ghenghenhub.com

Health / 28 January 2018

Kalangan Sendiri

Wow! 3 Manfaat Tidur Ini Bisa Bikin Resolusi Sehat Tahun Ini Tercapai, Lho

Inta Official Writer
1693

Saat kita memutuskan untuk berolahraga secara rutin ke gym atau berjanji akan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, kunci kesuksesan untuk dapatkan tubuh yang sehat adalah untuk memastikan kalau tidur kita harus cukup. 

Memang sih, kedengarannya tidak mungkin. Terutama saat kita tengah disibukan dengan deadline dan proyek yang ada di kantor. Sebuah riset mengemukakan kalau orang tidur cukup jauh lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak. Menurut peneliti, 3 hal ini yang menyebabkan kenapa kita harus mulai membenahi pola tidur. 

1. Mendorong kita untuk konsumsi makanan yang sehat 


Saat kurang tidur, kita cenderung menginginkan makanan yang manis dan mengandung banyak karbohidrat dibandingkan makan sehat lainnya. Mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu kita membuat keputusan yang baik perihal makanan yang akan dikonsumsi. 

Peneliti mengemukakan kalau ketika kurang tidur, kita cenderung 'ngidam' makanan yang mengandung banyak gula, karbohidrat atau makanan ringan yang asin. Memang enak, sih, tetapi makanan yang mengandung banyak lemak yang bisa berakibat buruk pada kesehatan kita. 

2. Mengurangi berat badan 

Saat terjaga, kita akan menurunkan hormon leptin dalam tubuh. Hormon leptin berfungsi untuk memberi tahu tubuh kita kalau perut kita sudah kenyang. Kemudian akan menaikan tingkat ghrelin yang memberitahu tubuh saat lapar. 

Jadi, saat terjaga, kita cenderung menghilangkan sinyal 'saya kenyang' dan mengubahnya menjadi 'saya lapar.' Jika diteruskan, kita tidak akan merasa apa yang kita makan itu cukup untuk mengenyangkan perut. Bagi kita yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, mungkin inilah saatnya untuk memperbaiki pola tidur. 

Peneliti mengatakan saat kurang tidur, lemak yang ada dalam tubuh kita tidak akan berkurang. Hal ini karena saat tidak memiliki tidur yang cukup, tubuh akan berpikir kalau kita sedang berada dalam kondisi yang krisis. 

Lalu tubuh seakan sedang berkata "sebentar, lebih baik saya mencari sesuatu yang akan memberikan saya energi." Dimana hal ini adalah lemak yang ada dalam tubuh. Jadi tubuh akan menyimpan lemak ini daripada menghilangkannya. 

Baca juga: Niatnya Sih Iseng, Tapi Kalau 4 Kelakuan Ini Dibiarkan Bisa Berakibat Fatal Hingga Infeksi

3. Mendapatkan olahraga  yang baik


Pola hidup sehat memaksa untuk mengurangi jatah tidur agar kita bisa pergi berolahraga. Padahal, seorang atlet saja akan tidur sejenak untuk beristirahat sebelum melakukan aktifitasnya. Tidur akan membantu kita meningkatkan kemampuan motorik. 

Jadi, jika kita kurang tidur, tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. Tidur selama kurang dari enam jam dapat membuat kita mengalami penurunan kekuatan otot. Semakin kita banyak tidur, maka semakin baik pula olahraga yang akan kita lakukan. 

Semakin banyak berolahraga, maka semakin baik pula kualitas tidur kita. Normalnya, kita harus tidur selama delapan jam sehari. Jadi, pastikan kalau kita menjauhkan smartphone, pekerjaan atau tv saat pergi tidur agar bisa mengikuti jadwal tidur yang telah ada, ya.

Jadi, apa nih resolusi tahun 2018 ini? Kalau inginkan pola hidup yang lebih sehat, pastikan kalau kita sudah tidur selama delapan jam perhari dahulu, ya. 


Sumber : huffington
Halaman :
1

Ikuti Kami