Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

believers24

Official Writer
2046


Setiap pasangan yang menikah pasti merindukan kehadiran buah hati di tengah-tengah mereka. Namun yang terjadi seringkali adalah ketika Tuhan menjawab, sang suami maupun istri atau salah satu diantaranya tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Darimana kita bisa tahu bahwa suami-istri mempersiapkan diri dengan baik pada saat situasi istri hamil? Dari respon yang ditunjukkan di dalam kesehariannya.

Suami-istri yang telah mempersiapkan diri dengan baik untuk masuk ke dalam fase istri mengandung akan tahu seperti apa mereka harus bertindak. Perubahan yang terjadi di dalam tubuh sang istri pasti memengaruhi dirinya sendiri dan berdampak kepada orang sekitarnya juga.

Baca Juga: Inilah 3 Perkataan Haram yang Tidak Boleh Diucapkan Suami-Istri Kristen

Namun, untuk kali ini yang akan dibahas adalah tentang bagaimanakah seharusnya suami bersikap di saat istri mengandung. Untuk perihal yang satu ini, Tuhan ternyata memberi panduan kepada kita para pria.

Mari kita baca ayat Alkitab 1 Petrus 3:7 (Versi Bahasa Indonesia Sehari-hari 1985) terlebih dahulu:

“Dan kalian juga, suami-suami, hendaklah hidup dengan penuh pengertian terhadap istrimu, dan dengan kesadaran bahwa mereka adalah kaum yang lemah. Perlakukanlah mereka dengan hormat, sebab mereka bersama-sama dengan kalian, akan menerima anugerah hidup yang sejati dari Allah. Lakukanlah ini, supaya tidak ada yang menghalangi doamu.”

Lalu mari kita baca lagi Efesus 5:28 (Versi Bahasa Indonesia Sehari-hari 1985):

"Begitulah juga suami harus mengasihi istrinya seperti ia mengasihi tubuhnya sendiri. Orang yang mengasihi istrinya berarti ia mengasihi dirinya sendiri.”

Dari dua ayat di atas, kita menemukan dua frasa penting yakni “perlakukan mereka dengan hormat” dan “seperti ia mengasihi tubuhnya sendiri”. Frasa ini penting kita pahami karena dengan dasar ini maka kita memahami Tuhan mau untuk kita lakukan kepada istri kita yang sedang mengandung.

1. Jika istri semakin rewel, responi dengan perkataan dan perbuatan kasih.


Oleh karena perubahan hormon yang terjadi akibat kehamilan, seringkali sang istri berlaku yang terkadang tidak dimengerti oleh kita kaum pria. Reaksi terbaik yang dilakukan adalah tetap tunjukkan kasih.

Daripada mengomel atau bahkan membentak, lebih baik responi dengan kata-kata yang lembut dan ketulusan. Jangan reaktif, tetapi bertindaklah dengan penuh kasih! Apa yang kita lakukan ini adalah bukti bahwa kita menghormatinya.

2. Jangan bebankan istri dengan tugas-tugas rumah yang begitu berat.


Walaupun dalam kesepakatan awal adalah dia yang akan mengerjakan sejumlah tugas di rumah seperti mencuci baju, menggosok, menyapu, mengepel, mempersiapkan makanan-minuman (memasak termasuk di dalamnya), tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan itu. Mengambil sebagian besar daripada apa yang istri rutin lakukan adalah salah satu tindakan nyata dari kita mengasihinya.

3. Jadilah suami siaga


Siaga di sini bukan hanya sekedar SIap, Antar, jaGA menjelang persalinan sang istri. Namun, ini berlaku sejak istri awal-awal hamil atau mengetahui hamil. Ketika ia meminta untuk memijit karena kakinya pegal-pegal, sebagai suami yang siaga maka kita dengan penuh sukacita melakukan itu.

Bila istri mengidam-idamkan sesuatu makanan maka dengan rela hati, kita memenuhi untuk memasak atau membelikan untuk dimakannya.

Menjadi suami siaga sama dengan memberitahukan kepada istri kita bahwa kita mencintainya sepenuh hati.


Satu hal penting lain untuk diingat adalah jagalah hati dan pikiran senantiasa. Caranya? Hiduplah intim dengan Tuhan setiap saat. Bila lengah, kita bisa diperdaya oleh tipu muslihatnya dan membuat kita salah mengambil respon terhadap situasi yang ada.

Selamat menantikan hari kelahiran sang jabang bayi, Tuhan Yesus memberkati!

Sumber : Jawaban.Com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sindy Septa 22 January 2019 - 21:24:33

apa manfaat mengula sebuah cerpen

0 Answer

Della monica 22 January 2019 - 08:30:35

Saya banyak hutang di aplikasi

0 Answer

Della monica 22 January 2019 - 08:30:30

Saya banyak hutang di aplikasi

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week  3


7225

advertise with us