Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
520


Menghadapi atau mendapatkan sesuatu yang baru memang selalu sukses bikin kita excited. Sama seperti ketika kita mendapatkan sebuah pekerjaan baru yang selama ini sudah dinantikan. Hal ini juga sekaligus menimbulkan banyak pertanyaan dalam pikiran kita. Kira-kira kita suka nggak ya sama pekerjaannya? Apakah rekan sekantor kita orangnya asyik-asyik? Makan siang nanti kita punya teman yang bisa diajak ngobrol nggak ya? 

Pertanyaan diatas seringkali membuat kita cemas. Satu pertanyaan yang pasti saat semua pertanyaan serasa dijadikan satu adalah bagaimana membuat atasan yang baru menyukai kita? Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah tepat waktu di hari pertama kerja. Selain hal  tersebut, ada empat hal dibawah ini yang perlu kita perhatikan agar atasan menyukai kita. 

1. Tanpa menunggu perintah, buatlah koneksi bagi kita sendiri 

Beberapa hari pertama kita di kantor bersama orang-orang baru sudah cukup bikin kita mengeluarkan jurus basa basi agar terlihat akrab satu sama lain. Kita juga masih menebak-nebak mengenai pekerjaan yang akan dibebankan kepada kita. Bagi orang baru, adalah hal yang wajar jika hanya diminta untuk duduk di meja kerja dan mempelajari perusahaan secara keseluruhan. 

Untuk itu kita perlu orang lain untuk membantu memahami kondisi perusahaan tersebut. Masalahnya adalah, siapakah yang kira-kira bisa kita mintai tolong? Kita melihat supervisor kita sibuk, padahal kita tahu dia adalah orang yang bisa mengajari kita dengan baik mengenai lingkungan pekerjaan yang baru ini. Kita hanya bisa berdiam diri menatap layar komputer atau meja kosong tanpa tahu apa yang harus kita kerjakan. 

Justru pada kondisi ini adalah cara yang tepat bagi kita untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Misalnya kita bisa bertanya kepada rekan kantor yang duduk di sebelah, depan atau belakang. Cobalah berinisiatif untuk minta beberapa waktu untuk menjelaskan mengenai gambaran umum perusahaan. Pertanyaan lain yang bisa kita ajukan lainnya adalah mengenai proyek apa yang sedang dikerjakan. 

2. Rajinlah mencatat 

Satu hal yang pasti saat memulai sebuah pekerjaan adalah kita akan menerima banyak informasi dari berbagai sumber. Mulai dari letak toilet, rekan kerja yang harus dihubungi jika kita memerlukan sesuatu, hingga informasi mengenai sejarah perusahaan secara umum. 

Sebagai manusia biasa, rasanya sangat sulit untuk mencerna semua hal ini dalam satu waktu. Karenanya, biasakan untuk membawa note atau buku catatan setiap kali ada seseorang memberi kita informasi. Dengan demikian, kita tidak perlu mengganggu atasan kita dengan pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya harus sudah kita tahu. Tentu dong, hal ini akan meninggalkan kesan positif buat atasan kita. 

Baca juga: Be Smart, Guys! Tingkatkan Performamu Dengan Menghindari 6 Kalimat Ini

3. Ajukan pertanyaan yang cerdas 

Walaupun kita merasa kalau sudah mencatat semua hal yang penting, tetap saja rasanya kita memiliki beberapa pertanyaan yang mengganjal di hati. Hal ini wajar saja kok. Kendati demikian, seorang yang akan dinilai baik oleh atasan adalah mereka yang bersedia meluangkan waktu untuk mencoba menjawab pertanyaan mereka sendiri sebelum akhirnya mendatangi orang lain. 

Jika kita merasa kalau ada yang kurang jelas mengenai sesuatu, maka pastikan kalau kita memiliki sumber informasi yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Misalnya saja website perusahaan yang sudah menuliskan mengenai gambaran perusahaan secara umum. 

Gunakan juga kemampuan observasi kita terhadap orang-orang yang kira-kira bisa membantu kita dalam menjawab pertanyaan kita tersebut.  Mendatangi atasan untuk bertanya mengenai sesuatu tidak salah, kok. Namun pastikan kalau kita sudah mengumpulkan beberapa informasi sebelum kita mendatangi atasan kita tersebut. 

4. Tunjukkan inisiatifmu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau hari-hari pertama bekerja biasanya dihabiskan untuk observasi dan belum banyak beban pekerjaan yang diberikan kepada kita. Kondisi ini bisa membuat kita sedikit bosan. 

Jika memang kita tidak memiliki sesuatu untuk dikerjakan, cobalah tanyakan kepada atasan mengenai apakah ada yang bisa dibantu hari ini? Walaupun nantinya pekerjaan tersebut tidak akan selaras dengan jobdesc, namun mengambil inisiatif dapat memberikan kesan kalau kita ingin memberi kontribusi terhadap perusahaan. 

Hal-hal di atas mungkin terlihat sangat sederhana. Membuktikan bahwa kita merupakan seseorang yang bisa diandalkan tidaklah perlu rumit. Buktikan kepada mereka bahwa kita memang pribadi yang sesuai dengan apa yang mereka cari.


Sumber : theeverygirl

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Farida Aruan 18 September 2018 - 15:39:07

penjangkauan

0 Answer

nestorius tampubolon 17 September 2018 - 20:12:47

Nama nama menantu nabi nuh?

0 Answer

ilham krisna 17 September 2018 - 11:16:47

apa perintah yg digunakan untuk mengkonfigurasi ip.. more..

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7196

advertise with us