Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
900


Mengatur keuangan merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan oleh semua orang. Memang kita adalah anak Allah yang memiliki segala bumi dan isinya, tapi bukan berarti kita menghambur-hamburkan uang dan tidak mengaturnya juga bukan? Tidakkah seharusnya kita  berhikmat dan menguasai dunia ini dengan hikmat?

Masalahnya banyak orang yang akhirnya penuh dengan utang karena tidak bisa mengkontrol keuangan dengan baik. Apalagi pada zaman millennial dimana semua orang semakin menyukai belanja karena banyaknya promo dan produk yang penawarannya menggoda.

Itulah sebabnya kita perlu menghemat dan mengeluarkan uang dengan hikmat dan tepat sasaran. Karena jika kita berhasil melakukannya, kita tidak akan kekurangan dan bisa menabung buat masa depan bahkan keluarga. Lalu apa tipsnya supaya nggak boros dan menguntungkan?

1. Daripada beli barang murah gampang rusak, mending barang yang sedikit mahal tetapi berkualitas.


Semua orang memang memiliki tipekal-tipekal yang berbeda. Ada yang suka barang branded ada juga yang suka barang lokal biasa.

Bukan itu maksudku, tapi demi mengurangi kerugian dan bisa irit dalam berbelanja, sebaiknya belilah barang yang mahal dan berkualitas tinggi sehingga bisa digunakan berlama-lama daripada membeli barang murah yang beberapa kali pakai langsung rusak dan beli baju lagi.

Tidak hanya baju, tapi juga semua barang-barang kamu. Seperti kursi, perlengkapan lainnya. Dan pastikan juga jika barang yang kamu beli tersebut memiliki garansi yang baik.

2. Pas gajian jangan langsung tergiur dengan diskonan, sebaiknya utamakan uangmu untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang pokok


Pas gajian, rata-rata orang akan langsung pergi ke pusat perbelanjaan atau wisata dan pada saat yang bersamaan, pada vendor akan membuka diskonan besar-besaran hingga 80%. Wah, siapa yang nggak tergiur dengan itu?

Pasti tanpa mikir panjang, orang-orang akan mengejar dan membelinya. Tapi, kalau kamu ingin berhemat dan mengelola keuangan kamu, sebaiknya bertahanlah terhadap godaan itu. Usahakan kamu membagi gaji dengan baik dan belilah kebutuhan sehari-harimu sehingga kamu tak perlu mengutang sampai akhir bulan. Dan gaji yang lebih, sebaiknya kamu tabung untuk kedepan.

3.  Jangan nunda melakukan maintenance kalau nggak mau rugi


Lah! Apa kaitannya maintenance barang dengan keuangan?

Yap, tentu ada. Kalau kamu nggak melakukan perawatan secara berkala terhadap barang kamu seperti motor, mobil dan diri kamu sendiri. Bisa dipastikan kamu akan rugi besar-besaran.

Misalkan, pertama : mobil rusak karena tidak ada perawatan. Gak bisa dipakai dengan jangka lama. Alhasil perbaiki mobil dengan budget yang mahal atau bahkan membeli mobil baru. Kedua, jarang perawatan dan memeriksa kesehatan ke dokter, jarang liburan dan menghabiskan waktu kerja terus, alhasil kamu  sakit dan mengidap penyakit parah di kemudian hari disadari sehingga kamu akan menghabiskan banyak uang untuk berobat. Bukan begitu?

Nah demikian 3 tips jitu atur keuangan yang bikin kamu ngga rugi dalam hidup ini.  Semoga artikel ini menginspirasi ya!

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer

antonia anton 14 December 2018 - 16:16:46

stress

1 Answer

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth