Awas! Sifat Selalu Ingin Berasa Benar Bisa Cirikan Kita Kena Efek Dunning Kruger, Lho
Sumber: https://www.cloudirec.com/blog/wp-conten

Health / 29 December 2017

Kalangan Sendiri

Awas! Sifat Selalu Ingin Berasa Benar Bisa Cirikan Kita Kena Efek Dunning Kruger, Lho

Inta Official Writer
2232

Secara keseluruhan, efek Dunning Kruger ini berarti sifat seseorang yang kurang berkompeten dalam suatu hal namun dia sendiri tidak menyadarinya. Bahkan, mereka yang kena efek ini cenderung selalu membenarkan diri atas apa pun yang dikerjakannya. 

Sebagai contoh, Dave adalah seorang programmer pada sebuah perusahaan swasta. Dave bukanlah seorang programmer yang baik. Dia seringkali melakukan kesalahan atas pekerjaannya. Tidak jarang kesalahan Dave berujung pada marahnya atasan. Sebenarnya, kemampuan Dave atas programmingnya bukan hal yang dipermasalahkan oleh rekan sekantornya. 

Namun, sikapnya yang selalu memaksa orang lain untuk mempercayai bahwa dirinya adalah seorang programmer yang hebat. Suatu hari, atasan Dave meminta agar ia mengerjakan suatu pekerjaan. Seperti biasa, Dave tidak melakukannya dengan baik. 

Kemudian, ia mengatakan "saya adalah salah satu programmer yang berbakat di perusahaan ini. Kenapa saya justru diberi penilaian yang rendah? Memangnya penilaian yang digunakan itu bagaimana? Mungkin kalian saja yang tidak tahu bagaimana kerja seorang programmer yang sebenarnya."

Baca juga: Nggak Perlu Ke Dokter, Putihkan Gigi Dengan 5 Cara Rumahan Super Murah Ini Aja

Coba deh dilihat lagi ke belakang, apakah kita pernah memiliki sikap seperti itu? Sebenarnya, dalam sehari-hari juga kita sudah mengalami gejala efek Dunning Kruger ini, lho. Kayak misalnya ketika kita merasa sangat jago bermain musik dan bernyanyi, kemudian ada seorang teman kita yang sukses mengcover di youtube dengan ratusan ribu views. Kita nggak lantas bilang “ah ini sih apaan, aku juga bisa.” 

Yes, salah satu ciri dari efek ini adalah selalu merasa lebih dari orang lain atau merasa kalau dirinya menjadi seorang yang benar. Istilah Dunning Kruger sendiri muncil pada tahun 1999 dalam sebuah artikel berjudul "Unskilled and Anaware of It: How Difficulties Recognizing One’s Own Incompetence Lead to Inflated Self-Assesment" yang ditulis oleh psikolog David Dunning dan Justin Krugger. 

Kalau kita membiarkan efek ini menjadi bagian dalam pribadi kita, lama-kelamaan kita akan menjadi cepat merasa puas. Padahal, dalam Alkitab kita bisa melihat bagaimana teladan Yesus dalam bersikap rendah hati. Seperti yang tertulis dalam Lukas 14:11, “Sebab, barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.” 

Sebagai manusia, mengetahui kekurangan yang ada pada kita memang terasa sulit untuk diterima. Tetapi Tuhan mau kita agar menjadi seorang yang rendah hati. Sebenarnya, ada baiknya juga kok mengetahui kekurangan kita. Kita jadi tahu apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas diri kita. 

Yesus mau agar pengikutnya rendah hati, tidak bersikap sombong atas apa yang kita miliki. Kalau ditilik lagi, sebenarnya apa sih yang kita miliki untuk disombongkan?


Sumber : ted/forbes
Halaman :
1

Ikuti Kami